Blinking general ERROR atau FATAL ERROR pada Printer EPSON L100 Dan T13

General  Error pada printer adalah salah kerusakan pada printer yang bisa dikatakan cukup fatal. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan adanya pesan melalui lampu indikator. Pesan yang muncul ketika terjadi general error sangat beragam tergantung jenis printernya. Ada yang mengalami blinking cepet pada indikator tinta dan kertas secara bersamaan, adanya yang hanya menyala lampu indikator tintanya saja tetapi indikator power tidak menyala. dan banyak lagi sesuai tipe printernya. Kerusakan blinking error biasanya terjadi karena ada salah satu komponen yang rusak, gangguan pada mekanik, atau ada sesuatu yang menggangu proses kerja printer misalnya kemasukan benda asing. Untuk memperbaikinya kita perlu menganalisanya terlebih dahulu supaya perbaikannya tepat pada sasaran.
Berikut ini beberapa cara untuk menganalisa penyebab kerusakan general error.

  • Perhatikan semua proses yang terjadi pada printer yang mengalami error mulai dinyalakan sampai terjadinya error.
  • Pada saat printer melakukan proses apa..? dan komponen apa saja yang berperan dalam proses tersebut sesaat sebelum printer mengalami error ? 
  • Perhatikan indikator error yang muncul. Apakah karena general error atau error yang lain misalnya kertas tidak tertarik normal, waste ink pad full, atau tinta terdeteksi habis. Dengan mengetahui jenis blinking maka kita akan lebih mudah untuk memperbaikinya.
Berdasarkan pengalaman biasanya kerusakan general error hampir 90% disebabkan karena ada gangguan pada bagian hardware baik itu mekanik, mainboard, atau komponen lainnya termasuk motor dan sebagainya. Dan pada kesempatan ini saya akan membahas general error yang terjadi pada salah satu printer keluaran epson yaitu seri L100 dan T 13. Kedua printer ini memiliki mekanik dan mainboard yang sama persis sehingga kerusakannya pun 99% sama. sehingga cara perbaikannya juga bisa dikatakan sama persis.

Blinking general error pada  printer Epson L100 dan T13 memang sering terjadi terutama untuk printer yang sudah lama di pakai atau cara pemakaian yang kurang tepat. Adapun penyebabnya sangat banyak bisa dari bagian hardware seperti motherboard, mekanik maupun dari bagian firmware nya, namun secara garis besar penyebabnya adalah disebabkan karena ada gangguan pada bagian hardware. Berikut ini beberapa penyebab fatal error yang sering terjadi pada printer Epson L100 dan Epson T13 serat  cara perbaikannya.

1. Putaran motor carriage lemah.

Putaran motor carriage yang sudah lemah termasuk salah satu penyebab general error yang sering terjadi pada jenis printer ini. Biasanya gejala yang muncul jika terjadi kerusakan pada bagian ini adalah sebagai berikut.

Pada saat printer dinyalakan catridge akan bergerak tetapi gerakannya tersendat-sendat dan setelah itu terjadi  general error yang ditandai dengan blinkingnya  lampu orange dan hijau berkedip secara  bersamaan.

Kerusakan pada motor carriage biasanya terjadi karena umur motor yang sudah lama sehingga karbon nya sudah terkikis habis dan bubuknya menyumbat atau menghambat laju motor pada saat berputar. Cara memperbaikinya adalah dengan cara membuang bubuk karbon yg ada di dalam  motor carriage tersebut. Silahkan ketuk-ketuk komponen  motornya  ke meja atau benda yang keras sampai bubuk carbonya keluar, atau dengan cara dibongkar dan membersihkan bagian dalamnya. Namun jika setelah komponen motornya dibersihkan tetapi tidak membuahkan hasil, langkah satu-satunya adalah dengan cara menggantinya dengan komponen yang baru

Blinking general ERROR atau FATAL ERROR pada Printer EPSON L100 Dan T13
( motor carriage Epson L100 )
2. Komponen Print Head Rusak

Fatal error atau general error juga bisa disebabkan karena ada kerusakan pada komponen print head atau kondisi print head yang mulai melemah. Ciri kerusakan general error yang disebabkan oleh komponen print head ini adalah sebagai berikut.
  • Jenis blinkingnya sama dengan blinking pada kerusakan motor carriage
  • Biasanya general error terjadi pada saat printer sedang melakukan proses print. Baik pada saat dengah-tengah proses print maupun sesaat setelah proses print beres.
  • General error terjadi pada saat printer melakukan head cleaning atau setelah head cleaning
  • Kalau dicek dengan adjustment program biasanya muncul pesan error "head hot error"
Untuk memperbaiki kerusakan ini  satu-satunya jalan  adalah dengan menggantinya dengan print head yg baru. Kalau dicek dengan adjustment program biasanya muncul pesan error "head hot error"


3. Kabel data print head ada yang putus

Kabel print head yang rusak juga merupakan salah satu penyebab terjadinya general error pada printer epson tipe L100 dan T13 ini. Kerusakan pada kabel print head biasanya berupa adanya jalur yang putus atau jalur pada kabel print head terjadi korosi sehingga menghasilkan hambatan yang cukup besar gan menggangu kinerja print head. Jika terjadi kerusakan pada kabel print head biasanya error terjadi pada saat catride mulai bergerak, kalau dicek dengan adjustment program biasanya muncul pesan error " head hot error " sama seperti print head rusak

Blinking general ERROR atau FATAL ERROR pada Printer EPSON L100 Dan T13
( Kabel print yang sudah rusak )
4.  CR scale yang kotor

CR scale  bentuknya seperti pita panjang dan transparan. Komponen ini terletak didekat komponen timing belt di sepanjang jalur pergerakan rumah catridge. Jika Komponen CR scale ini kotor parah misalnya karena ada tinta yang menyerap kedalamnya atau ada grease yang menempel, maka akan menyebabkan terganggunya pergerakan rumah catridge pada saat melakukan proses print atau pada saat printer melakukan kalibrasi sehingga menyebabkan printer mengalami general error, tetapi jika kotornya sedikit biasanya hanya berpengaruh pada kualitas hasil print yaitu huruf atau gambar jadi blur atau berbayang.

Blinking general ERROR atau FATAL ERROR pada Printer EPSON L100 Dan T13
( CR scale yang kotor )

5. Pelumas jalur rumah catridge yang kering  (" lupa namanya")

Kondisi jalur rumah catridge yang pelumasnya kering juga bisa menyebabkan terjadinya general error pada printer epson terutama tipe L100 dan T13. Keringnya bagian ini akan menyebabkan jalur rumah catridge menjadi kesat sehingga menggangu atau menghambat pergerakan rumah catridge. Akibatnya akan terjadi general error. Biasanya pada printer yang masih baru pada bagian ini sudah di olesi oleh grease atau pelumas sehingga gerakan catride bergerak dengan mulus. Tetapi jika sudah lama biasanya pada bagian ini akan kering sehingga gerakan catride jadi terhambat.Gejalanya hampir sama dengan kerusakan pada bagian motor carriage. Untuk memperbaiki kerusakan general error yang disebabkan karena jalur rumah catridge yang kering  sangatlah gampang yaitu hanya dengan mengoleskan grease pada bagian tersebut


( jalur rumah catridge yang kering )

6. Eeprom rusak atau corupt

General error juga bisa disebabkan oleh file eeprom yang corupt,, gejala error biasanya terjadi langsung sejak printer mulai dinyalakan. Berdasarkan pengalaman, jenis kerusakan general error yang disebabkan karena eeprom bisa dikatakan jarang terjadi. Jika kemungkinan error disebabkan karena masalah pada eeprom maka langkah perbaikannya adalah dengan cara menggati ic eeprom dengan ic eeprom yang lain yang sudah  diisi firmware sesuai dengan jenis dan tipe printernya.

7. Posisi selang infus yang tidak benar

Posisi selang infus yang tidak benar juga  merupakan salah satu penyebab terjadinya general error.  misalnya posisi selang infus yang lepas dari jalurnya, selang infus yang sudah mulai mengeras dan kaku atau pemasangan selang infus yang terlalu kencang atau longgar. Kondisi selang infus yang tidak benar akan mengganggu gerak laju catride sehingga bisa menyebabkan general error.

8. Motherboard Rusak

Selain dari poin-poin di atas, motherboard juga sangat berpengaruh terhadap terjadinya general error. Namun kerusakan motherboard yang menyebabkan general error memang bisa dikatakan jarang terjadi. Kita bisa memvonis bahwa kerusakan general error berasal dari motherboard jika kita sudah menganalisa semua komponen selain motherboard termasuk sudah mengganti ic eepromnya. Jika masalah dari motherboard, maka jalan satu-satunya adalah kita harus mengganti motherboard tersebut dengan yang baru

Dalam perbaikan error pada printer pada intinya kita harus bisa menganalisanya dengan cara memperhatikan hal-hal berikut ini.
- kapan error itu terjadi?
- pada saat printer melakukan proses apa ?
- komponen atau part mana saja yg berperan pada saat melakukan proses tersebut
Dari situ kita bisa memprediksi komponen apa yang mengalami masalah.

Itulah pembahasan mengenai general error pada printer Epson L100 dan T13 beserta cara memperbaikinya. Semoga postingan ini bisa bermanfaat buat pembaca semuanya. Jika ada yang kurang dipahami, silahkan tinggalkan komentar. Jangan lupa like, share dan subscribe blog ini. Terima kasih sudah berkunjung.

32 Responses to "Blinking general ERROR atau FATAL ERROR pada Printer EPSON L100 Dan T13"

  1. Saya punya L210,dengan kerusakan comunication error 2000010,gejala on printer head bergerak kekiri dan kembali ke kanan kemudian diam.lampu power,kertas dan tinta berkedip bersamaan.mohon pencerahanya.mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung.... untuk epson l110,210,300,310 biasanya kalau fatal erorr penyebabnya hampir sama,,, coba cek di post saya sebelumnya
      http://technodand.blogspot.co.id/2015/10/printer-epson-l110-blinking-paper-jam.html
      kalau masih silahkan tinggalkan komen lagi di sini,,, :-)

      Delete
  2. Mat pg om.. Ane mw tanya om,epson ane t20e,dengan troble generator eror/fatal eror,.. Awal'y msh bs normal/ready,tp klo x'test print,timbul pesan t'sebut,dan dtandai lampu ink kedip2 terus dan g ad respon apapun,slain dimatiin printer'y om,,? Kr2 p'masalahn dmn y om,dah coba reset,blom hasil,, mhon p'cerahan'y om,, mksih..

    ReplyDelete
  3. gan ane mau tanya kenpa printer epson l210 ane, setiap ngeprint. tulisan status monitor 3 error terus gan.?
    trus kalo ane matiin, dan ane hidupin lagi,, status monitor 3nya alias status printer ane,, busy terus gan? mohon pencerahanya ya gan?

    ReplyDelete
  4. makasih mas ,,saran ny ok bnget....berkat saran dari mas printer sya jalan lagi...jadi 'ga jadi deh di bawa ke tukang service..

    ReplyDelete
  5. Siang gan, apa masih dimonitor artikel ini? Kalau masih, mau nanya. Printer saya Epson L100, karena kotor akibat tinta pembuangan kelebihan muatan dan printer terbalik posisinya, akhirnya saya bongkar dan bersihkan. Setelah dipasang kembali, printer jadi error. Setiap di"on" kan, hanya penggulung kertas yang jalan dan menarik kertas kemudian error blinking. Kira-kira apa penyebabnya dan solusinya bagaimana gan? Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya mohon maaf karena jarang online jadi balasannya telat. untuk kerusakan ini mas harus mengecek bagian mekanik apakah mas ada bagian yang salah memasang.. selain itu cek juga apakah sensor ada yang terkena cairan tinta. terutama sensor pf encoder dan pf encodernya ( bagian bulat seperti piringan transparan ), cek juga sensor cr encoder ( seperti pita transparan ), selain itu cekjuga mainboard apakah terkena tinta, jika terkena tinta segera bersihkan dengan menggunakan air dan detergent ( dilepas dulu )

      Delete
  6. Saya punya TX121,dengan gejala on printer head bergerak kekiri dan kembali ke kanan kemudian diam.lampu power,kertas dan tinta berkedip bersamaan.mohon pencerahanya.mksh

    ReplyDelete
  7. Malam Gan, printer saya Epson L800 kalo kabel flexi dismabungkan ke head print power sama sekali tidak menyala, tapi kalo kabel flexi dicabut printer nyala dan lampu indikator paper dan ink berkedip bersamaan...tolong kasi pencerahanya ya Gan...sebelumnya terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Print head konslet mas,, kalau head tetap dipasang bisa merusak mainboard,,

      Delete
    2. Apa bisa diperbaiki Gan Printhead yang koslet..? atau harus ganti baru. Trima kasih banyak Gan sangat membantu.

      Delete
    3. Wajib diganti mas.. Untuk epson 4 warna harga sekitar 500-700 ribu, epson 6 warna harga antara 1,9-2,4 jt

      Delete
  8. Technodand, printer epson L200 saya power nyala, tapi gak fungsi/ gak ada tanda gerak sama sekali, baik terhubung/ tidak terhubung ke PC. Kenapa ya min?. Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampu indikatornya gimana ? Bekedip atau gimana ?

      Delete
    2. Lampu indikator gak berkedip, jadi seperti printer normal Power On/ hijau. Tapi tidak gerak mesin sama sekali seperti printer normal pada umumnya saat pertama dinyalakan.

      Delete
    3. sebenarnya banyak kemungkinan kerusakan, tapi kemungkinan paling besar berasal dari mainboard ( kemungkinan eeprom error ) coba lakukan backup restore eeprom pakai reseter.

      Delete
    4. Ok Kang Wiran. Saya coba dulu deh reset eeprom. Makasih...

      Delete
  9. Aq punya l310 error kode F1H apanya ya bos?

    ReplyDelete
  10. saya punya epson l110 setelah di hidupin langsung bunyi seperti ngidupin stater mobil catridnta bergerak cepat langsung blikn bersamaan tiga lampu dan kodenya hanya tulisan error mohon bagainana mengatasinya,..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan, blom ketemu soludinya, admin tolong solusinya

      Delete
    2. Sebelumnya catrigenya bunyi dan gak bergerak, lalu encoder pita dan bulat d samping, sy bersihin, hasilnya catridnya gak bunyi, tapi 3 lampu blinking bersamaan, mohon solusinya admin

      Delete
  11. saya punya epson l1300, setelah dihidupkan catrid tinta bergerak lambat dan kemudian langsung bergerak cepat sehingga terdengar suara seperti terbentur, kemudian langsung nyala lampu tinta dan kertas secara bersamaan (lampu power nya mati saat lampu tinta dan kertas nyala secara bersamaan), mohon solusi nya gan? Thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek sensor CR encodernya atau letaknya persih dibelakang rumah catridge, cek juga bagian cr encodernya yang seperti pita kotor kotor ga ? biasany asekitaran itu

      Delete
  12. 1.Pas dinyalakan.. Gerak dulu ga catridgenya lalu Bunyi ciit nya pas mau head cleaning?
    2. pompa pembuangan bangaimana cara mengeceknya normal atau tidak?
    3, pita sensor/timing belt kotor, sudah d bersihkan,
    bgaimana pita agar benar2 bersih sprti baru cara membersihkannya?
    4. Tidakada sesuatu yg menghalangi gerak catrid
    5.roll penarik kertas bagian bawah normal.
    6.encoder disc samping sudah d bersihkan
    7.kabel fleksi head dan sensor tidak mengerti gmn cara mengeceknya apa msh normal apa tidak?
    Mohon penjelasan lainnya penyebab apa yg terjadi pd printer l110 saya blinking bersamaan.

    ReplyDelete
  13. 1.Pas dinyalakan.. Gerak dulu ga catridgenya lalu Bunyi ciit nya pas mau head cleaning?
    2. pompa pembuangan bangaimana cara mengeceknya normal atau tidak?
    3, pita sensor/timing belt kotor, sudah d bersihkan,
    bgaimana pita agar benar2 bersih sprti baru cara membersihkannya?
    4. Tidakada sesuatu yg menghalangi gerak catrid
    5.roll penarik kertas bagian bawah normal.
    6.encoder disc samping sudah d bersihkan
    7.kabel fleksi head dan sensor tidak mengerti gmn cara mengeceknya apa msh normal apa tidak?
    Mohon penjelasan lainnya penyebab apa yg terjadi pd printer l110 saya blinking bersamaan.

    ReplyDelete
  14. Epson l110 di cek dengan adjusment program hasilnya 43 h head temperature error, bagaimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. izin pantau.. punya kondisi yang sama.. ngepritn jd lambat yah?? salah di apa yah??

      Delete
  15. saya punya epson l200 setiap mau ngeprint muncul tulisan "general error "itu solusi nya gmna ya .. mohon pencerahan ny

    ReplyDelete
  16. saya punya epson l200 setiap mau ngeprint muncul tulisan "general error "itu solusi nya gmna ya .. mohon pencerahan ny

    ReplyDelete
  17. izin bertanya, printer di hidupkan dinamo scannernya macet dan menimbulkan suara trekk..trekk...trekk di epson TX121x dan lampu indikator berkedip semuanya mohon solusinya. terima kasih.

    ReplyDelete
  18. Gan saya punya L310 epson dan sudah ganti timing belt,tp setelah d ganti ketika di nyalakan ko pergerakan head nya sampe mentok ke ujung dan gk bs balik lahi gan. Mohon dolusinya.

    ReplyDelete

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel