Thursday, December 04, 2014

Bagian- bagian printer Epson1390

Pada kesempatan ini saya ingin membuat  sebuah artikel yang menurut saya cukup penting bagi para anda  yang sedang belajar dalam hal perbaikan printer khususnya printer jenis Epson 1390. Karena  kerusakan error pada printer jenis ini bisanya sangat mebingungkan karena hampir semua error terutama general error informasinya hanya ditampilkan dengan blinkingnya dua buah led. Namun dengan bantuan sebuah program adjustment dan dibantu dengan pengetahuan mengenai bagian-bagian pada pada printer 1390 ini maka kita akan lebih mudah untuk menganalisa kerusakannya. Sehingga kita tidak main tebak-tebakan yang mungkin bisa menambah kerusakan pada komponen lain serta menyita waktu yang lebih lama

Yang akan kita bahas di sini  adalah mengenai bagian-bagian atau komponen mekanik yang dimiliki printer epson 1390 yang sering mengalami masalah atau menjadi sumber terjadinya masalah error terutama general error. Bagian tersebut diantanya mekanik penarik kertas, APG, PW sensor dll.  Pengetahuan tentang  ini sangat diperlukan pada saat kita sedang melakukan perbaikan, sehingga pada saat analisa kerusakan yang terjadi akan mudah dalam menemukan penyebab kerusakan dan cara memperbaikinya. Terutama ketika pada saat melakukan perbaikan general error yang terjadi pada jenis printer epson 1390 dengan menggunakan metode pendeteksian error dengan bantuan program adjustment.

Baca juga :

Secara garis besar mekanisme pada printer Epson 1390 dapat digambarkan seperti pada diagram blok berikut ini. Pengetahuan tentang bagian ini sangatlah penting karena dengan menguasainya anda akan mudah dalam menyelesaikan atau menganalisa kerusakan yang terjadi pada printer Epson 1390 ini.

diagram printer Epson1390
Diagram blok Epson 1390

Berikut ini adalah komponen atau  bagian-bagian pada printer Epson 1390
  • Switch power
Adalah switch atau saklar yang berfungsi untuk mengidupkan dan  mematikan power pada printer. Selain sebagai tombol power, bagian in ijuga berfungsi untuk menampilkan gejala error yang terjadi melalui dua buah led yang ada pada bagian ini serta sebagai tombol untuk mereset tinta  pada saat salah satu atau beberapa catride  tidak terdeteksi.

Bagian- bagian printer Epson1390


  •  Bagian penarik kertas
Bagian ini fungsinya untuk menarik kertas pada saat printer melakukan pencetakan. Jika bagian ini mengalami kerusakan maka pada saat printer menarik kertas, kertas akan nyangkut atau sering di kenal dengan istilah paper jam. Pada beberapa kasus ketika terjadi kerusakan pada bagian ini, pada saat priter berhasil menarik kertas pada saat melakukan pencetakan tapi dalam julah yang banyak tertarik secara sekaligus dan ada juga kasus printer bisa menarik kertas tetapi tidak terdetek sehingga terjadi error pada printer tersebut.
berikut ini spesifikasi motor ASF yang terdapat pada bagian mekanik penarik kertas.

Bagian- bagian printer Epson1390
Spesifikasi Motor ASF

Mekanik penarik kertas Epson 1390
Mekanik penarik kertas Epson 1390


  • Bagian APG motor
Bagian ini terletak di sebelah kiri printer yang terdisi dari satu buah motor, dua buah sensor dan beberapa gear. Fungsi dari komponen ini adalah  untuk mengatur pergerakan kertas yang masuk ke area pencetakan sesuai sinyal yang diterima dari sensor APG. Berikut ini data mekanis dari motor APG. Data ini sangat penting ketika kita menganalisa kerusakan pada bagian ini.

Mekanik penarik kertas Epson 1390
Spesifikasi Motor APG

Kerusakan yang terjadi pada bagian APG ini biasanya ditandai dengan gejala blinkingnya lampu indikator tinta dan kertas secara cepat dan bersamaan serta munul informasi " APG motor error" ketika kita cek menggunakan program adjustment.

Mekanik penarik kertas Epson 1390
Mekanik APG
  • Pompa pembuangan
Komponen ini terletak di sebelah kanan printer yaitu tepat di bawah komponen print head. Fungsinya untuk menyedot sisa-sisa tinta pencetakan pada print head  serta menedot tinta pada saat printer melakukan proses head cleaning. Jika ada masalah pada bagian ini biasanya menyebabkan general error dengan informasi error " cannor CR unlock Error "
Bagian- bagian printer Epson1390
(Spesifikasi motor pompa pembuangan

Mekanik penarik kertas Epson 1390
Mekanik pompa pembuangan Epson 1390

  • Cap Unit
Cap unit adalah sebuah komponen pada printer 1390 yang teletak tepat diantara print head dan pompa pembuangan. Bentuknya seperti bak kecil persegi berwarna hitam. Pada saat head cleaning tinta yang disemprotkan print head terlebih dahulu akan ditampung pada bagian cap unit ini selanjutnya kemudian disedot oleh pompa untuk dibuang.

Mekanik penarik kertas Epson 1390
Bagian Cap Unit

Cap Unit dirancang untuk menjaga bagian dalam Cap kedap udara dengan Cap menempel ke permukaan print head dengan kekuatan pendorong dari Motor Pompa ketika tinta tersedot. Ketika printer dalam status siaga atau dalam keadaan  OFF, maka dengan Unit Cap ini bisa mencegah terjadinya penebalan tinta pada permukaan print head.

  • Print Head
Print head adalah komponen yang memegang peranan penting dalam sebuah printer. Titik ukur kualitas printer ada pada komponen satu ini. Karena jika terjadi masalah pada komponen ini maka 98% proses print akan mengalami kegagalan. Printhead ini merupakan salah satu sparepart mesin yang consumable atau ada masa pakainya. Jika masa pakainya sudah terlewati maka kualitasnya akan turun dan imbasnya kualitas cetakan kita juga turun. Jika sudah seperti ini maka harus diganti untuk mengembalikan performance seperti semula.

Mekanik penarik kertas Epson 1390
Print Head Epson 1390

  • PW sensor 
PW sensor adalah sebuah sensor yang terletak di bagian bawah rumah head. Pw sensor ini berfungsi sebagai pembaca kertas yang masuk .

Mekanik penarik kertas Epson 1390
PW Sensor

Jika terjadi kerusakan pada komponen ini biasanya menyebabkan printer tidak bisa menggunakan fungsi print dengan kualitas photo atau best photo. Bahkan pada kasus yang lebih parahnya yaitu bisa menjadi penyebab terjadinya general error sehingga printer tidak bida digunakan untuk mencetak.

  • Motor Carriage ( CR Motor )
Motor carriage atau motor CR ini terletak di pada sisi kanan printer tepatnya di atas komponen pompa pembungan. Motor ini berfungsi sebagai penggerak rumah catridge ketika printer sedang mencetak atau pada saat kalibrasi , head cleaning. Salah satu tanda motor ini mulai rusak yaitu telihat tersendat-sendat pada proses pergerakan rumah catridge. Serta akan sering terjadi general error dengan pesan error  CR Motor error
  •  Sistem electrical power supply
Berikut ini sistem electrikal pada printer Epson 1390.

diagram epson 1390
Sistem elektrikal Epson 1390

Itulah pembahasan beberapa  bagian-bagian kompone pada printer yang sering mengalami error. Sebenarnya masih banyak lagi kopmponen atau bagian yang tidak saya bahas, namun untuk yang lainnya jarang mengalami kerusakan. Semoga bisa bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa untuk lik, share dan subscribe blog ini.

4 comments:

  1. terima kasih sudah berkunjung,,,

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa knjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/obat-herbal-sakit-kepala/

    ReplyDelete
  3. bos mau tanya nih, ane ada tuh epson 1390, g bisa buat ngeprint, apanya yang rusak ya?
    di head cleaning tinta keluar, head juga g buntu, g blinking juga,, print nya kondisinya udah lama ga di pake.

    ReplyDelete

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon