Cara Mengganti Mainboard Printer EPSON

Mengganti mainboard atau motherboard sebuah printer  adalah jalan terakhir  setelah dilakukan perbaikan pada mainboard printer tersebut  atau  sudah  tidak mungkin lagi di perbaiki karena berbagai kondisi seperti spare part yang tidak ada di pasaran, tidak menemukan komponen penyebab kerusakan,  atau bahkan karena kondisi mainboard printer yang sudah rusak parah seperti terbakar atau patah. Selain itu juga untuk mempercepat proses perbaikan printer yang mengalami masalah atau kerusakan pada bagian mainboard.
Proses penggantian mainboard ini tidak semata-mata kita langsung mengganti mainboard dan masalah pun beres. Namun ada beberapa langkah yang harus dilakukan supaya mainboard bekerja dengan normal. Dan pada artikel ini saya akan menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan ketika kita mengganti mainboard pada printer epson. Untuk langkah-langkah cara pengantian mainboard pada printer epson ini, saya akan golongkan menjadi tiga  bagian yaitu :
  • Mengganti mainboard printer epson dengan mainboard  bekas dan dengan tipe yang sama
  • Mengganti mainboard printer epson dengan mainboard yang bekas dan dengan tipe yang berdeda
  • Mengganti mainboard printer epson dengan mainboard yang baru.
1. Mengganti mainboard dengan mainboard bekas dan dan dengan tipe yang sama

Mengganti mainboard printer epson dengan mainboard bekas dan dengan tipe yang sama menurut saya pilihan yang paling tepat, karena selain harganya yang terjangkau, kita juga tidak perlu melakukan setingan apapun. Dengan menggunakan mainboard bekas berarti sudah pasti mainboard tersebut masih berjalan dengan normal. Namun ada satu syarat jika kita memilih menggunakan mainboard yang bekas yaitu kita harus paham dan tau tentang mainboard bekas yang berkualitas. Untuk mengetahui bagus atau jeleknya sebuah mainboard, selain dari fungsinya yang masih normal, kita juga harus melihat fisik dari mainboard itu sendiri apakah sudah dimodifikasi, atau masih original.  Lihat juga dari solderannya, apakah hasil perbaikan atau masih original. Namun saya sarankan pilihlah mainboard yang masih original dan belum pernah diperbaiki.

2. Mengganti mainboard dengan mainboard bekas dengan tipe yang berbeda

Ini adalah pilihan terakhir jika mainboard jenis printer yang kita perbaiki tidak ada  atau jarang ada yang menjual. Untuk cara ini ada beberapa hal yang harus kita perhatikan seperti berikut ini.
  • Jenis mainboard yang kita pilih harus sama. Harus sama di sini dalam artian bahwa bentuk dan komposisi komponen yang ada pada mainboard haruslah sama. Misalnya Epson T11 dengan C90 , L100 dengan T13 , L300 dengan L110, L210,L310 dsb.
  • Harus mempunyai keterampilan menggunakan solder. Ini diperlukan jika kita menginginkan tipe printer epson yang kita perbaiki sama dengan tipe sebelumnya. misalnya kita akan mengganti mainboard epson T11 dengan mainboard C90, maka kita harus memindahkan ic eeprom yang lama (t11) ke mainboard yang baru (c90). Sebenarnya tidak dipindahkan juga tidak ada masalah ke fungsinya namun tipenya saja yang berubah sehingga harus mengainstal driver yg baru sesuai dengan mainboard yang baru kita pasangkan.
3. Mengganti mainboard printer epson dengan mainboard yang baru.

Untuk mengganti mainboard printer epson dengan menggunakan mainboard yang baru, maka kita harus melakukan beberapa setingan sebelum printer bisa digunakan. Sebenarnya secara pemasangan  mainboardnya sama seperti memasang mainboard yang bekas. Tetapi Untuk mainboard yang masih baru diperlukan setingan setelah dipasang supaya bisa bekerja secara normal. Hal ini karena biasanya untuk mainbord printer yang baru IC eepromnya masih dalam keadaan kosong ( belum dikonfigurasi ) sehingga kita harus melakukan restore epromnya secara manual dengan menggunakan Adjustment Program Epson

Cara Mengganti Mainboard Printer EPSON
Mainboard printer epson
catatan :Dalam melakukan backup-restore eeprom, kita tidak memerlukan mainboard yang lain yang sudah terisi tetapi hanya cukup dengan program adjustment saja.

Untuk Langkah-langkah restore bisa diikuti beberapa langkah sebagai berikut :
  • Setelah mainboard terpasang, perhatikan semua kabelnya yang terhubung ke mainboard seperti kabel head, kabel power motor dan sensor. Pastikan dalam keadaan terhubung sempurna.
  • Hubungkan  printer dengan komputer menggunakan kabel USB. Dan jika ada printer lain yang terhubung ke  komputer sebaiknya di lepaskan dulu kabel USBnya.
  • Buka Adjustment Program sesuai dengan tipe mainboard. Untuk jenis printer seri lama, maka harus dilakukan seting tanggal terlebih dahulu sesuai program adjustment. Misalnya untuk tipe Epson 1390. 
  • Pada tutorial ini saya mengambil contoh mainboard printer Epson tipe L110  dan menggunakan Pc dengan OS windows 10.
    Cara Mengganti Mainboard Printer EPSON
    Program Adjustment
  • Kemudian pilih menu Select , setelah itu akan muncul menu pilihan jenis printer. Silahkan  pilih jenis tipe yang kita ganti mainboardnya ( tipe printer yang dipilih adalah tipe mainboard yang dipakai )
    Cara Mengganti Mainboard Printer EPSON
    ( memilih jenis printer )
  • Setelah itu akan muncul jendela berikutnya  kemudian pilih menu Particullar Adjustment mode.
    Cara Mengganti Mainboard Printer EPSON
    ( silahkan klik particular adjustment mode )
  • Untuk Langkah berikutnya adalah proses yang penting yaitu proses backup - restore eeprom. Yaitu dengan memilih menu EEPROM Data Copy. Untuk cara backup-restorenya, anda tinggal pilih tombol backup kemudian pilih restor. Jika muncul perinter untuk mematikan printer, silahkan matikan kemudian hidupkan lagi. Kemudian pilih finish.
    Cara Mengganti Mainboard Printer EPSON
    ( klik Backup kemudian restore )
  • Setelah proses backup restore eeprom, langkah selanjutnya adalah initial setting. Masih pada program adjustment, pilihlah menu initial setting.
    Cara Mengganti Mainboard Printer EPSON
    ( pilih menu initial setting )
  • Pada menu initial setting, silahkan masukan serial number printernya. Untuk mengetahui serial number ini, silahkan lihat pada bagian casing printer ( serial number ini tidak muntlak harus sama, yang penting ada value yang dimasukan . Untuk memasukan serial numbernya, silahkan masukan serial number pada kotak yang sudah disediakan, kemudian klik menu perform. Setelah itu restart printernya.
    Cara Mengganti Mainboard Printer EPSON
    ( masukan serial number )
  • Setelah langkah input serial number selesai, nanti akan muncul proses instalasi driver sesuai jenis printernya. Silahkan tunggu sampai proses instalasinya beres. Jika drivernya belum ada di komputer, silahkan instal drivernya.
    Cara Mengganti Mainboard Printer EPSON
    ( proses instalasi driver )
  • Untuk langkah terakhir, silahkan test printernya apakah sudah berfungsi dengan normal. Yang harus dicek di sini adalah head clening, test print, dan kualitas hasil print. Jika sudah berfungsi dengan normal, berarti printer sudah siap untuk digunakan.    
Catatan : Bedasarkan pengalaman, setelah penggantian mainboard, biasanya hasil print akan sedikit membayang. Untuk cara mengatasinya bisa dilakukan dengan seting Alignment.

Silahkan dibaca: Cara seting Alignment Printer Epson

Itulah tutorial cara mengganti mainboard printer epson. Jika ada yang kurang dipahami, anda bisa bisa menulisnya pada bagian komentar yang sudah disediakan atau menghubungi melui form kontak yang sudah disediakan. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

15 Responses to "Cara Mengganti Mainboard Printer EPSON"

  1. Klo ganti mobo L310 ke L300 bisa ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas.. Nanti eeprom yg L310nya pindahi juga ke mobo yg baru supaya tetep jadinya L310.. Untuk printer seri L110, 300,310 mobonya sama, termasuk L210 juga bisa dirubah jadi L110,L300,L310. Yg

      Delete
  2. siang gan, apakah punya file eeprom bkupdata punya epson l210? thx informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf gan, kebetulan belum memmbackupnya..

      Delete
    2. selain cara backup, adakah cara lain gan, untuk meresetnya?? mohon infonya

      Delete
    3. File backup bin file nya ? Atau file eep? Kalau untuk reset bisa pakai reseter,, atau reset apanya ?

      Delete
    4. file eep nya gan,. kya nya printer saya nnge reset seperti permsalahan ketika ganti motherbord baru, diketerangan printer is busy,.

      Delete
    5. Maaf.baru kebuka comennya,, untuk file eep nanti dicariin printenya, kalau ada saya backup dl..

      Delete
    6. mohon maaf gan doni, Untuk printer L210 belum ada yg service lagi jadi belum bisa backup

      Delete
  3. siang gan, saya sudah ikuti langkah langkah diatas tetapi teteap tintanya gak keluar sedikitpun, kira kira apanya ya gan?

    ReplyDelete
  4. o ya ga printer saya epson l350

    ReplyDelete
  5. mas printer saya L300 mainboardnya saya ganti L110 baru,
    kok saat ngeprint ga bisa ya, kertasnya nyangkut

    ReplyDelete
  6. mas mau nanya nih mau cek fuse/sikring epson sp1390 karna cartridge tidak terdetek,chip kartrudge baru chip detector baru,mau choba ngecek fusenya,bisa kasih petunjuk untuk buka mainboarnya...?sebelumnya terima kasih banyak

    ReplyDelete
  7. gan klo mobo epson l200 bisa di ganti epson l220?

    ReplyDelete

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel