Tuesday, April 18, 2017

Cara Upgrade firmware Modem Huawei E153

Tags
Modem Huawei E153 adalah salah satu modem usb model lama dengan kecepatan maksimal hanya 3,6 Mbps. Dengan kecepatan sebesar itu pada saat saya gunakan untuk download menggunakan IDM dengan salah satu operator ternyata hanya mentok di 400 Kbps. Kecepatan sebesar itu untuk saat ini termasuk sangat kecil apalagi kalau dibandingkan dengan modem dengan jaringan 4G, pasti kalah jauh. Selain itu juga penggunaan modem pada saat ini mungkin bisa dikatakan sangat jarang mengingat sekarang ini sudah ada smarphone yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan termasuk akses internet dengan kecepatan yang cukup bagus terutama yang sudah mendukung jaringan 4G.

Cara Upgrade firmware Modem Huawei E153
Modem huawei
Walaupun demikian menurut saya modem usb masih cukup bisa diandalkan untuk mengakses jaringan internet meskipun dengan kecepatan yang kadang-kadang bikin greget.... Pengunaan modem usb juga sangat diperlukan buat mereka yang sering mengandalkan bug operator untuk akses internet atau kita lebih mengenalnya dengan sebutan internet gratis. Selain itu juga modem usb huawei ini memiliki suhu yang stabil ketika digunakan sehingga sangat tepat ketika kita menggunannya untuk akses internet melalui komputer. Itulah sekilas mengenai modem huawei E153, untuk selanjutnya  pada postingan ini saya akan berbagi sedikit pengalaman mengenai modem yang satu ini.

Pada awalnya saya berniat untuk beralih menggunakan akses internet dari smartphone yang saya jadikan hotspot untuk akses internet komputer ke modem huawei e153 dengan berbagai alasan . Namun setelah digunakan beberapa jam kemudian pc mengalami restart. Setelah pc hidup kembali, di sini terjadi masalah. Modem yang tadinya berfungsi normal, tiba-tiba tidak bisa menangkap sinyal. Saya coba ganti menggunakan simcard lain namun tidak membuahkan hasil, kemudian mencoba instal kembali drivernya namun tetap sinyal masih tidak muncul. Setelah itu saya coba restart kembali PCnya namun tetap tidak membuahkan hasil.

Setelah saya tanya-tanya disalah satu forum, ada salah seorang user yang menyarankan untuk flash ulang modemnya atau upgrade firmware. Ternyata memang benar, setelah modem huawei e153 saya flash, modem-pun kembali berfungsi normal. Oleh karena itu pada postingan ini saya membuat tutorial cara upgrade firnmware modem huawei e153. meskipun modem ini modem lama tetapi barang kali ada pembaca yang mengalami permasalahan seperti yang saya alami, dan semoga saja dengan tulisan ini bisa mengatasi permasalahannya. Untuk model lainnya juga kemungkinan tidak jauh berbeda, yang membedakan mungkin hanya firmware yang digunakan saja.

Berikut ini beberapa cara untuk upgrade atau flash ulang modem huawei E153.

1. Langkah pertama download terlebih dahulu firmware sesuai dengan tipe modemnya. Untuk firmware modem huawei e153 bisa anda download pada link di bawah artikel.
2. Colokan modem ke Port USB komputer, kemudian tunggu sampai terdeteksi. Jika driver belum terinstal, silahkan instal terlebih dahulu drivernya.
3. Setelah muncul dashbord mobile partner, silahkan close terlebih dahulu.
4. Extrak file firmware yang sudah didownload tadi, kemudian klik kanan run as administrator.

Cara Upgrade firmware Modem Huawei E153
Klik Next
5. Setelah program terbuka, silahkan pilih next. Setelah itu program akan melakukan scan mendeteksi modem. Pada proses ini jika program dashboard modem  masih terbuka, modem tidak akan terdeteksi oleh program updater ini. Jadi close terlebih dahulu program dashboardnya.

Cara Upgrade firmware Modem Huawei E153
Proses scaning modem
6. Setelah terdeteksi, perhatikan versi firmware modemnya. Jika sudah yakin benar, silahkan klik next.

Cara Upgrade firmware Modem Huawei E153
Silahkan klik next
7. Pada tahap selanjutnya akan muncul peringatan. Ikuti saja semua perintahnya supaya proses update firmware berhasil dan berjalan dengan lancar. Setelah itu silahkan klik start

Cara Upgrade firmware Modem Huawei E153
Ikuti semua perintahnya
8. Tunggu sampai prosesnya beres, pada saat proses ini berlangsung, jangan mencabut modem atau mematikan komputer seperti yang sudah di peringatkan pada menu sebelumnya karena bisa menyebabkan modem mati total. Proses ini memerlukan waktu sekitar 1-3 menit.

Cara Upgrade firmware Modem Huawei E153
Proses update modem
9. setelah proses updatenya selesai, akan muncul popup yang menunjukan bahwa proses update telah selesai, pastikan versi firmware dan imeinya muncul. setelah itu klik ok kemudian klik finish.

Cara Upgrade firmware Modem Huawei E153
Update firmware sudah berhasil
10. Langkah terakhir, silahkan tes modemnya menggunakan simcard dan pastikan modem berfungsi normal.

Itulah beberapa langkah cara upgrade atau update firmware modem huawei e153. Selain untuk memperbaiki error yang terjadi pada modem, update firmware juga berfungsi untuk meningkatkan kinerja dari modem tersebut. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya.Terima kasih sudah berkunjung, dan jangan lupa untuk like, share, dan subscribe blog ini.

Firmware Modem Huawei E153

Artikel Terkait

3 komentar

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon