Tuesday, April 26, 2016

Printer Laser Jet hp 1505 tidak konek jaringan " tidak bisa test print manual "

Printer Laser Jet merk Hp 1505 adalah sebuah printer jenis laser keluaran sebuah perusahaan ternama yaitu Hewlett-Packard Company yang dibangun oleh dua orang yang bernama Bill Hewlett dan Dave Packard  di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Printer Hp 1505 ini menggunakan sistem laser dalam pencetakannya  serta mengunakan tinta berupa serbuk atau disebut dengan nama toner yang dikemas dalam sebuah catridge dengan kode 36A. Dari segi fungsi Printer ini menurut saya termasuk printer yang bisa dibilang printer yang cukup tangguh. Selain bisa menggunakan USB sebagai media transfer data dari komputer, printer ini juga dilengkapi dengan port LAN sehingga bisa menggunakan jaringan LAN untuk transfer datanya. Dengan dilengkapinya fitur jaringan tersebut, sehingga akan memudahkan kita ketika menggunakan printer tersebut secara bersama-sama dalam sebuah jaringan LAN namun tentunya  harus dalam satu segmen IP yang sama.
Printer Laser Jet hp 1505 tidak konek jaringan
Printer laser jet hp 1105
Namun dari semua itu ada salah satu masalah pada printer tersebut ketika digunakan melalui jaringan LAN dan bisa dikatakan sering terjadi. Kerusakan tersebut adalah tidak koneknya printer ketika menggunakan jaringan LAN. Sebenarnya masih bisa digunakan yaitu dengan menggunakan kabel USB namun mungkin akan sedikit bermasalah ketika printer tersebut digunakan secara bersama-sama karena  harus menggunakan fungsi share dan komputer yang utama (yang dijadikan server) yang terhubung langsung ke printer harus menyala terus.
Sebenarnya masih banyak kerusakan yang sering terjadi pada printer ini seperti cetakan rusak, paper jam, hasil print kusut dan sebagainya. Namun pada kesempatan ini yang akan saya jelaskan di sini adalah mengenai bagaimana cara mengatasi kerusakan printer laser jet 1505 yang tidak bisa konek ke jaringan LAN. Adapun penyebab printer ini tidak bisa konek bisa diakibatkan oleh banyak hal seperti kabel jaringan yang rusak atau putus, lonjakan listrik PLN, petir, dan banyak lagi penyebab lainnya. Berikut ini beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan printer hp 1505 tidak konek ke jaringan LAN dan cara mengatasinya.

1. Kabel LAN (RJ45) putus.

Untuk mengeceknya bisa menggunakan alat khusus seperti LAN tester sehingga kita bisa mengetahui ada tidak koneksi jaringan dari kabel tersebut. Jika tidak ada coba sambungkan dengan kabel tersebut dengan perangkat lain seperti komputer. Jika ada tanda-tanda koneksi seperti berkedipnya lampu pada port LAN, berarti kabel tersebut bagus dan masalah terdapat pada printer.


Printer Laser Jet hp 1505 tidak konek jaringan " tidak bisa test print manual "
( Kabel jarinag RJ45)
2. Port LAN pada printer rusak

Port LAN berbentuk  sebuah lubang berbentuk kotak  yang di dalamnya terdapat beberapa pin yang terbuat dari sebuah kawat tembaga. Pin-pin tersebut terkadang karena pemasangan LAN yang tidak benar akan menyebabkan terjadinya bengkok sehingga koneksinya terganggu. Pada beberapa kasus ada yang mengalami korosi sehingga koneksinya terganggu. Jika terjadi kerusakan seperti bengkok, silahkan perbaiki dengan menggunakan pinset. Dan jika terjadi korosi gunakanlah ampelas untuk membersihkannya.

3. Printer Harus direset.

Kerusakan ini termasuk kerusakan yang bisa dikatakan paling gampang cara untuk mengatasinya. Kerusakan ini ditandai oleh beberapa gejala diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Printer tidak bisa konek jaringan dan tanda
  • Printer tersebut tidak bisa melakukan print test manual melalui tombol (tobol gambar kertas warna hijau ). 
  • Pada saat tombol test print atau tombol gambar kertas ditekan, printer tidak melakukan proses apapun, dan hanya terdengar suara "clek".
Untuk cara memperbaikinya cukup mudah yaitu  tinggal matikan printer kemudian tekan tombol gambar kertas dan gambar silang secara bersamaan kemudian hidupkan printer dengan menekan tombol power, tahan selama -+ 6 detik kemudian lepaskan. Silahkan  coba test print manual dengan menekan tombol gambar kertas. Jika berhasil langkah selanjutnya adalah mengecek koneksi jaringan Caranya yaitu sebagai berikut.

  • Koneksikan printer tersebut dengan  kabel LAN kemudian  tunggu sekitar 30 detik. 
  • Setelah itu lakukan test print manual lagi.
  • Perhatikan hasil test printnya , catat Alamat IP printer tersebut.
  • Lakukan test koneksi dengan menggunakan komputer
Printer Laser Jet hp 1505 tidak konek jaringan " tidak bisa test print manual "
( Reset firmware )
 4. Motherboard rusak.

Kerusakan moterboard merupakan kerusakan yang bisa dibilang fatal. Perlu keahlian khusus untuk memperbaikinya. Biasanya kerusakan ini disebakan karena ada arus besar yang masuk lewat kabel jaringan seperti LAN misalnya karena sengatan aliran listrik petir. Saran saya untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti motherboardnya dengan yang masih normal.

Itulah beberapa penyebab kerusakan yang menyebabkan printer hp 1505 tidak konek jaringan dan cara memperbaikinya. Semoga bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih sudha berkunjung ke blog ini. Jangan lupa untuk like, share dan subscribe untuk mendapatkan update dari blog ini.

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon