Friday, November 21, 2014

Mengatasi Error Blinking Epson L100

Printer Epson seri L100 adalah printer keluaran Epson dengan sistem infus pertama dan menggunakan  sistem 4 warna . Karena sistemnya yang menggunakan sistem infus  untuk sarana penampungan dan suplay tintanya, sehingga printer ini tidak perlu lagi gonta-ganti catridge untuk mengisi tintanya karena sudah disediakan tabung khusus untuk suplay tinta. Berbeda dengan seri epson sebelumnya yang tidak menggunakan sitem infus sehingga untuk pengguna dengan frekuensi penggunaan banyak pasti akan sering mengganti catridge untuk mengisi tinta sehingga biaya yang dikeluarkanpun cukup besar.  Itulah sekilas tentang printer Epson L100 ini, untuk fitur yang lebih jelasnya bisa dilihat di situs resminya.

Epson L100
Epson L100
Dan pada kesempatan ini akan saya bahas bagaimana  cara mengatasi kerusakan atau error pada printer Epson L100 ini . Sebelumnya perlu diketahui bahwa sebelum kita melakukan langkah perbaikan , ada beberapa hal yang harus kita pahami mengenai error yang  terjadi  seperti dari gejala kerusakan yang terjadi dan hal lainnya,  karena masalah error pada L100 bisa disebabkan oleh banyak hal. Penyebab kerusakannya bisa teletak pada mekaniknya, pada print headnya, matherboard, sensor, dan banyak lagi. Sebelumnya kita analisa dulu gejala blinking  yang muncul. Untuk menganalisanya kita bisa memperhatikannya mulai dari printer dinyalakan sampai terjadi error pada printer tersebut, termasuk gerakan rumah head, puteran motor, dan nyala  LED indikator. Hal ini karena gejala blinking yang terjadi biasanya beda-beda sesuai kerusakan  yang terjadi.

Berikut ini beberapa kerusakan error yang terjadi pada Epson L100 yang ditandai dengan blinking.

1. Blinking karena level ink sudah full atau diluar batas atau waste ink full pad,

Sebenarnya jika anda melihat tulisan Ink waste Is Full, atau Ink Pad Is At the End Of Its Service Live, atau Service required itu berarti bahwa printer anda tidaklah rusak  dan bisa saya katakan baik-baik saja. Pada dasarnya peringatan ini adalah suatu tanda dimana printer mendeteksi bahwa tempat penampungan pembuangan yang ada di dalam printer sudah penuh dan harus menggantinya dengan yang baru. Namun ini buka berarti tempat pembuangan secara fisik sudah penuh karena pada dasarnya  printer tidak mendeteksi full atau tidaknya pembuangan yang ada pada printer, melainkan printer hanya menghitung  berapa besar aktivitas pencetakan yang pernah anda lakukan  dan sudah berapa besar tinta yang telah dibuang atau di cleaning oleh printer.

Ciri-siri atau gejala yang muncul pada saat terjadi error ini diantanya adalah :
  • Blinking langsung terjadi pada saat printer mulai dinyalakan
  • Rumah catridge  tidak bergerak sama sekali
  • Lampu merah dan hijau menyala secara bergantian
  • Ada pesan error  service required pada status monitor di komputer yang terhubung ke printer
Mengatasi Error Blinking Epson L100
( error service required )
Untuk langkah perbaikannya  adalah sebagai berikut.
  • Gunakan program adjustment atau sering kita sebut reseter L100 kemudian reset counternya pada menu waste ink pad counter.
  • Restar printer, setelah itu printer akan normal kembali.
ket: semakin sering printer digunakan atau sering di head cleaning, makan error service requied juga akan semakin sering.

2. Blinking karena tinta sudah habis atau tidak terdeteksi

Pada saat terjadi error ini anda jangan terkecoh, memang di komputer yang terhubung ke printer akan mendeteksi bahwa tinta sudah habis, namun sebenarnya tinta tersebut belum tentu habis. Jika anda langsung mengecek tabung tinta secara fisik maka kemungkinan tintanya belum habis. Hal ini terjadi karena sistem pada printer tidak mendeteksi banyaknya tinta secara fisik tetapi hanya menghitung dari jumlah tinta yang dipakai baik untuk proses print, maupun proses hesd cleaning.
Adapun ciri-ciri dari error ini adalah sebagai berikut.
  • Ketika printer mulai dinyalakan catridge bergerak seperti biasa, melakukan kalibrasi dan kemudian diam dan lampu merah menyala
  • Printer tidak bisa melakukan print, dan setiap akan melakukan print muncul pesan di monitor bahwa tinta sudah habis.
Mengatasi Error Blinking Epson L100
( tinta terdeteksi habis )
Langkah perbaikan :
  • Untuk langkah perbaikannya anda tinggal melakukan pengisian ulang tinta yang sudah habis dengan memasukan serial number sesuai warna tinta.Untuk serial numbernya biasanya sudah tercantum pada botol tinta.
  • Hati-hati dalam pengisian tinta, jangan sampai tertukar dengan warna lain. Karena jika tertukar akan menyebabkan warna hasil print tidak akan sesuai dan cara perbaiknnya akan cukup merepotkan karena kita harus menguras tabung tinta beserta catridgenya sampai bersih dan mengisinya kembali dengan tinta yang sesuai.
Baca juga: Cara mengisi tinta printer Epson L100 tanpa serial number

3. Blinking karena paper jam

Ada beberapa ciri atau gejala yang terjadi pada saat terjadi error ini. Diantaranya adalah sebagai berikut .
  • Blinking terjadi ketika kertas nyangkut pada saat proses print
  • Kertas tidak tertarik pada saat melakukan proses print
  • Sensor kertas kotor
Untuk mengatasi kerusakan ini ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan, yaitu sebagai berikut ini. Pada saat pengerjaannya lakukan dengan hati-hati.
  • Bersihkan jalur kertas, jangan sampai ada kotoran atau benda asing yang menghalangi 
  • Kalau kertas tidak tertarik saat melakukan print dan bunyi tak-tak-tak biasanya karena ASF sudah jelek, silakan perbaiki atau diganti. atau anda bisa modifikasi bagian asf ini silahkan simak tutorialnya di sini
  • Kalau pesan paper jam muncul di monitor padahal kertas keluar secara normal, silakan cek dan bersihkan bagian sensor kertas

4. Blinking General error atau fatal error

Blinking karena general error merupakan kerusakan yang cukup serius dan perbaikannya membutuhkan analisa terhadap semua komponen yang terdapat pada printer. Adapun ciri-ciri dari kerusakan jenis ini diantanya adalah sebagai berikut.
  • Lampu merah dan hijau blinking secara bersamaan
  • Blinking bisa terjadi ketika  printer mulai dinyalakan, setelah catridge mulai bergerak, blinking setelah melakukan cleaning, blinking setetelah melakukan print, dan banyak lagi.
Pada kasus ini banyak sekali penyebabnya  bisa dari mekanik, bisa dari motherboard atau bahkan dari print headnya. Kalau masalah mekanik biasanya karena pelumas jalur catridge yang sudah kering, motor carriage yang sudah berat, dan banyak lagi.
Untuk pembahasan dan langkah perbaikan general ERROR ini dibahas pada postingan yang lain pada blog ini.

Silahkan baca : Blinking general ERROR atau FATAL ERROR pada Printer EPSON L100 Dan T13

Dalam perbaikan printer intinya adalah kita harus bisa menganalisa jenis kerusakan, letak kerusakan, komponen apa saja yang berperan sampai terjadinya error, dll, dari situ kita bisa menyimpulkan daerah mana yang mengalami kerusakan dan langkah apa yang harus dikerjakan.
Sampai di sini tutorial cara memperbaiki printer Epson L100 yang error, semoga bisa bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kotak komentar yang sudah disediakan. Saya ucapkan terima kasih telah berkunjung

18 comments:

  1. mohon maaf saya belum sempat membuat postingn khusus tentang fatal error pada l100,, tapi kalau ada masalah pada fatal error pada printer agan-agan, silahkan tulis di komentar. tulis secara teperinci dimulai dari pada saat printer dinyalakan sampai mengalami error,, nanti saya jawab pada komentar ini,,, terima kasih

    ReplyDelete
  2. Printer l100 saya general error dan udah kucoba semua cara tapi tetep nihil,gmn gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum error printernya gerak dl ga..bagian apa aja yg gerak ? Error terjadi pada saat printer melakukan proses apa / gerakan bagian apa ?

      Delete
  3. Printer saya awal booting seperti biasa setelah selesai proses booting nya lampu hijau dan orange blink serentak...epson l110

    ReplyDelete
  4. Printer saya awal booting seperti biasa setelah selesai proses booting nya lampu hijau dan orange blink serentak...epson l110

    ReplyDelete
  5. Silahkan cek di postingan saya tentang 110 blinking paper jam

    ReplyDelete
  6. punya ane fatal error nih gan.
    coba di reset waste ink pad muncul fatal error
    jadi kaya usb nya ga konek ke laptop
    solusinya gmana ya??
    mana job lagi banyak nihhh
    pusing dahh

    ReplyDelete
  7. Pas dinyalakan langsung blink atau gmn ?

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Kalau kertas peper keluar tdk mau berhenti apanya itu pak

    ReplyDelete
  10. Kalau kertas peper keluar tdk mau berhenti apanya itu pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ada masalah pada sensor kertas biasanya

      Delete
  11. Maaf gan, terkait Blinking Epson L100, sblmnya saya cleaning sbb bergaris, di tengah perjalanan ada info di komputer printer error 0x0, sudah saya coba di reset dengan aplikasi sofware

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada blinkinh ga mas..? Kalau ada blinkingnya seperti apa ?

      Delete

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon