Mengenal Sistem Komputer

Pengertian dan Komponen dari Sistem Komputer


Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi. Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.
Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.

Komponen dari Sistem Komputer


Elemen atau komponen dari sistem komputer terdiri dari manusia (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.

Pengertian dan Komponen dari Sistem Komputer
 ( Komponen Komputer )


A.HARDWARE


Hardware adalah perangkat keras komputer yang terdiri dari 3 unit utama yaitu Input Unit, Processing Unit dan Output Unit.

1. Input Unit
Input Unit merupakan bagian dari perangkat keras yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data dan lain sebagainya ke dalam komputer. Perangkat yang termasuk ke dalam input unit diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Keyboard 
  • Mouse 
  • Camera digital 
  • Scanner 
  • Web Camera 
  • Joystik 
  • Microphone 
  • dll

2. Processing Unit
Processing unit biasa juga di sebut CPU (Central Processing Unit) yang merupakan jantung dari komputer. Bagian ini melakukan pekerjaan utama seperti proses, perhitungan, logika, kontrol,pengaturan hubungan kinerja natar komponen serta mengalokasikan tempat sementara maupun permanen.
 
Pengertian dan Komponen dari Sistem Komputer
Secara umum CPU mempuyai 3 komponen utama yaitu:

- Aritmetic dan logical Unit (ALU)
Tugasnya adalah melakukan perhitungan yang bersifat aritmatik serta melakukan keputusan dari operasi logika dan manipulasi bit sesuai dengan instruksi program.

- Control Unit
Tugasnya mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer serta mengatur kapan alat input menerima dan kapan alat output menampilkannya di monitor (Intruction Cycle)

- Main memory (main storage)
merupakan tempat atau media yang digunakan untuk menyimpan data yang akan atau sedang diolah sistem komputer. Main Memory terbagi menjadi 2 bagian yaitu:
  1. ROM (Read only Memory), ROM merupakan memori permanen yang terdapat pada sistem komputer yang sudah disusun   dan dibuat oleh pabrik, biasanya tidak bisa diubah oleh user komputer. Rom terdiri dari program pokok untuk konfigurasi sistem komputer sepeti BIOS, BASIC dan BootSrap Loader. Sekarang ini ROM yang dipakai untuk bios menggunakan teknologi CMOS ( Complementary Metal Oxide Semiconductor), yang dapat mengubah konfigurasi BIOS bila perlu sehingga pemakai komputer dapat mengubah sistem BIOS. ROM tetap berada di dalam komputer pada saat apapun. Sinyal di dalam ROM ini yang mengatur segala tugas CPU saat komputer mulai diaktifkan.
    Pengertian dan Komponen dari Sistem Komputer
  2. RAM (Random Access Memory), Semua data yang dimasukan melalu alat input pada setiap aplikasi akan dimasukan terlebih dahulu ke dalam main memory ini. Data-data yang terdapat dalam ram ini hanya bersipat sementara. apabila komputer dimatikan, maka data tersebut akan hilang.
    Pengertian dan Komponen dari Sistem Komputer

3. Output Unit
Output unit merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyajikan output dari proses yang sedang bekerja pada komputer. device yang termasuk ke dalam output unit ini adalah diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Monitor
  • Printer
  • Projector
  • speaker
  • dll

B. SOFTWARE


Software atau perangkat lunak berfungsi sebagai pengatur kerja komponen dan semua instruksi yang mengarah pada sistem komputer. Perangkat lunak menjembatani interaksi user dengan komputer yang hanya memahami bahasa mesin. Secara Umum perangkat lunak dibagi menjadi menjadi 2 yaitu:
  1. Operating System
  2. Application  System

Sistem Operasi ( Operating System )

Operating System merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengkonfigurasi komputer agar dapat menerima perintah dasar yang diberikan sebagai masukan atau input. yang termasuk kedalam operating system diantaranya adalah MS-DOS, LINUX, UNIX, FREE BSD, OS/2, SUN (java), Windows, Macintosh, Novell, dan untuk sekarang ini ditambah lagi OS Android, Blackberry, windows mobile yang digunakan pada perangkat mobile.

Pengertian dan Komponen dari Sistem Komputer
Operating System

  1. Sistem Operasi Windows Windows adalah sebuah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antar muka dengan berbasikan GUI (GraphicalUser Interface) misalnya Ms-Dos, windows 98, windows xp, windows 7, windows 8, dan windows 10 
  2. Sistem Operasi Linux Linux merupakan kloningan dari MINIX (turunan dari UNIX). Sistem operasi ini juga terkenal dan banyak orang yang menggunakannya. Linux disusun berdasarkan standar Sistem Operasi POSIX yang diturunkan dari UNIX itu sendiri. Ada beberapa macam Distro Linux, seperti : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, RedHat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu.
  3. Sistem Operasi MACINTOSH (mac OS), Mac OS diciptakan oleh perusahaan Apple Inc. dengan desain yang elegan tapi mudah digunakan oleh pengguna. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan GUI (Graphical User Interface).  Kata Macintosh diambil dari nama apel kesukaan Jef raskin, McIntosh. Diperkenalkan pada tahun 1984, dan menjadi salah satu raksasa penguasa Operating System sekarang. Sejak tahun 2006, MAC OS telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur Power PC maupun x86.
  4. Sistem Operasi Symbian Symbian adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan pada peralatan bergerak atau ponsel. Jenis Os ini mudah kita temui di ponsel-ponsel produk nokia dan beberapa produk Sony. Akan tetapi sekarang Pamor dari OS ini sedikit bergeser karena kalah popular dengan beberapa os baru seperti android.
  5. Sistem Operasi Android, Android adalah Os linux yang dikembangkan dan di buat untuk aplikasi Mobile atau ponsel. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Android sendiri sudah mengalami banyak perubahan.
  6. System operasi Palm Palm adalah Os untuk mobile yang dikembangkan oleh Palm, Inc. Yaitu sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Contoh produk yang menanamkan sistem operasi Palm adalah Palm Treo 680 Smartphone ini menggunakan system operasi Palm, yaitu Palm OS 5.4.9 dengan prosesor Intel PXA270, 312MHz. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express, Microsoft Media Player, Palm files, PDF viewer, Adobe Acrobat reader, eReader, Pocket Tunes, dan Document To Go.
  7. System Windows Mobile Windows Mobile adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Microsoft untuk peralatan bergerak (mobile). Pertama kali Windows Mobile muncul sebagai sistem operasi Pocket PC 2000, sebagian besar perangkat yang menggunakan Windows Mobile memiliki stylus pen yang digunakan sebagai alat untuk memberi perintah dengan menyentuhkannya pada layar
  8. Sistem Operasi BlackBerry BlackBerry OS adalah sebuah Sistem Operasi Mobile yang dikembangkan oleh Research In Motion untuk perusahaan BlackBerry garis smartphone untuk perangkat genggam. Sistem operasi ini menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan dalam handheld, khususnya trackwheel, trackball, dan yang paling baru, yang trackpad dan touchscreen.

Perangkat Lunak Aplikasi ( Application  System )

Merupakan program siap pakai yang digunakan untuk aplikasi di bidang tertentu. Aplikasi ini dibagi menjadi beberapa bidang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Busines & Office Aplication
Adalah aplikasi perkantoran yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor seperti mengetik (word processing,document management), membuat tabel (worksheets), membuat database (Ms-acces) atau bahkan atau mengolah image sederhana. Contoh aplikasi perkantoran adalah Micsosoft Office, Koffice, StarOffice, WPS office, dll.

2. Database Aplication
Digunakan untuk pengolahan data baik yang berukuran kecil maupun besar yang bisa digunakan secara tunggal (standalone) ataupun dalam sistem jaringan lokal client server maupun webbase. yang termasuk ke dalam database aplication diantaranya adalah MS SQL, Fox Base, Oracle, MySQL, SQL Server, dll.

3. Grafic Design
Digunakan untuk membuat sketsa atau gambar dua atau tiga dimensi untuk design ruangan , model mesin industri, model tubuh manusia  serta pengolahan image, audio, video manipulator,  animasi dan sebagainya. yang termasuk ke dalam grafic design diantanya adalah AutoCad, CorelDraw, Adobe Ilustrator, Adobe Photoshop, 3D Max, dan banyak lagi.

4. Anti Virus & Utility Tools
Digunakanuntuk aplikasi minor yang bekerja di belakang sistem untuk  meningkatkan kinerja sistem operasi atau aplikasi serta performa hardware.

5. Development Tool
Merupakan sistem bahasa pemrograman komputer yang dilengkapi kompiler tertentu sebagai sumber media penyusunan program aplikasi contohnya: QuickBasic, Clipper, Visual Basic, Visual C++, Turbo Assembler, Phyton, dll

6. Comunication Aplication
Aplikasi yang dibangun untuk membangun komunikasi antar satu komputer dengan komputer laindalam jaringan komputer lokal maupun global. contohnya: E-mail, Remote Acces, Web Browser, dll

7. Aplikasi Lainya
  • Multimedia 
  • hack tools
  • Network & security Aplication  
  • PC Game Aplication

C. BRAINWARE


Adalah orang-orang yang bekerja secara langsung dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu, ataupun orang-orang yang tidak bekerja secara langsung menggunakan komputer, tetapi menerima hasil kerja dari komputer yang berbentuk laporan.

Pengertian dan Komponen dari Sistem Komputer
Brainware
Yang termasuk ke dalam kategori bainware adalah sebagai berikut.
  • CEO (Chief Executive Officer) : Orang yang paling bertanggung jawab  atas pengembangan sistem dan IT pada perusahaan. 
  • System Analyst : Orang yang bertugas mempelajari, menganalisa, merancang dan membentuk suatu system atau prosedur pengolahan data secara elektronik berdasarkan aplikasi yang dipesan oleh pemakai jasa komputer.
  • Programmer  : Orang yang menyusun  instruksi atau program pada komputer dengan menggunakan bahasa pemroaraman tertentu.
  • Operator  : Orang yang bertugas mempersiapkan komputer untuk memproses suatu program mulai dari menghidupkan komputer, menjalankan komputer (mengoperasikan program-program komputer / aplikasi komputer)
  • Network Analist : Orang yang merancang sebuah topologi jaringan komputer baik itu intranet maupun internet.
  • Administrator System : Orang yang menangani fingsi manajerial sistem pada suatu jaringan komputer, melindungi dan memelihara koneksi antar komputer terutama server.
  • Netwok Engineer : Orang yang membangun dan memelihara jaringan komputer 
  • Cabling Instalation Technician : teknisi instalasi perkabelan
  • Web Designer: Orang yang menangani pembuatan tampilan informasi pada media internet 
  • Technical Engineer : Orang yang menangani masalah yang terjadi pada komputer secara teknis baik itu mengenai hardware maupun software
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai sistem komputer, semoga bisa bermanfaat buat para pembaca, dan saya mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan artikel di atas. Terima kasih sudah berkunjung.

0 Response to "Mengenal Sistem Komputer"

Post a Comment

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel