September 15, 2015

Cara memperbaiki printer EPSON L100 / L200 / T13 tidak bisa menarik kertas

Printer Epson L100, L200, dan T13 tidak bisa menarik kertas pada saat print walaupun printer dalam keadaan menyala atau ON adalah masalah yang kerap kali terjadi pada printer jenis ini... Masalah tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor baik itu dari segi software maupun dari mekanik printer itu sendiri. Untuk memperbaikinya kita harus menganalisis penyebab kerusakan tersebut dan menentukan apakah kerusakan berasal dari software atau harware ( mekanik ). Untuk kerusakan secara software bisa dikatakan kerusakan yang ringan dan perbaikannya pun bisa dibilang mudah misalnya karena tinta tidak terdeteksi habis  atau yang lainya seputar software. Namun untuk hardware kita perlu lebih serius lagi dalam penganganannya  dan hampir 90% harus membongkar printer tersebut. Oleh karena itu di sini saya akan sedikit mengulas beberapa gejala kerusakan berdasarkan penyebabnya sehingga akan mempermudah kita dalam menganalisa penyebab kerusakan dan bisa menentukan jenis kerusakan apakah dari hardware atau dari software. Berikut ini gejala kerusakan yang sering terjadi pada printer L 100, L200, dan T13 dan cara memperbaikinya.

1. Kerusakan software

Kerusakan software adalah kerusakan atau error yang disebabkan karena ada masalah pada firmware printer tersebut. Misalnya karena waste ink full, tinta tidak terdeteksi atau ada masalah pada file eepromnya. Kerusakan ini tergolong kerusakan yang ringan dan perbaikannya- pun cukup mudah. Biasanya terjadi  terjadi pada saat printer dinyalakan. Berikut ini beberapa gejala yang sering timbul.
  • Pada saat dinyalakan, indikator power dan tinta menyala secara bergantian. Untuk perbaikannya cukup dengan menggunakan program adjustment atau reseter sesuai tipe printer kemudian reset pada menu waste ink pad counter.
  • Muncul pesan error pada komputer misal service required. Cara perbaikannya sama yaitu dengan menggunakan  program adjustment.
  • Printer tidak terdeteksi di komputer.  Cara perbaikannya cobalah periksa apakah driver printer sudah terinstal.Tetapi jika masih tidak terdeteksi berarti ada kemungkinan masalah ada pada hardware.
Baca juga : 

      2. Kerusakan Mekanik I

      Kerusakan mekanik adalah kerusakan yang disebabkan karena ada masalah pada mekanik printer baik itu mekanik penarik kertas, mekanik pompa, atau yang lainnya. Kerusakan ini tergolong kerusakan dengan tingkat kerusakan  sedang. Kerusakan  terjadi pada saat kita melakukan print. Yaitu pada saat printer menarik kertas ketika akan mencetak.
      Ciri-ciri kerusakan:
      • Terjadi pada saat kita melakukan print yaitu pada saat printer menarik kertas untuk proses pencetakan. 
      • Kertas tidak keluar padahal ASF atau pernarik kertas bergerak 
      • Biasanya terdengar suara DEK-DEK-DEK pada saat printer menarik kertas di daerah komponen penarik kertas.
      • Muncul pesan error paper jam di komputer yang terhubung dengan printer tesebut.
      Untuk perbaikan kerusakan  ini cukup mudah yaitu dengan mengganti ASF atau Pick Assy atau penarik kertas yang biasanya dijual satu paket.Bentuk dari komponen ini bisa dilihat papa gambar berikut ini.

      Cara memperbaiki printer EPSON L100 / L200 / T13 tidak bisa menarik kertas
      Pick assy L100
      Jika kita malas pergi ke toko spare part atau untuk menghemat pengeluaran, maka kita juga bisa memperbaikinya sendiri dengan sedikit memodifikasinya.

      Baca juga : Memperbaiki ASF ROLLER atau Pick Assy (Penarik kertas Epson L100, L200, T13 )

      3. Kerusakan mekanik II

      Selain kerusakan secara mekanik seperti yang sijelaskan pada poin sebelumnya, ada satu lagi penyebab kertas tidak tertarik ketika print pada printer jenis ini. Kerusakan ini yaitu terjadinya masalah pada komponen penarik kertas yang berada tepat di belakang komponen ASF atau pick assy. Komponen ini berupa roll kecil. Pada komponen ini terdapat karet, dan biasanya karet ini sering sobek sehingga menggangu proses penarikan kertas. Komponen ini berfungsi membantu komponen ASF atau pick assy pada saat menarik kertas.
      Ciri- cirinya biasanya terjadi pada saat kita melakukan print dan kertasnya tinggal satu,, bunyinya sama seperti kerusakan ASF ,,,,,, DEK-DEK-DEK-DEK-DEK.... tapi lebih keras
      lihat foto berikut. Kerusakan ini disebabkan oleh roller kecil yang berada di belakang kompone ASF Rolle. 

      Cara memperbaiki printer EPSON L100 / L200 / T13 tidak bisa menarik kertas
      Pick assy L100
      Untuk memperbaikinya kita bisa memodifikasinya dengan mengganti karet pada komponen tersebut dengan menggunakan karet yang sejenis atau paling tidak harus sedikit mirip. 
      Keterangan: mohon maaf ada kesalahan gambar,,, yang di maksud pada poin 3 adalah komponen yang letaknya di belakang komponen asf roll ( di belakang bagian yang dilingkari pada gambar di atas).

      4. Kerusakan karena ada benda asing yang menghalangi

      Printer tidak bisa menarik kertas juga bisa disebabkan karena ada benda asing yang mengganggu atau menghalangi masuknya kertas ke area pencetakan. Benda asing tersebut misalnya berupa paper clip, tutup balpoint dan sebagainya yang masuk ke daerah tempat masuknya kertas pada saat printer melakukan proses print.  Untuk perbaikannya cukup mudah, kita tinggal memeriksa dan membersihkan bagian tempat sekitar jalur kertas dari benda asing dengan kuas....

      5. Kerusakan karena komponen yang mulai rusak atau sudah rusak

      Kerusakan ini menurut saya termasuk kerusakan yang sedikit rumit untuk memperbaikinya. Hal ini karena pada saat memperbaikinya kita harus bisa menganalisa semua pergerakan pinter pada saat dioperasikan. Dengan demikian kita bisa mengetahui letak komponen penyebab terjadinya kerusakan. Adapun komponen yang biasanya  mengalami kerusakan adalah mainboard, motor, sensor dan sebagainya. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan blinking general error.

      Itulah beberapa penyebab terjadinya kerusakan printer  epson L100, L200 dan T13 yang tidak bisa menarik kertas pada saat printer melakukan proses print. Untuk perbaikan kerusakan ini intinya adalah kita harus bisa membedakan semua pergerakan printer yang normal dengan printer yang mengalami kerusakan. Dengan begitu kita akan lebih mudah untuk menganalisa dan memperbaikinya. Akhir kata saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat dan jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk like, share dan subscribe blog ini.

      Artikel Terkait

      1 komentar so far

      Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
      http://selltiket.com
      Booking di SELL TIKET aja!!!
      CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

      Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
      Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
      Bergabung segera di http://agenselltiket.com

      Info lebih lanjut hubungi:
      No handphone : 085363402103
      PIN : 5C0C4F38

      Tata tertib berkomentar
      1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
      2. Menngunakan bahasa yang sopan
      3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
      4. Dilarang SPAM
      5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

      Terimakasih.
      EmoticonEmoticon