Tuesday, December 13, 2016

Cara seting Karet Roll penarik kertas 1390 tanpa bongkar casing

Kembali dengan postingan mengenai kerusakan printer epson untuk tipe epson stylus 1390. Pada postingan ini saya akan membagikan sedikit trik cara mengatasi printer stylus 1390 yang tidak bisa menarik kertas pada saat melakukan print. Kerusakan di sini disebabkan karena ada masalah pada bagian penarik kertasnya bukan karena blinking atau error . Kegagalan menarik kertas oleh karet roll penarik kertas adalah biasanya disebabkan karena kondisi karet roll atau asf yang sudah mulai aus, tipis, atau setingan yang kurang pas. Cara di bawah ini adalah solusi awal atau pertolongan pertama sebelum memutuskan untuk mengganti komponen karet penarik kertasnya dengan yang baru.
Sebelumnya siapkan dulu alat-alat yang diperlukan seperti berikut ini.
  • Sebuah bor listrik untuk melubangi casing printer
Bor listrik akan kita pakai untuk melubangi casing printer bagian depan. Jika tidak ada bor listrik boleh menggunakan alat lain yang penting bisa dipakai untuk melubangi casing atau body printer. Misalnya menggunakan obeng ataupun benda tajam lainnya.
  •  Obeng plus (+) untuk membuka baut
Obeng plus (+) yang akan digunakan haruslah yang mempunya ukuran besar. Obeng ini akan kita gunakan untuk memutar membuka dan mengencangkan baut.

Untuk langkah-langkah cara setingnya bisa diikuti beberapa poin berikut ini.

1. Untuk tahap pertama ambil obeng plus yang sudah disediakan, kemudian buka kedua baut pada casing printer epson 1390 di bagian depan. Letaknya tepat di bagian depan printer bagian atas dan posisinya terletak di sebelah kanan dan kiri. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.

Cara seting Karet Roll penarik kertas 1390 tanpa bongkar casing
Lepas baut casing depan
2. Untuk tahan selanjtnya, buatlah dua lubang sebesar obeng plus yang akan kita gunakan dengan menggunakan bor listirk atau alat lainnya yang telah kita sediakan. Untuk posisi lubangnya kita bisa menentukan letaknya dengan melihat posisi baut yang akan kita geser posisinya. Setelah menemukan posisinya, lubangilah tepat di depan baut tersebut.

Berikut ini gambar yang menunjukan letak posisi baut sebagai acuan kita untuk megetahui posisi lubang yang akan kita buat.

Cara seting Karet Roll penarik kertas 1390 tanpa bongkar casing
( baut sebelah kiri )
Cara seting Karet Roll penarik kertas 1390 tanpa bongkar casing
( baut sebelah kanan )
3. Setelah menemukan posisi yang pas sesuai letak baut, berilah tanda titik supaya kita lebih mudah untuk melubanginya. Sebagai contoh, anda bisa lihat gambar berikut ini.

Cara seting Karet Roll penarik kertas 1390 tanpa bongkar casing
Berilah tanda dengan spidol atau sejenisnya
Cara seting Karet Roll penarik kertas 1390 tanpa bongkar casing
Lubangi dengan bor listrik
Berikut ini contoh gambar printer yang bagian casing depannya sudah kita lubangi, jumlah lubangnya ada 2 buah dan letaknya persis di depan baut setingan penarik kertas.

Cara seting Karet Roll penarik kertas 1390 tanpa bongkar casing
Setelah dilubangi
3. Setelah kita berhasil mebuat lubang pada casing bagian depan printer, langkah selanjutnya  adalah melakukan penyetingan. Untuk cara setingnya bisa diikuti pada poin-poin berikut ini.
  • Ambil Obeng plus yang sudah disediakan, kemudian geser baut pengatur ketinggian karet penarik kertas atau asf roll melalui lubang pada casing bagian depan yang sudah kita buat pada tahap sebelumnya dengan cara melonggarkannya kemudian geser ke bawah atau ke atas sesuai kebutuhan. 
  • Untuk menentukan apakah kita harus menggeser baut ke atas atas atau kebawah, kita bisa mengambil acuan berikut ini. 
  1. Jika pada saat printer menarik kertas dan kemudian kertas yang tertarik banyak misal 4 lembar atau bahkan 10 lembar ( seharusnya kertas yang tertarik adalah 1 lembar ), maka geser bautnya ke atas.
  2. Jika pada saat printer menarik kertas dan kemudian kertas tidak tertarik, atau tertarik tapi error ( kertas tidak terdeteksi) maka geserkan bautnya ke arah bawah. Tentunya Jika masih bisa di geser lagi, jika sudah mentok ke bawah berarti terpaksa kita harus menggantinya dengan yang baru atau memodifikasinya.
Cara seting Karet Roll penarik kertas 1390 tanpa bongkar casing
Putar baut dengan obeng melalui lubang
4. Setelah kita menemukan posisi yang pas untuk letak baut pengatur ketinggian asf roll, Jangan lupa untuk mengencangkan kembali baut yang sudah di geser posisinya tadi.

5. Untuk langkah selanjutnya silahkan tes printer apakah sudah bekerja dengan normal atau masih bermasalah. Untuk cara mengetesnya lakukan seperti point berikut ini.
  •  Siapkan  HVS kemudian letakan pada tempat penyinpanan kertas pada printer. Untuk jumlah lembarnya saya sarankan lumayan banyak misalnya 20-30 lembar.
  • Lakukan pengetesan dengan cara menekan tombol gambar kertas pada printer yang letaknya di sebelah kiri di atas tombol power.
  • Pada saat menekan tombol apakah kertas tertarik dengan normal.. ? 
  • Jika kertas tidak tertarik atau tertarik tapi terjadi error, maka lakukanlah setingan pada baut pengatur ketingian asf roll seperti langkah sebelumnya.
  • Jika pengetesan awal tidak ada masalah, maka lanjutkan dengan pengetesan selanjutnya yaitu dengan mengganti jenis kertas ke jenis yang lebih tebal misalnya menggunakan kertas photo atau yang lainnya. 
  • Jika pengetesan mengunakan jenis kertas yang lebih tebal tidak ada masalah, maka langkah senlanjutnya adalah melakukan pengetesan menggunakan jenis kertas yang ukurannya lebih besar misalnya jenis kertas ukuran A3. 
  • Lakukan pengetesan sampai printer benar-benar normal kembali.
  • Jika tidak ada perubahan sama sekali, langkah terakhir adalah dengan cara menggati komponen karet penarik kertas dengan yang baru dan berkualitas bagus.

6. Cara penyetingan seperti ini juga bisa digunakan ketika kita mengganti karet roll penarik kertas dengan yang baru atau penarik kertas yang bukan original, karena karet penarik kertas yang tidak original biasanya memiliki bentuk atau ketebalan yang berbeda sehingga kita harus menyetingnya.
Sebenarnya tidak masalah jika casing printer masih belum di pasang. Tapi akan sangat repot jika kita ganti roll penarik kemudian printer sudah dirakit lagi dengan casingnya dan pada saat dicoba ada masalah dalam proses menarik kertas, maka kita harus membongkarnya kembali dan itu sangat merepotkan.

6.Untuk karet roll yang sudah lama atau sudah tipis, jika setelah dilakukan penyetingan dibagian ini tidak membuahkan hasil, makan sudah waktunya karet roll penarik kertas tersebut di ganti dengan yang baru.

Mungkin sampai di sini tutorial tentang Cara seting Karet Roll penarik kertas 1390 tanpa bongkar casing, semoga bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung. Jika bermanfaat jangan lupa untuk like, share dan subscribe blog sederhana ini.

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon