March 14, 2017

Cara Mengatasi Tinta Sering Tidak Terdeteksi Pada Printer 1390

Setelah sebelumnya saya membuat sebuah artikel tentang pembahasan mengenai tidak terdeteksinya tinta pada printer epson, pada kesempatan ini saya masih akan membahas hal yang sama yaitu tinta yang tidak terdeteksi pada printer epson. Namun pada artikel ini yang akan dibahas lebih khusus ke salah satu printer epson dengan model Stilus Photo 1390.  Sebenarnya artikel ini adalah jawaban dari pertanyaan sahabat saya mengenai printer  Epson 1390 di rumanya ... Pertanyaannya kurang lebih seperti ini.. 

" Kang kenapa ya printer Epson 1390 saya di rumah sering sekali tintanya tidak terdetekasi.. ? Baru print 2 lembar tintanya sudah tidak terdeteksi lagi. Setelah saya reset melalui tombol yang ada pada chip catridge dan tombol tinta yang dekat tombol power langsung terdeteksi lagi tintanya. Namun pada saat dipakai kadang langsung tidak terdeteksi lagi dan itu itu sering sekali.. dan bahkan tinta sering tidak terdeteksi pada saat prosee print sedang berlangsung" .

Melaui postingan ini saya akan saya bahas cara mengatasinya. Selain itu juga mungkin ada pembaca yang mengalami permasalahan yang sama, dan saya berharap semoga artikel ini bisa membantu mengatasinya.
Tinta Sering Tidak Terdeteksi Pada Printer 1390
Tinta tidak terdeteksi
Sedikit saya ulas tentang tidak terdeteksinya tinta pada printer inkjet Epson. Tidak terdeteksinya tinta pada printer merupakan kondisi dimana  sistem printer tidak bisa mendeteksi chip yang ada pada catridge yang ditandai dengan menyalanya lampu indikator tinta . Masalah ini terjadi pada printer Epson yang masih menggunakan chip pada catridgenya sehingga untuk printer epson keluaran baru yang sudah menggunakan sistem infus dan menghilangkan chip pada catridgenya akan terhindar dari masalah tidak terdeteksinya tinta. Jadi jika pada printer epson yang sudah tidak menggunakan chip catridge lampu indikator tintanya menyala, itu bukan berarti tinta atau catridge tidak terdeteksi namun suply tinta yang dibaca oleh sistem pada sudah dinyatakan habis dan harus segera diisi serta dilakukan reset tinta supaya suplay tinta terdeteksi penuh.

Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penyebab meyalanya lampu indikator tinta pada printer epson adalah sebagai berikut.
  • Pada printer Yang menggunakan chip pada catridgenya
Pada printer ini penyebab meyalanya lampu indikator tinta biasanya disebabkan oleh kedua poin berikut.
  1. Suplay tinta yang dibaca  oleh sistem printer sudah dinyatakan habis dan harus dilakukan reset pada chip catridge.
  2. Chip pada catridge tidak terbaca oleh sistem printer yang disebabkan karena ada kerusakan pada bagian atau komponen yang berperan dalam proses deteksi chip catridge.
  • Pada printer yang sudah tidak menggunakan chip pada catridgenya
Pada printer ini penyebab meyalanya lampu indikator tinta disebabka karena suply tinta sudah terdeteksi habis oleh sistem pada printer sehingga harus dilakukan pengisian tinta dan meresetnya dengan menekan tombol indikator tinta

Sekarang kita kembali pada pokok permasalahan yaitu pembahasan masalah sering tidak terdeteksinya tinta pada printer epson model 1390. Berdasarkan penjelasan di atas bahwa penyebab tidak terdeteksinya tinta pada printer yang masih menggunkan chip termasuk printer 1390 adalah suply tinta habis dan catridge tidak terbaca. Dengan demikian untuk mengatasi masalah tinta sering tidak  terdeteksi pada printer epson 1390 seperti yang alami oleh teman saya adalah dengan  menganalisa semua komponen yang berhubungan dengan proses tersebut dan mengganti komponen penyebab kerusakannya. Oleh karena itu saya akan mencoba menbahas bagaimana cara memperbaiki keruskan ini. Sebelumnya perlu diperhatikan bahwa pada proses perbaikan  kerusakan ini usakan dilakukan dengan hati-hati supaya tidak menyebabkan kerusakan yang lainnya.

Baiklah berikut ini beberapa langkah perbaikan printer epson 1390 yang sering mengalami tinta tidak terdeteksi.
  • Silahkan nyalakan printer kemudian pada saat rumah catridge bergeser dan berada di tengah jalur rumah catridge, dengan segera silahkan cabut kabel power PLN-nya. Hal tersebut tujuannya supaya rumah catridge tidah terkunci dan kita bisa leluasa membuka catridge dan komponen pendukungnya. Setelah kabel power dicabut, tunggu beberapa detik sampai aliran listrik pada printer benar-benar habis. Setelah itu geser lagi ke posisi tempat melepas catridge dan cabut catridge dari dudukannya. 
  • Jika catridge sudah dicabut, perhatikan chip yang berada dibelakangnya. Kemudian silahkan bersihkan bagian kuningannya dengan menggunakan penghapus terutama pada bagian chip yang tidak terdeteksi. Selain itu bersihkan juga semua pin yang berada pada CSIC Board dengan menggunakan penghapus atau lap bersih.
Tinta Sering Tidak Terdeteksi Pada Printer 1390
Membersihkan chip catridge dan pin CSIC
  • Langkah selanjutnya setelah dibersihkan silahkan pasang kembali catridgenya, kemudian hidupkan kembali printernya dan tunggu sampai printer standby. Pada tahap ini apakah catridge ada yang tidak terdeteksi... ? Jika ada yang tidak terdeteksi, silahkan reset chip-nya dengan metekan tombol tinta yang berada di atas tombol power. Setelah itu itu catridge akan bergerak ke tengah dan berhenti. Berhentinya catridge menunjukan lokasi catridge yang tidak terdeteksi. setelah itu tekan tombol yang berada pada catridge selama beberapa detik setelah itu tekan lagi tombol tinta. Jika catridge yang tidak terdeteksi hanya satu, maka catridge akan bergerak ke daerah tempat melepas catridge, namun jika ada catridge lain yang tidak terdeteksi, maka catride akan bergeser sedikit dan menunjukan catridge lainya yang tidak terdeteksi. Jika terjadi hal tersebut, lakukan seperti sebelumnya. Jika catridge sudah bergeser ke daerah tempat melepas catridge, silahkan tekan lagi tombol yang berada pada bagian catridge dan terakhir tekan tombol tinta. Setelah itu tunggu sampai printer standby. Jika masih ada catridge yang  tidak terdeteksi, silahkan reset lagi chip-nya dengan cara sebelumnya. 
  • Jika chip catridge yang digunakan tidak memiliki tombol, yang perlu dilakukan utnuk meresetnya adalah menekan tombol tinta beberapa kali sampai tinta atau catridge-nya terdeteksi kembali.
  • Jika printer masih menggunakan catridge original maka lakukan pembersihan pada kuningan chip catridge-nya kemudian pasang kembali. Jika masih tidak terdeteksi maka gantilah dengan catridge yang baru dengan tipe yang sama.
  • Jika setelah dilakukan proses pembersihan chip masih sering terjadi tinta tidak terdeteksi, cobalah untuk mengganti dengan chip catridge yang baru.
  • Jika setelah penggatian chip tinta masing sering tidak terdeteksi, maka kita lanjut ke pemeriksaan komponen berikutnya yaitu komponen CSIC Board yang letaknya tepat dibelakang chip catridge.
  • Untuk mengbongkar bagian ini gunakan alat seperti pada saat akan membongkar print head pada postingan saya sebelumnya di Sini.
Tinta Sering Tidak Terdeteksi Pada Printer 1390
Membuka Board CSIC
  • Jika komponen CSIC sudah dilepas dari dudukannya, bongkar bagian tersebut sehingga board dan pin-nya terpisah. Untuk membongkarnya silahkan buka dua baut yang berada pada bagian belakangnya dengan menggunakan obeng plus kecil.
Tinta Sering Tidak Terdeteksi Pada Printer 1390
Membongkar bagian CSIC
  • Setelah bagian CSIC dibongkar, periksa ujung-unjung pin, jangan sampai ada yang kotor atau lembab. Selain itu periksa juga titik-titik kuningannya. jika ada yang berkarat, coba bersihkan dulu dengan penghapus. Setelah itu  rakit kembali seperti semula, kemudian lakukan pengetesan. 
  • Apabila setelah board SCIC dibersihkan namun tinta atau catridge masih sering tidak terdeteksi, cobalah terlebih dahulu ganti komponen CSIC tersebut dengan yang masih bagus. kemudian lakukan pengetesan kembali.
  • Apabila  setelah semua langkah di atas tinta masih sering tidak terdeteksi, lanjutkan dengan mengganti komponen berikutnya. Komponen ini adalah sebuah kabel pleksibel yang mengubungkan board CSIS dengan mainbord printer.
Tinta Sering Tidak Terdeteksi Pada Printer 1390
Membongkar kabel CSIC
  • Silahkan bongkar kabelnya kemudian ganti dengan kabel yang masih bagus. Setelah itu lakukan pengetesan pada printer.
Itulah beberapa langkah atau cara untuk mengatasi tinta sering tidak terdeteksi pada printer epson 1390. Selain seringnya tinta tidak terdeteksi, kerusakan ketiga komponen ini bisa menyebabkan tidak terdeteksinya catridge sama sekali, dalam artian semua catridgenya tidak terdeteksi dan tidak bisa direset melalui tombol tinta indikator tinta ataupun pada tombol reset yang berada pada bagian chip catridge.

Akhir kata saya mengucapkan terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk like, share dan subscribe blog sederhana ini. Semoga bermanfaat.


Jangan lupa baca juga :



Artikel Terkait

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi, bekerja sebagai teknisi, meskipun masih sebagai teknisi awam tetapi selalu ingin berbagi pengalaman dan ilmu yang kang wiran dapatkan...

3 komentar

Halo kang agan mohon bimbingannya...sya juga sama punya kendala seperti ini tp setelah tahap akhir sampe pergantian kabel fleksinya msh sama ga kedetek tintanya itu harus ganti apa lagi...mohon pencerahannya gan..moga ilmu agan berkah

sudah dicek bagian mainboard mas, biasanya kalau tinta tidak terdeteksi semuanya biasanya komponen fuse pada mainboardnya putus

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Menngunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon