Wednesday, October 28, 2015

Cara Memperbaiki Printer EPSON L100 dan T13 mati total

Printer Epson L100 dan Epson T13 adalah printer yang  bisa dikatakan sama, baik secara fisik luar maupun bagian dalamnya seperti mekanik dan mainboardnya. Namun ada satu yang membedakannya yaitu pada sistem supply  tintanya. Pada printer epson L100 sudah dilengkapi sistem infus untuk supply tintanya sedangkan pada printer epson T13 belum dilengkapi dengan sistem infus jadi jika kita ingin menggunakan sistem infus pada epson T13 maka kita harus memodifikasinya.  Begitu juga dengan motherboardnya, secara keseluruhan sama persis cuma firmwarenya saja yang berbeda. Jenis printer ini rentan sekali terkena kerusakan yang cukup serius yaitu mati total.  Kerusakan mati total ini bisanya disebabkan karena  power supply yang rusak atau mainboard yang konslet.

Keruskan mainboard yang konslet biasanya disebabkan karena kondisi print head yang sudah mulai jelek atau juga karena kondisi motor carriage yang sudah rusak ( gerakannya berat ). Kerusakan ini bisa diperbaiki baik dengan cara membeli part ( dalam hal ini power supply dan mainboard) yang baru untuk mengganti part yang rusaknya, atau dengan cara memperbaiki part yang rusak tersebut tanpa harus membeli yang baru. Dan pada postingan ini saya akan megulas bagaimana cara memperbaiki  printer Epson L100 dan T13 yang mati total. Memang cara perbaikan ini sudah banyak yang  tahu tapi tidak ada salahnya saya membuat postingan ini, Karena siapa tahu masih berguna terutama para newbie yang mau belajar dalam perbaikan printer..

Berikut ini ada beberapa penyebab printer Epson L100 dan T13 mati total. serta cara memperbaikinya.

1. Power supply rusak

Keruskan power supply ditandai dengan matinya printer secara total, tidak ada indikator yang menyala ataupun gerakan yang terjadi pada saat printer dinyalakan. Untuk cara memperbaikinya coba periksa dulu apakah power suplay benar- benar rusak atau masih bagus, caranya bisa menggunakan multi tester untuk mengukurnya tegangannya atau dengan cara mencabut socket power supply yang terhubung dengan motherboard printer dalam keadaan menyala, kemudian setelah itu tancapkan lagi socketnya , kalau power supply dalam keadaan bagus biasanya terdengar bunyi "tik" pada saat socket power dari power supply dihubungkan ke motherboard. Jika power supply rusak silahkan bongkar dan periksa komponen yang aktifnya seperti dioda dan transitornya tetapi sejauh ini jarang yg mengalami kerusakan di power supply

2. Dioda pada motherboad short

Pada mainboard printer epson L100 atau T13 ada sebuah dioda dengan kode SB160 yang letaknya berada di dekat koil dan transistor penguat print head. Biasanya dioda ini sering konslet akibatnya printer mengalami mati total. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Cara Memperbaiki Printer EPSON L100 dan T13 mati total
( mainboard epson L100 dan T13 )

Cara Memperbaiki Printer EPSON L100 dan T13 mati total
 (dioda yang sering konslet penyebab peinter mati total )

Perhatikan pada komponen yang diberi tanda panah, inilah dioda yang saya maksud. Dioda ini jika sudah rusak atau konslet akan menyebabkan printer menjadi mati total. Silahkan ukur dengan menggunakan multitester untuk memastikan masih bagus atau tidaknya. Jika ternyata sudah rusak silahkan ganti dengan yang baru ( harus dengan tipe yang sama ).
Jika dioda tersebut rusak dan setelah diganti printer masih mati total berarti ada kemungkina IC driver motornya rusak. Letaknya tepat di bawah dioda tersebut. Kerusakan dioda atau ic ini biasanya ditandai dengan bunyi "cit...cit..cit" pada saat dinyalakan. Jika pada bagian ini tidak ada masalah lanjut ke point 3

3. Program atau firmware pada eeprom rusak

Kerusakan karena firmware yang rusak adalah terjadinya kerusakan pada firmware printer sehingga printer tidak bisa dihidupkan.
Cara Memperbaiki Printer EPSON L100 dan T13 mati total
IC eeprom
Langkah perbaikannya yaitu dengan mencoba mengganti komponen tersebut dengan komponen yang sama. Kalau ada gantilah dengan menggunakan kanibalan dari printer lain yang sejenis

 Jika ketiga point tidak berhasil berarti ada bagian lain yg rusak,, tapi selama saya memperbaiki printer L100 dan T13 yang mati total biasanya tidah jauh dari ketiga point di atas

Itulah beberapa cara mengatasi kerusakan printer epson L100 dan T13 yang mati total , mohon maaf jika ada yg salah dalam postingannya,, semoga bermanfaat dan saya mengucapkan terima kasih sudah berkunjung.

Untuk versi video bisa anda lihat di sini



1 comment:

  1. Assalamualaikum insya Allah Berkah
    Usaha kecil-kecilan bisa menjadi besar JUAL PULSA TANPA MENJUAL PULSA.
    penasaran??? http://www.rajaxpulsa.com/
    untuk Admin TERIMAKASIH SEMOGA SUKSES

    ReplyDelete

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon