Tuesday, September 01, 2015

Mengatasi EPSON 1390 Blinking GENERAL ERROR part 2

Setelah sebelumnya saya membuat postingan mengenai cara perbaikan printer epson 1390 yang mengalami error "general error", dan saya beri judul "Mengatasi EPSON 1390 Blinking FATAL ERROR part 1", pada kesempatan ini juga masih dalam pembahasan yang sama yaitu mengenai perbaikan kerusakan printer epson 1390 yang mengalami general error namun dengan informasi error yang berbeda dan tentunya dengan gejala yang berbeda pula.

Mengatasi EPSON 1390 Blinking GENERAL ERROR
Mengatasi EPSON 1390 Blinking GENERAL ERROR

Pada postingan ini juga saya beri judul yang sama tetapi ini bagian yang keduanya. Saya beri judul yang sama karena jenis general error pada printer ini sangat banyak penyebabnya dan gejala kerusakannya pun berbeda-beda. Dan untuk error yang akan saya bahas di sini adalah erorr dengan informasi error atau kode error yang muncul pada information check di program adjustment  adalah "paper out error (front ASF)". Adapun gejala yang muncul pada kerusakan ini adalah sebagai berikut.
  • Pada saat dinyalakan printer seperti biasa, catridge bergerak ke kiri dan ke kanan, melakukan kalibrasi. Namun pada saat sebelum standby, lampu indkator pada printer langsung blinking cepat.
  • Pada kasus ini ada sedikit perbedaan dengan general error lainnya yaitu lampu yang berkedip hanya satu lampu.
  • Muncul pesan error  "paper out error (front ASF)" pada information check di program adjustment.
Untuk lebih lebih jelasnya mengenai gejala error yang terjadi,  bisa dilihat di video berikut ini.


Langkah perbaikannya seperti biasa yaitu konekan printer ke PC atau laptop, kemudian pada saat printer error, buka program asjustment atau reseter dan lakukan pengecekan pada menu printer information check. Dan pada kasus ini  hasilnya adalah muncul keterangan  error di bagian ASF paper out.

Mengatasi EPSON 1390 Blinking GENERAL ERROR
Kode error Epson 1390 


Kemudian saya langsung mengecek bagian-bagian yang berhubungan dengan keluarnya kertas, termasuk karet penarik kertas, sensor kertas, dan bagian lain disekitarnya.. Namun tidak membuahkan hasil. Saya coba ganti sensor, tapi tetap tidak ada perubahan.
Saya penasaran karena biasanya  kalau fatal error selalu ditandai dengan blinking 2 lampu secara bersamaan dan cepat, sedangkan yang ini cuma satu lampu saja yang berkedip cepat. saya coba cek kabel yang yang tombol power tapi ternyata kabel masih bagus, saya cek led, dan tombol powernya juga ternyata masih bagus.

Akhirnya saya coba untuk melepas CISS (continuous ink supply system) atau saya sering menyebutnya catridge. Ternyata ada perubahan error, yaitu lampu indikator tinta menyala yang artinya tinta tidak terdeteksi. Ini pasti terjadi karena saya jelas-jelas sudah melepas CISS nya. Setelah itu saya coba dengan CISS atau catridge yang lain. Hasilnya printer jalan seperti normal, printer melakukan cleaning.  Sampai di sini dalam hati " ternyata cissnya yang rusak"😀 . Namun dugaan saya salah ,,,printer kembali error setelah melakukan ceaning. Saya coba matikan kemudian hidupkan lagi ternyata errornya sama persis seperti semula.Saya ganti lagi dengan CISS sebelumnya ternyata sama , printer melakukan cleaning dan error setelah beres melakukan cleaning " sungguh merepotkan "😌

Kemudian pada akhirnya  saya ingat kalau saya pernah menyimpan file eeprom epson 1390 dari printer yang masih baru, tanpa pikir panjang lagi saya langsung caba update file eepromnya dengan file yang pernah copy dari printer yang masih baru..... akhirnya jreng---jreng printer pun kembali normal...
Kalau ada sahabat tekno yang mengalami kasus sama, mungkin cara ini bisa  dicoba 😁.
Sampai di sini tentang pengalaman saya dalam mengatasi masalah error pada printer epson 1390,Terima  kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk like, share dan subscribe blog ini.

Baca juga :

Artikel Terkait

5 komentar

Gan klo bigking fatal error "RC motor driver error" gmn cara perbaikinya

Pas dinyalakan gerak dulu ga catridgenya ?,,, kalau gerak blinking pas gimana dr mulai dinyalakan..? Gerakannya tersendat sendat ga ?

om..bisa minta file epromnya 1390..indikasi sama sudah ganti sensor asf posisi masih nyala lampu kertas

maaf baru buka link eeprom 1390 ijin download..makasih technodand, smoga printer bisa jalan lagi

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon