Printer Laser Jet Hp 2035 CETAKAN TIDAK RATA

Hasil cetakan yang kurang bagus kerap kali terjadi pada hasil printer jenis laser jet ini. Keadaan ini sangat menggangu atau bahkan merugikan karena hasil printnya kurang bagus atau bisa dibilang cacat. Adapun penyebabnya sangatlah beragam. Mulai dari masalah catridge sampai kerusakan bagian hardware pada printer tersebut. Untuk penangannya kita bisa memulai dengan mengganti catridgenya terlebih dahulu dengan catridge yang masih bagus dan tentunya isi tonernya masih penuh. Jika setelah penggantian catridge hasil print menjadi bagus, itu berarti masalah ada pada catridgenya. Namun jika setelah penggantian catridge tidak ada perubahan itu berarti masalah ada pada printer itu sendiri. Untuk mengatasinya anda bisa membawanya ke tukang service untuk diperbaiki. Tetapi jika anda ingin memperbaikinya sendiri, maka anda bisa mengikuti beberapa langkah yang akan saya jelaskan pada postingan ini.

Dalam mengatasi atau melakukan perbaikan pada printer laser jet yang mengalami masalah hasil print yang tidak rata atau kurang bagus, maka ada dua hal yang harus anda perhatikan. Yang pertama pastikan masalah bukan dari catridgenya seperti sudah saya ulas di atas. Dan yang kedua jenis kerusakannya. Ini bisa dilihat dari hasil printnya sehinga kita bisa memprediksi komponen mana yang mengalami masalah. Dengan begitu kita akan lebih mudah dalam memperbaikinya. Perlu diketahui, bahwa pada dasarnya sitem kerja pada printer laser jet semuanya sama. Jadi walaupun yang akan saya jelaskan lebih khusus untuk  printer tipe 2035, selain itu  juga bisa digunakan untuk jenis printer laser jet tipe lainnya.

Untuk mempermudah dalam melakukan perbaikan pada printer jenis laser jet terutama tipe 2035n, saya akan membanginya menjadi 3 kategori kerusakan.

1. Kerusakan karena catridge.

Kerusakan ini bisa ditandai dengan hasil printer yang kurang bagus seperti cetakan kurang pekat, ada bintik-bintik hitam pada hasil cetakan, hasil cetakan ngeblok hitam, ada garis warna hitam pada hasil cetakan, dan sebagainya. Untuk memastikan bahwa kerusakan dari bagian catridge, anda bisa mencoba mengganti catridgenya dengan yang masih bagus seperti yang sudah saya ulas di atas.

2. Kerusakan pada bagian fuser film atau pressure roll pada bagian pemanas

Kerusakan ini termasuk kerusakan yang serius karena adanya kerusakan part pada bagian pemanas. Part yang sering rusak pada bagian ini adalah fuser film dan pressure roll. Adapun penyebab kerusakan ini adalah sebagai berikut.
  • Umur printer yang sudah lama sehingga terjadi kerusakan pada bagian fuser film dan pressure roll. 
  • Terjadinya kebocoran pada catride toner yang digunakan sehingga toner yang bocor akan menempel pada bagian fuser film dan pressure. 
  • Masuknya benda asing ke bagian pemanas serti paper clip, isi staples dll yang mengakibatkan sobeknya bagian fuser film dan pressure roll.
Gejala yang ditimbulkan karena ada kerusakan pada bagian ini adalah hasil print yang bisa dikatakan cacat seperti ada blok hitam pada bagian sisi kiri dan kanan kertas hsail print, blok hitam di mana-mana pada kertas hasil print, atau kertas hasil print menjadi kusut

Silahkan baca : Cara Ganti Fuser Film dan Pressure Roll printer laser hp 2035

3. Kerusakan atau masalah yang terjadi pada bagian laser

Kerusakan ini kerusakan yang termasuk ringan karena hasil cetakan bisa dikatakan cukup bagus namun tidak maksimal. Seperti halnya gejala ketika catridge yang tonernya mulai habis  yaitu ditandai dengan adanya beberapa bagian yang  pudar atau tipis pada hasil cetakan atau bahkan  hasil cetakannya tipis secara keseluruhan. Berikut ini salah satu contoh hasil print yang bagian sisinya tipis.

Printer Laser Jet Hp 2035 CETAKAN TIDAK RATA
( hasil cetakan yang bagian sisinya tipis )
Untuk langkah perbaikan yaitu pertama-tama pastikan dulu bahwa masalah bukan dari catridge dengan mencoba menggunakan catridge lain yang masih bagus. Jika sudah dipastikan bahwa masalah bukan dari catridge, maka ikutilah beberapa langkah perbaikannya.
  • Pertama-tama bongkar casing bagian samping kiri, kanan dan belakang. Cara membongkarnya bisa dilihat 
  • Untuk langkah selanjutnya adalah membongkar casing bagian atas. Silahkan bongkar dengan cara membuka ke empat bautnya.

Printer Laser Jet Hp 2035 CETAKAN TIDAK RATA
Bongkar casing atas
  • Buka kedua baut yang diberi tanda panah seperti pada gambar di bawah ini. letaknya ada pada bagian belakang printer ( mohon maaf ada keasalahan gambar, seharusnya casing belakangnya di bongkar dulu )
Printer Laser Jet Hp 2035 CETAKAN TIDAK RATA
( membuka baut pada bagian belakang )
  • Selanjutnya Buka salah satu baut pada sisi sebelah kiri. Gunakan obeng plus untuk membukanya
Printer Laser Jet Hp 2035 CETAKAN TIDAK RATA
(membuka baut pada bagian sisi kiri)
  • Untuk langkah selanjutnya adalah membuka baut pada bagian sisi kanan. Jumlahnya ada satu buah. Gunakanlah obeng plus untuk membukanya. Setelah semua bautnya dibuka, bongkarlah casing bagian atasnya.
Printer Laser Jet Hp 2035 CETAKAN TIDAK RATA
(membuka baut pada bagian sisi kanan)
  • Setelah casing bagian atasnya dibongkar, silahkan perhatikan bagian yang berupa kotak hitam seperti pada gambar berikut. Bagian ini adalah bagian laser. Silahkan bongkar bagian tersebut.
Printer Laser Jet Hp 2035 CETAKAN TIDAK RATA
( membongkar bagian laser)
  • Untuk membongkar bagian ini, pertama-tama buka atau lepas bagian kabel pleksibel yang tehubung ke bagian ini. Lakukan dengan hati-hati 
Printer Laser Jet Hp 2035 CETAKAN TIDAK RATA
(lepas kabel pleksibelnya)
  • Untuk langkah selanjutnya, silahkan buka ke empat baut yang diberi tanda panah seperti pada gambar di bawah ini. gunakanlah obeng plus untuk membukanya.
Printer Laser Jet Hp 2035 CETAKAN TIDAK RATA
(buka ke-empat bautnya)
  • Setelah ke-empat bautnya dibuka, langkah berikutnya silahkan lepas  bagian kotak hitam tersebut dari dudukannya. Dan sekarang kita fikus pada bagian ini. Selanjutnya buka kedua baut yang di beri tanda panah pada gambar berikut ini  dan setelah itu lepas cungkil pengaitnya dan angkat casing bagian atasnya 
Printer Laser Jet Hp 2035 CETAKAN TIDAK RATA
(buka kedua baut yang diberi tanda panah)
Printer Laser Jet Hp 2035 CETAKAN TIDAK RATA
( cungkil pengaitnya)
  • Berikut ini gambar bagian laser yang sudah berhasil dibongkar.  di situ terlihat ada beberapa komponen yaitu sebuah lased diode, sebuah motor  dan yang lainnya.
Printer Laser Jet Hp 2035 CETAKAN TIDAK RATA
(bagian laser setelah dibongkar)
  • Untuk langkah berikutnya  silahkan berssihkan bagian tersebut dari debu dan serbuk toner. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini, di situ terlihat beberapa bagian yang diberi tanda lingkaran. Bagian itulah yang harus kita bersihkan. Untuk cara membersihkannya, kita bisa menggunakan kompressor atau  atau menggunakan lap bersih. Silahkan bersihkan bagian ini sampai benar-benar bersih.
Printer Laser Jet Hp 2035 CETAKAN TIDAK RATA
(bersihkan bagian yang diberi tanda lingkaran)

Printer Laser Jet Hp 2035 CETAKAN TIDAK RATA
( bersihkan bagian yng diberi tanda lingkaran)
  • Setelah dibersihkan, silahkan rakit kembali printer seperti semula, kemudian lakukan pengetesan dengan catridge yang masih bagus. Kemudian perhatikan hasil cetak sebelum dan sesudah dibersihkan.
Printer Laser Jet Hp 2035 CETAKAN TIDAK RATA
( hasil print setelah bagian laser dibersihkan)
Sampai di sini tutorial tentang cara mengatasi kerusakan Printer Laser Jet Hp 2035 yang cetakannya tipis , tidak rata atau cacat. Cukup mudah bukan.... ? saya yakin anda bisa memperbaikinya. terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk like, share dan subscribe blog ini.

0 Response to "Printer Laser Jet Hp 2035 CETAKAN TIDAK RATA"

Post a Comment

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel