Monday, November 14, 2016

Penyebab Printer Laser Jet Hp 2035 dan Pro 400 Mengalami Paper Jam

Error paper jam adalah keadaan dimana printer mengalami error yang disebabkan karena tidak tertariknya kertas atau tersangkutnya kertas pada saat printer melakukan proses pencetakan. Error paper jam ini bisa terjadi pada semua printer baik itu printer jenis ink jet maupun printer jenis laser jet. Dan penyebabnya pun sangat beragam, bisa dikarenakan  cara penggunaannya yang kurang tepat atau bahkan adanya kerusakan pada printer tersebut. Untuk paper jam yang disebabkan karena penggunaan yang kurang tepat misalnya penggunaan kertas bekas atau kusut, mengunakan jenis kertas yang salah dan sebagainya yang bisa menghambat proses penarikan kertas pada saat printer melakukan proses pencetakan. Kemudian paper jam yang disebabkan karena ada kerusakan pada printer biasanya terjadi karena ada bagian atau part yang sudah rusak sehingga menyebabkan printer tidak bekerja dengan normal.

Error paper jam yang akan saya bahas di sini adalah paper jam yang terjadi pada printer jenis laser jet Hp seri 2035 dan Pro 400 m401n. Di sini akan dijelaskan penyebab kerusakan atau error serta cara memperbaikinya. Walaupun yang saya bahas lebih khusus kepada kedua jenis printer ini, namun pada dasarnya hampir semua kerusakan paper jam pada jenis printer laser jet bisa dikatakan sama. Jadi penangan atau perbaikannya pun sama. 

Printer Laser Jet Hp 2035n dan Hp pro 400 Kertas Nyangkut atau Paper Jam
( printer 2035n )
Berikut ini ada beberapa jenis paper jam yang sering terjadi pada printer jenis laser jet hp2035 dan Hp pro 401.
  • Kertas tidak tertarik dari tray tempat penyimpanan kertas.
  • Kertas tertarik kemudian kertas nyangkut sebelum masuk daerah pemanas
  • Kertas tertarik kemudian nyangkut di bagian pemanas
Keadaan seperti di atas dapat menyebabkan printer mengalami error dan tidak bisa melakukan proses print. Dan untuk memperbaikinya berikut ini  akan saya jelaskan jenis paper jam, penyebab dan cara penangannya.


Jenis kerusakan paper jam pada printer laser jet hp dan gejalanya.

1. Printer mengalami paper jam karena kerusakan karet roll penarik kertas

kerusakan ini ditandai dengan tidak berhasilnya printer menarik kertas pada saat akan melakukan pencetakan atau print. Kerusakan ini bisa terjadi pada tray atas ataupun tray bawah ( baki tempat penyimpanan kertas). Pada keadaaan ini printer akan berusaha memutar roll penarik untuk menarik kertas sampai beberapa kali namun tidak ada kertas yang tertarik sehingga printer mengalami error paper jam.
Untuk cara perbaikannya cukup mudah yaitu dengan mengganti karet rollnya dengan yang masih bagus atau baru. 

Printer Laser Jet Hp 2035n dan Hp pro 400 Kertas Nyangkut atau Paper Jam
 (roll penarik tray atas)

Printer Laser Jet Hp 2035n dan Hp pro 400 Kertas Nyangkut atau Paper Jam
 (roll penarik tray bawah)

2. Printer mengalami paper jam karena catridge rusak 

Gejala yang muncul pada kasus ini biasanya pada saat printer menarik kertas, kertas akan tertarik seperti biasa tetpi kemudian macet pada saat memasuk area catridge.Kerusakan ini bisa terjadi karena bagian drum yang macet karena terhambat serbuk toner,  atau ada bagian catridge yang patah sehingga menggagu pergerakan kertas pada saat printer melakukan print.

Printer Laser Jet Hp 2035n dan Hp pro 400 Kertas Nyangkut atau Paper Jam
( catridge )
3.  Printer mengalami paper jam karena ada kerusakan pada komponen pada daerah pemanas

Kerusakan ini terjadi pada saat printer melakukan print,, pada awalnya kertas akan masuk ke bagian pemanas namun kemudian berhenti pada saat memasuki komponen pemanas. Biasanya kertas sudah masuk ke daerah pemanas bisa 1/4nya atau 1/2 bagian kertas. Berikui ini beberapa penyebabnya.

a) fuser film sobek
Bisa terjadi karena ada benda tajam masuk bersama kertas pada saat melakukan print sehingga merusak bagian fuser film.

b) Bagian Pressure Roll rusak
Biasanya pressure sudah sobek atau ada bagian yang mengkerut.

c) Pelumas fuser film yang kering atau sudah lengket. 
Biasanya terjadi karena pemakaian printer yang sudah lama sehingga pelumas pada fuser film habis , kering, atau bahkan menggumpal sehingga menggangu pergerakan fuser film,

Untuk cara perbaikannya bisa di lihat di postingan sebelumnya di SINI 

4. Printer mengalami paper jam karena kerusakan pada mekanik penunjang roll penarik kertas.

Komponen atau bagian ini terletak di sebelah kiri dan kanan printer yaitu sebuah kumparan atau spool yang fungsinya mengatus proses pergerakan karet roll penarik kertas pada saat berputar untuk menarik kertas ke dalam bagian pencetakan.
gejala yang timbul pada kerusakan ini adalah sebagai berikut.

a) kertas tidak tertarik pada saat akan melakukan print. 

Pada saat printer melakukan print, karet roll tidak berhasil menarik kertas dan pada keadaan tersebut karet roll penarik hanya satu kali penarikan, berbeda dengan printer normal yang gagal menarik kertas yaitu biasanya setelah karet roll penarik gagal menarik kertas setelah itu karet penarik akan berputar lagi untuk menarik kertas lagi yang kedua kalinya...Namun di sini karet roll penarik hanya melakukan satu kali putaran saja setelah itu ada bunyi TIK...TIK...TIK.TIK.. di sebelah kiri atau kanan printer tergantung letak kertas yang ditariknya sampai akhirnya terjadi error paper jam. Jika kertas di tray 1 (atas) bunyi akan terdengar di sebelah kiri dan kalau tray 2 (bawah) yang digunakan maka bunyi akan terdengar di sebelah kanan.

b) kertas tertarik lebih dari 1 lembar. 

Pada saat melakukan print, karet penarik kertas akan menarik kertas lebih dari 1 lembar. Kertas yang tertarik bisa 2 lembar atau bahkan  lebih . Biasanya setelah kertas yang pertama masuk, penarik kertas akan menarik kertas yang lainya dan seterusnya, sehingga pada saat kertas yang pertama keluar yang lain masih berada di tengah sehingga yang keluar hanya sebagianya saja. Keadaan ini bisa terjadi paper jam tapi pada beberapa kasus tidak tejadi paper jam

Untuk cara perbaikannya silahkan baca artikel ini:


5. Printer mengalami paper jam karena kerusakan pada gear pemutar pressure roll

Bisanya terjadi ketika printer melakukan print tetapi kertas berhenti pada saat menyentuh bagian drum. ini terjadi karena pressure roll tidak berputar pada saat melakukan print sehingga kertas tidak tertarik ke dalam bagian mekanik pemanas. Kerusakan ini terjadi karena lepasnya gear dari dudukan  as pressure roll.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan pada artikel ini, Insya Allah akan saya update jika ada kerusakan lain yang berhubungan dengan paper jam. saya berharap semoga artikel ini bisa bermanfaat buat buat kita ... terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon