December 02, 2016

Memperbaiki Printer Epson L210 Blinking Error Kertas ( Load Paper Error )


Memperbaiki Printer Epson L210 Blinking Error Kertas
Epson L210
Halo sahabat techno kembali lagi saya membuat postingan tentang cara perbaikan printer. Untuk postingan ini saya akan membahas atau membuat sebuah tutorial cara memperbaiki printer Epson tipe L210. Sebenarnya tutorial ini sudah pernah di singgung pada postingan sebelumnya, namun pada kesempatan ini saya akan membahasnya lebih khusus ke tipe printer Epson L210.
Printer Epson L210 adalah jenis printer ink jet yang dilengkapi dengan scaner. Salah satu kerusakan atau error yang sering dialami oleh printer ini adalah tidak terdeteknya kertas pada saat melakukan print. Tidak terdeteksinya kertas pada printer saat melakukan proses print, akan menyebabkan printer mengalami error. Adapun error ini juga ditandai dengan berkedipnya lampu indikator kertas serta muncul pesan error pada komputer yang terhubung ke printer tersebut.
Untuk memperbaikinya kita perlu menganalisanya terlebih dahulu supaya mempermudah kita dalam proses perbaikannya. Oleh karena itu pada postingan ini saya akan menjelaskan beberapa gejala yang muncul serta langkah perbaikannya. Dan berikut ini adalah beberapa gejala kerusakan yang sering muncul pada kerusakan ini
  • Pada saat dinyalakan, printer bekerja secara nolmal sampai kemudian printer tersebut standby
  • Pada saat melakukan print, printer seperti biasa kertas tertarik ke area pencetakan tapi kemudian printer tidak mencetak.
  • Kertas yang tertarik kemudian keluar, tapi setelah setengah bagiannya keluar, kertas berhenti dan terjadi blinking yaitu lampu indikator paper jam berkedip.
Memperbaiki Printer Epson L210 Blinking Error Kertas
( kerta keluar sebagian )
  • Pada saat terjadi error, akan  muncul notifikasi " paper out or incorrect loading " pada komputer yang terhubung dengan printer yang error tersebut.
Memperbaiki Printer Epson L210 Blinking Error Kertas
muncul pesan error pada komputer
  • Pada saat lampu indikator paper jam berkedip atau printer dalam keadaan error, jika printer tersebut dimatikan, maka kertas akan kembali bergerak dan keluar sepenuhnya dari area pencetakan. Setelah itu printer kembali standby.
  • Jika printer melakukan print, maka akan kembali error seoerti sebelumnya.
Untuk cara perbaikannya, silahkan perhatikan tutorila berikut ini.

1. Seperti biasa bongkar terlebih dahulu printernya.
Pada kasus ini kita hanya perlu membongkar bagian scanernya saja. Untuk langkah-langkahnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Bukalah kedua baut yang berada pada casing bagian atas. Letaknya berada pada pojok atas sebelah kiri dan kanan. Untuk membukanya, gunakanlah obeng plus

Memperbaiki Printer Epson L210 Blinking Error Kertas
( buka baut atasnya )
  •  Setelah itu angkat bagian scanernya dan bukalah baut yang berapa dibawah scaner sebelah kanan
Memperbaiki Printer Epson L210 Blinking Error Kertas
( buka baut yang dilingkari )
  • Kemudian lepas bagian scaner dari dudukannya. Caranya dengan cara mengangkatnya ke atas supaya terlepas dari penguncinya. Lakukanlah dengan perlahan dan hati-hati.
Memperbaiki Printer Epson L210 Blinking Error Kertas
( angkat dengan perlahan )
  • Langkah selanjutnya, sambil memegang bagian scaner, bongkarlah casing yang berada tepat di bawah bagian scaner. Bagian casing ini bentuknya kecil memanjang dan berfungsi untuk menutupi bagian motehrboard. Tujuan melepas bagian ini adalah supaya memudahkan kita untuk melepas kabel data yang menghubungkan scaner dengan mainboard printer. Untuk lebih jelasnya bisa diperhatikan pada gambar di bawah ini.
Memperbaiki Printer Epson L210 Blinking Error Kertas
( lepas bagian yang diberi tanda anak panah )
  • Kemudian lepas kabel data yang menghubungkan scaner dengan mainboard printer. Pada proses melepasnya lakukan dengan perlahan dan hati-hati karena bagian ini rentan rusak. Setelah itu kemudian lepas bagian scanernya.
Memperbaiki Printer Epson L210 Blinking Error Kertas
( lepas kable flexibelnya )
2. Setelah bagian scaner berhasil dilepas untuk langkah selanjutnya perhatikan area yang diberi tanda panah, di situ terletak sebuah sensor kertas. Sensor inilah yang akan mendeteksi masuk tidaknya kertas ke area pencetakan. Jika ada masalah pada sensor ini maka kertas yang masuk ke area pencetakan tidak akan terdeksi dan menyebabkan printer gagal print atau error. Selain itu  perhatikan juga apakah ada benda asing seperti potongan kertas, isi staples atau sebagainya yang megganggu gerak sensor kertas.

Memperbaiki Printer Epson L210 Blinking Error Kertas
( perhatikan semua bagian pada gambar yang diberi tanda panah ) 
3.  Pada kasus yang saya alami di sini adalah lepasnya sensor kertas dari dudukannya sehingga pada saat kertas tertarik dan masuk ke area pencetakan, kertas tersebut tidak terdeteksi oleh sensor dan mengakibatkan terjadinya error pada saat printer melakukan proses print. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut. Pada gambar terlihat jelas bahwa sesor kertas terlepas dari dudukannya.

Memperbaiki Printer Epson L210 Blinking Error Kertas
( dudukan sensor lepas )
4. Pasang kembali sensor kertas pada dudukannya. Setelah itu rakit kembali printer seperti semula 
5. Setelah di tes, printer kembali normal seperti sedia kala.

Memperbaiki Printer Epson L210 Blinking Error Kertas
( setlah diperbaiki normal kembali )
Catatan : Kasus ini tidak hanya terjadi pada printer jenis ini, tetapi hampir semua printer seri L banyak yang mengalami kasus seperti ini seperti L110, L300, L310, dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya bisa disimak tutorialnya dalam bentuk video berikut ini


Mungkin itu saja tutorial pembahasan kerusakan pada printer jenis epson L210, semoga bisa bermanfaat untuk semuanya. Dan saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung ke blog saya yang sederhana ini. Jangan lupa untuk like, share dan subscribe blog ini. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.

Baca juga :

Artikel Terkait

6 komentar

ada solusi lain lagi gak mas...udah saya ganti tetep aja ...4 kali print eror lagi

yang diganti komponen apanya gan ?

thanks gan...

Terimakasih gan, tapi karena baru pertama bongkar printer jadi belum tahu letak yang seharusnya. Yang penting sudah bisa dulu

mantapp. makasih gan,,,,,, working

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Menngunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon