Friday, November 04, 2016

Cara Mangatasi Lampu Indikator Tinta Printer Epson L110 L300 L210 L310 atau L Series Blinking Terus


Printer Epson L110, L300, L210, dan Epson L310 adalah printer yang termasuk printer keluaran epson seri L dengan sistem infus untuk suply tintanya. Dengan adanya sistem infus tersebut akan menjadikan tinta lebih awet dan tentunya dengan pengeluaran biaya yang lebih kecil dibanding dengan model- model sebelumnya yang masih belum menggunakan sistem infus. Printer seri L ini merupakan penerus dari model sebelumnya yaitu printer Epson L100, L200 yang sudah menggunanakan sistem infus bawaan namun masih menggunankan serial number setiap melakukan pengisiannya.

Cara Mangatasi Lampu Indikator Tinta Printer Epson L110 L300 (seri L) blinking terus
Printer Epson L series
Untuk para pengguna printer Epson seri L yang baru ini yakni Epson L110, L300, dll, pasti pernah mengalami masalah lampu indikator tinta habis yang blinking terus menerus.  Indikator tersebut adalah tanda atau peringatan untuk penggunanya bahwa tinta pada printer tersebut sudah sedikit atau akan habis. Memang kalau kita lihat secara fisik pada tabung tinta, mungkin jumlahnya masih banyak. Namun karena sistem printer tidak bisa mendeteksi jumlah tinta yang ada secara fisik, sehingga terkadang berbeda dengan kenyaannya. Misalnya indikator tinta menujukan kalau suply tinta akan habis namun sebenarnya tidak dan begitu juga sebaliknya. Hal ini terjadi karena sistem pada printer hanya menghitung jumlah tinta yang keluar. Jika jumlah value yang dihitung sudah mendekati jumlah atau banyaknya tinta pada tabung ( volume tabung ), maka printer akan memberitahukan kepada penggunanya bahwa tinta sudah sedikit dan harus segera diisi ulang.Sebenarnya hal ini tidak bermasalah selama printer masih bisa dipakai untuk melakukan proses print. Tapi mungkin ada beberapa pengguna yang merasa risih dengan masalah tersebut daan ingin menghilangkan pesat tinta habis tersebut.

Untuk mengatasinya sebenarnya sangat gampang yaitu kita tinggal menunggu sampai sampai lampu indikator tinta menyala diam ( tidak berkedip ) kemudian setelah itu tinggal di reset dengan cara menekan tombolnya beberapa detik. Namun kita tidak tahu sampai kapan lampu indikator itu akan blinking, apalagi kalau frekuansi penggunaanya sangat jarang. Oleh karena itu pada postingan ini saya akan membagikan tips cara menghilangkah indikator tinta habis tersebut yaitu dengan menggunakan salah satu program yang tak asing lagi buat para pengguna printer Epson. Program tersebut adalah program adjustment atau reseter.

Baca Juga :

Berikut ini ada beberapa langkah atau trik untuk mengatasinya.

Sebelumnya silahkan download terlebih dahulu programnya. Setelah programnya sudah ada, silahkan hubungkan printer dengan komputer menggunakan kabel usb. Eittt... satu lagi yang paling penting... Driver printer yang bersangkutan harus sudah terinstal pada komputer.. Setelah  itu ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Pastikan blinkingnya adalah blinking peringatan tinta akan habis bukan karena waste ink yang full. Jika karena waste ink ful pad, silahkan ikuti tutorial pada postingan yang lain di blog ini.
  2. Seperti biasa nyalakan printer kemudian tunggu sampai catridge benar-benar diam dan parkir di sebelah kanan.
  3. Setelah itu buka program adjusment yang biasa digunakan untuk mereset jika waste ink sudah full.
  4. Masih pada program adjusment, pilihlah menu select kemudian pilih jenis printernya. setelah itu pilih menu Particular Adjustment Mode, Pada menu maintenance pilih menu ink charge/ cleaning 
  5. Kemudian setelah terbuka menu ink charge/cleaning, pada pilihan ink charge silahkan pilih head ink charge dan jangan lupa centang pada pilihan NOT increment waste ink pad.. Setelah itu klik  Ink charge.
  6. Pada saat proses Ink Charge sedang berlangsung, dengan cepat silahkan cabut kabel usb dari pc ke printer, kemudian cabut kabel power printer tersebut ( jangan mematikannya lewat tombol power )
  7. Tunggu sekitar 10 detik kemudian pasang lagi kabel power printer dan nyalakan printer dengan menekan tombol power pada printer tersebut.
  8. Langkah selanjutnya perhatikan apa yang terjadi. Di sini ada 2 kemungkinan yang akan terjadi. yaitu Pinter nyala dengan normal ( sudah tidak ada blinking lagi ) dan kemungkinan yang kedua adalah Printer menyala tetapi lampu indikator tinta menyala diam ( indikator tinta sudah habis ).
  9. Jika yang terjadi adalah pada kemungkinan yang kedua yaitu printer menyala tetapi lampu indikator menyala diam, maka cobalah tekan tombol resume ( tombol yang ada indikator tinta ) sekitar 10 detik kemudian lepaskan. biasanya sampai di sini lampu indikator tinta habis sudah tidak menyala lagi. Tetapi jika masih coba tekan lagi tombol resume 5 detik kemudian lepas, langsung tekan lagi 3 detik lepas, tekan lagi 1 detik...
  10. Jika setelah langkah pada poin 9 lampu indikator tinta masih menyala, cobalah  matikan printer setelah itu kemudian hidupkan lagi.
  11. Selesai... Seharusnya sampai tahap ini printer sudah normal kembali tanpa ada indkator tinta habis yang terus blinking.

Sekian tutorial cara mengatasi lampu indikator tinta habis pada printer epson seri L yang menyala terus, sangat mudah bukaan... ??   Saya yakin anda bisa melakukannya. Namun jika masih gagal coba perhatikan lagi setiap poin-nya kemudian lakukan sekali lagi. Jangan takut untuk mencoba.
Akhir kata saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk like, share dan subscribe blog sederhana ini.

2 comments:

  1. Makasih gan tutorialnya, langasung berhasil mantap

    ReplyDelete
  2. thanks gan..., biasanya saya ngerti cara ini dengan rumus 531. tapi berkali-kali saya coba tidak berhasil. di halaman anda ini saya dapat rumus 10, 5, 3, 1..., thanks ya gan...

    ReplyDelete

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon