November 21, 2015

Memperbaiki Printer Epson 1390 " MATI TOTAL "

Printer MATI TOTAL adalah kerusakan pada printer dimana printer tidak bisa menyala sama sekali. Kerusakan ini bisa terjadi pada semua jenis dan merek printer. Kerusakan mati total bisa disebabkan oleh banyak faktor misalnya karena keteledoran pemakai sepeti tersiram air , bencana alam misalanya terkena banjir atau terkena sengatan aliran listrik petir atau umur printer yang sudah tua dan sebagainya. Kerusakan mati total pada printer biasanya disebabkan karena ada kerusakan pada bagian mainboard atau pada modul power supply. Kerusakan pada bagian tersebut bisa kita perbaiki dengan mengganti beberapa komponen yang menjadi penyebabnya. Namun jika ternyata kita tidak bisa memperbaikinya atau ingin mempercepat proses perbaikan, kita bisa membeli bagian yang rusak tersebut tentunya dengan yang masih baru supaya lebih awet. 

Untuk para pembaca yang ingin memperbaiki printer yang mengalami mati total, di sini saya akan membagikan sebuah pengalaman saya tentang cara perbaikan printer yang mengalami mati total. Namun pada pembahasan kali ini saya hanya akan membahas kerusakan pada salah satu printer keluaran epson yaitu Epson 1390. Untuk pembahasan kerusakan mati total pada model lain mungkin akan saya akan bahas lagi pada postingan berikutnya. Printer Epson 1390 termasuk  printer yang bisa diandalkan dari segi performa maupun dari segi fitur yang dimilikinya. Tapi seiring berjalannya waktu dan semakin sering printer ini digunakan maka pasti akan mengalami yang namanya RUSAK. kerusakan ini sangat beragam mulai dari blinking, hasil print tidak sempurna atau bahkan mati total. Sebenarnya cara penanganannya sangat mudah yaitu kita tinggal bawa printer tersebut ke service center atau ke tukang service lainya dan tentunya dengan biaya yang cukup besar :-). Oleh karena itu untuk memangkas biaya dan juga untuk menambah ilmu kita, tidak ada salahnya kita perbaiki sendiri.
Sebelum ke langkah perbaikan kita pahami dulu gejala yang timbul. Apakah pada saat kita nyalakan printer ada bunyi aneh atau tidak ? 

1. Jika pada saat printer kita nyalakan, printer mati dan tidak ada suara aneh seperti mendecit. Maka lakukanlah beberapa poin berikut ini.
  • Lakukan langkah pemeriksaan pada kabel power dari kemungkinan putus atau colokannya kurang pas. Pastikan tidak ada masalah pada bagian ini.
  • Coba cek bagian tombol power pada bagian depan apakah berfungsi dengan baik..? untuk mengeceknya anda harus membongkar casing penutup sebelah kanan, setelah itu buka baut tombol power. Biasanya tombol power ini sering terkena cipratan tinta sehingga mengalami kerusakan atau korosi
  • Lakukan pengecekan pada bagian power supply, tentunya dengan membongkarnya dulu yaitu dengan membuka casing bagian belakangnya saja ( kerusakan pada power supply jarang terjadi)
2. Jika pada saat printer dinyalakan ada bunyi aneh mendecit (cit,,,, cit,,, cit,,, )
Lakukan langkah pemeriksaan pada bagian motherboard. Perhatikan gambar motherboard printer 1390 berikut ini 

Memperbaiki Printer Epson 1390 " MATI TOTAL "
Minboard Epson 1390

Sebelumya bongkar dulu motherboardnya. cara membongkarnya sangat mudah, sama seperti pada saat kita membongkar power supply. Setelah board di bongkar, lakukanlah pengecekan pada ke 4 transistor ( lihat gambar ). Biasanya satu pasang transistor ini rusak. jika rusak silahkan ganti dengan yang baru, harganya sekitar  38 ribu.

Memperbaiki Printer Epson 1390 " MATI TOTAL "
Transistor penguat Print head

Setelah transistornya diganti silahkan pasang kembali motherboardnya seperti semula. Tapi jangan sekali-kali anda menyalakan printernya karena perbaikannya belum selesai.
Biasanya kerusakan transistor ini disebabkan karena Print head sudah rusak ( konslet ) jadi kalau langsung dinyalakan maka transistornya akan jebol lagi. Jadi jalan satu-satunya anda harus mengganti print headnya juga. Sampai di sini seharusnya printer anda sudah normal kembali

Mungkin sampai di sini tutorial tentang cara perbaikan printer epson 1390 yang mengalami kerusakan mati total, isemoga bermanfaat. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk like, share dan subscribe blog ini. Akhir kata saya mengucapkan terima kasing sudah berkunjung ke blog sederhana ini.

Artikel Terkait

5 komentar

Cara bongkar main boarnya gimana gan?ada tutorialnya gak...sama gambarnya gan..kalo bongkar mesinnya sudah bisa saya praktekin dari agan..mantap

Printer dtg epson 1390 milik saya mati total padahal sudah ku ganti mainboard yg baru,mohon pencerahannya gan

Cuba cabut kabel fleksibel yg ke head terus coba nyalaon klo nyala berarti komponen head ada yg rusak

klo printer saya mati total sebelumnya diawali mati semua lampu-lampu indikatornya, tapi tetap bisa di gunakan hampir 1 bulan,sempat mati tapi total hidup sendiri krn saklar selalu dalam keadaan on(hidup). kira-kira apanya yg rusak? tks bantuanya...

printer q 1390 mati total,, tak hidupkan cuma bunyi crek-crek crek terus,, kira-kira apanya gan,,, transistor udah tak ganti

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Menngunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon