Friday, March 10, 2017

Cara Membongkar Print Head EPSON 1390

Cara Membongkar Print Head EPSON 1390 - PRINT HEAD adalah salah satu komponen yang memegang peran yang sangat penting dalam sebuah printer atau bahkan bisa disebut paling penting. Memang semua komponen yang ada dalam sebuah printer semuanya sangat penting karena semua komponen saling melengkapi dan berhubungan satu sama lain sehingga membetuk sebuah perangkat bernama printer. Namun ujung tombak dari semuanya adalah komponen Print head. Print head inilah yang menentukan bagus tidaknya hasil print sebuah printer.

Print Head pada sebuah printer merupakan komponen yang bersifat usable artinya komponen ini akan mengalami penurunan kemampuan seiring dengan umur dan frekuansi penggunaan. Semakin tinggi frekuensi penggunaan maka semakin pendek umur dari komponen print head tersebut. Selain itu juga umur sebuah print head dipengaruhi oleh pengunaan tinta yang dipakai. Jika menggunakan tinta yang kualitasnya jelek, makan akan memperpendek umur sebuah print. head.

Baca Juga


Sekilas tentang Teknologi Pada Print Head EPSON

Dalam sebuah print head EPSON menerapkan sebuah teknologi yang bernama Printhead Micro Piezo. Teknologi Micro Piezo, adalah tekanan mekanik yang dihasilkan oleh elemen piezo yang mengubah bentuk sebagai sinyal listrik. Tekanan Mekanikal Piezo digunakan untuk mendorong tinta keluar dan di semprotkan ke atas kertas dan media lainnya. Teknologi Epson Micro Piezo bekerja mendorong tinta keluar dari nozzle printhead. Elemen yang terbuat dari bahan membran ini akan bergerak secara mekanik yang menyebabkan jumlah tinta yang dari ruang tinta akan ditarik ke dalam ruang tembak sebelum didorong keluar dari nozzle dengan kecepatan tinggi. Proses ini berbeda dengan teknologi Thermal Inkjet yang digunakan oleh Produsen printer lain sepeti HP dan Canon di mana gelembung udara yang dihasilkan oleh panas tinta menyebabkan tekanan tinggi sehingga Tinta dapat di semprot keluar melalui partikel Nozzle Printhead pada kertas atau media

Kelebihan Print Head Epson dibanding dengan Print head lain yang menggunakan sistem Thermal inkjet

Dengan menggunakan teknologi ini atau Teknologi Epson Micro Piezo maka ada beberapa kelebihan dibanding dengan teknologi thermal Inkjet yang diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Hasil cetakan yang lebih tajam. Hal ini karena dengan menggunakan teknologi micro piezo mampu menyemprotkan tetesan tinta pada kecepatan yang sangat tinggi dengan ukuran yang berbeda dari setiap nozzle yang sama di printhead. Hal ini memungkinkan Printer untuk menciptakan gradasi halus, dan mencapai tingkat kualitas gambar yang tinggi
  • Umur Head lebih tahan lama. Hai ini karena operasi suhu yang digunakan cukup rendah berbeda dengan teknologi thermal inkjet 
  • Fleksibilitas penggunaan tinta. Teknologi micro piezo ini mendukung berbagai jenis tinta
  • Hemat energi. Teknologi micro piezo ini menggunakan daya yang lebih kecil dibandingkan dengan teknologi thermal.
Itulah sekilas tentang terknologi print head yang dimilili Print head Epson. Sekarang kita fokus pembahasan sesuai judul artikel ini yaitu Cara Membongkar Print Head EPSON 1390. Membongkar print head memang akan diperlukan ketika kita dipaksa untuk mengganti komponen tersebut. Meskipun teknologi yang digunakan cukup canggih dan print head epson ini juga termasuk print head yang berumur lebih lama jika dibandingkan dengan pesaingnya. Namun seiring berjalannya waktu, makan fungsinya-pun akan menurun atau bahkan pada banyak kasus mengalami konslet sehingga mengakibatkan kerusakan yang lebih kompleks karena bisa merembet ke komponen yang lainnya termasuk mainboard. Selain itu juga membongkar komponen print head ini harus dilakukan ketika akan melakukan perbaikan pada komponen print head tersebut misalnya kareana nozle-nya mampet atau kering.

Cara Membongkar Print Head EPSON 1390
Bongkar print head Epson 1390

Cara membongkar print head Epson 1390

Artikel tentang cara membongkar print head 1390 ini saya tujukan buat para pembaca yang memang sebelumnya belum pernah membuka atau membongkar print head model printer yang satu ini dan mungkin merasa kesulitan ketika membongkarnya. Sebelumnya perlu diperhatikan bahwa saat membongkar bagian ini, harus dilakukan dengan hati-hati karena komponen ini termasuk komponen yang sensitif dan harganya-pun cukup mahal.
Tujuan dari proses pembongkaran atau melepas print head epson 1390 ini adalah ketika kita akan mengganti print head epson 1390 misalnya ketika head sudah rusak seperti head mampet atau cetakan cacat atau juga pada saat print head konslet pada printer epson Anda

Berikut ini beberapa langkah-langkah cara membongkar komponen Print Head pada printer Epson model 1390. Silahkan di simak.
  • Untuk langkah pertama, silahkan bongkar casing printer terlebih dahulu supaya kita lebih leluasa pada saat membongkar print head-nya.
  • Selanjutnya buatlah sebuah alat yang akan kita gunakan untuk membuka komponen CSIC Board ( detektor chip catridge ). Selain pakai alat ini juga kita bisa menggunakan pinset namun sedikit susah pada saat menggunakannya. Untuk membuat alat ini, carilah sebuah paper clip yang berukuran cukup  besar kemudian ambil bagian kawatnya dan bentuk seperti pada gambar
Cara Membongkar Print Head EPSON 1390
CSIC Removal Tool

Cara Membongkar Print Head EPSON 1390
 Alat untuk membuka chip
  • Setelah alat untuk membuka board CSIC selesai. Sekarang bongkar dulu penutup kabel fleksibel yang terhunbung ke board CSIC dan ke Print Head. Caranya dengan mencongkel pengaitnya. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut ini. Gunakan obeng min kecil atau pinset.
Cara Membongkar Print Head EPSON 1390
Membuka penutup kabel
  • Masih fokus pada bagian penutup kabel, sekarang kita membuka pengait penutup kabel yang berada sebelahnya.
Cara Membongkar Print Head EPSON 1390
Membuka penutup kabel
  • Setelah kedua pengait penutup kabel terlepas, sekarang masih pada bagian penutup kabel, kita tekan pengait bawahnya dengan obeng atau pinset setelah itu angkat penutup kabelnya. Pada saat mengangkat penutup kabel, lakukan dengan hati-hati karena biasanya menyebabkan kabel fleksibel yang ke Board CSIC ikut terangkat atau bahkan sobek.
Cara Membongkar Print Head EPSON 1390
Membuka penutup kabel
  • Jika bagian penutup kabel sudah terbuka, sekarang kita beralih untuk melepas bagian CSIC. Cara melepasnya yaitu dengan menggunakan alat yang sudah kita buat tadi. Silahkan tekan titik pengait bagian CSIC dengan menggunakan ujung alat yang sudah kita buat tadi sampai terdengar bunyi KLEK. Setelah itu angat ujung bagian CSIC-nya ke atas ( angkat sedikit saja )
Cara Membongkar Print Head EPSON 1390
Membuka chip
  • Lngkah selanjunya masih pada proses melepas bagian CSIC pada sisi sebelah kanan. cara membukanya sama dengan cara membuka sisi kirinya. Jika pengait pada kedua sisinya sudah lepas, silahkan angkat bagian CSIC tersebut. Untuk kabelnya tidak perlu dilepas.
Cara Membongkar Print Head EPSON 1390
Membuka chip
  • Langkah selanjutnya adalah membongkar print head dari dudukannya atau dari rumah catridge. Cara membukannya adalah dengan melepas tiga buah baut penguncinya. Untuk membuka baut  tersebut, gunakan obeng plus yang berukuran kecil. Jika ketiga baut sudah dibuka, silahkan angkat print head-nya dengan hati-hati.
Cara Membongkar Print Head EPSON 1390
Membuka baut print head
  • Berikut ini gambar setelah print head berhasil di lepas dari dudukannya. Jika print headnya sudah rusak parah, silahkan ganti dengan print head yang masih bagus atau print head yang baru.
Cara Membongkar Print Head EPSON 1390
Print head 1390
Itulah tutorial cara membuka atau membongkar print head printer Epson 1390. Jika ada yang kurang difahami, silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat buat pembaca semuanya. Akhir kata saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa untuk like, share dan subscribe blog sederhana ini. 

1 comment:

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon