April 14, 2017

Memperbaiki Printer Epson C90 dan T11 yang Sering Mati

Pada kesempatan ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi kerusakan yang terjadi pada printer Epson C90 dan Epson T11. Printer Epson seri C90 dan T11 ini merupakan printer keluaran epson yang sudah cukup lama. Namun walaupun produk lama printer ini masih bisa diandalkan sehingga sampai sekarang masih banyak user yang tetap setia menggunakannya.

Kerusakan yang sering terjadi pada printer Epson seri C90 dan T11 ini biasanya berupa munculnya suara berisik pada saat digunakan, blingking, tinta tidak keluar, sering mati, mati total dan sebagainya. Dari semua itu yang akan saya bahas pada postingan ini lebih khusus bagaimana cara mengatasi ketika printer ini mengalami sering mati ketika digunakan. Untuk kerusakan yang lainnya mungkin akan saya bahasa di lain waktu.

Kerusakan pada printer Epson C90 berupa gejala sering mati ini biasanya muncul pada saat printer sedang melakukan pencetakan atau pada saat printer melakukan head cleaning. Memang kalau kita perhatikan kerusakan ini seperti terjadi karena ada masalah pada print head namun sebenarnya bukan karena komponen print head tersebut. Berikut ini beberapa gejala yang biasanya muncul.
  • Pada saat printer mulai dinyalakan, bisanya printer bekerja secara normal, tidak ada indikator blinking atau tanda-tanda kerusakan lainnya.
  • Biasanya pada saat printer digunakan untuk print baik itu print gambar maupun print dokumen berupa teks, biasanya printer langsung mati, atau melakukan print dulu kemudian printer mati di tengah proses print.
  • Pada beberapa kasus, printer mati tepat setelah printer beres melakukan proses print.
  • Printer sering mati ketika proses head clening.
  • Jika kerusakan sudah parah bisanya printer langsung mati sesaat setelah printer mulai dinyalakan.
Gejala-gejala kerusakan tersebut disebabkan karena supply listrik yang bekerja pada mainboard tidak mencukupi. Kondisi ini bisanya disebabkan karena ada salah satu komponen pada mainboard printer yang sudah mengalami penurunan fungsi. Komponen tersebut adalah sebuah elco. Kerusakan ini secara fisik memang sangat jelas terlihat karena bisanya komponen elco tersebut sedikit mengembung pada bagian atasnya.

Memperbaiki Printer Epson C90 dan T11 yang Sering Mati
Mainboard Epson C90
Untuk memperbaikinya sangatlah mudah, kita hanya tinggal mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Namun tentunya  sebelum kita mengganti komponen tersebut kita harus membongkar casing printer serta melepas mainboard dari dudukannya. Untuk peralatan yang digunakan, kita cukup berbekal solder listrik dan timah, maka kita sudah bisa memperbaikinya. Untuk proses cabut pasang komponen elco tersebut, kita tidak perlu takut karena komponen tersebut merupakan komponen pasip jadi tidak gampang rusak serta pemasangannya pun sangat mudah karena kita hanya perlu menyolder dua buah kakinya saja. Seseorang yang baru belajar pegang solder pun pasti bisa melakuknnya.... :-)
Memperbaiki Printer Epson C90 dan T11 yang Sering Mati
Elco
Jika setelah penggantian komponen elco pada bagian mainbord, printer masih sering mati, makan coba lakukan pemeriksaan pada bagian power supply. Namun kerusakan pada bagian power supply bisanaya jarang terjadi.

Itulah cara mengatsi kerusakan pada printer Epson C90 dan T11 yang sering mati pada saat digunakan. Jika ada pembaca yang mengalami permasalahan yang sama dengan printernya, semoga tulisan ini bisa membatu memecahkan masalah. Jika ada yang kurang difahami silahkan tinggalkan komentar pada kolomyang sudah disediakan. Akhir kata saya mengucapkan terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk like, share dan subscribe blog sederhana ini. Terima kasih

Baca Juga:

Artikel Terkait

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi, bekerja sebagai teknisi, meskipun masih sebagai teknisi awam tetapi selalu ingin berbagi pengalaman dan ilmu yang kang wiran dapatkan...

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Menngunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon