Printer Epson L series L110 L210 L300 L310 Tinta Tidak Keluar Sama Sekali

"Tinta tidak keluar sama sekali" Itulah salah satu keluhan yang saya dengar dari user yang datang untuk memperbaiki printer-nya. Dia datang dengan membawa sebuah printer buatan epson dengan  tipe seri L yaitu Epson L300. Berdasarkan keterangan yang saya dapatkan dari user tersebut, ternyata  printernya bisa dikatakan masih belum lama dipakai karena setelah dihitung dari tanggal pembelian, printer tersebut baru digunakan selama 4 bulan serta dengan pemakaian yang wajar. Setelah mendengar ceritanya saya langsung percaya karena memang dari fisiknya-pun masih terlihat baru dengan plastik pelindung yang masih menempel pada casing.
Setelah mendengar penjelasan dari user tersebut saya langsung curiga pada salah satu kelemahan dari printer tipe ini yaitu minimnya atau habisnya tinta pada catridge sehingga suplay tinta ke print head jadi terhambat sehingga pada saat dilakukan proses print, tidak ada tinta yang keluar. Minimnya tinta ini bisa terjadi karena telat mengisi tinta pada tabung tinta, atau bahkan pada banyak kasus juga banyak printer tipe ini yang caridgenya  mengalami hal sama meskipun pengisian tinta tidak pernah telat serta tinta yang digunakan pun memakai tinta original. Jagi memang masalah ini saya juga masih belum begitu pasti penyebabnya. Untuk pembahasaan minimnya tinta pada printer epson seri L sudah saya bahas pada postingan sebelumnya.

Silahkan cek di sini :

Sekarang kita kembali pada pokok permasalahan. Setelah saya melakukan sedikit analisa dengan mencoba test print pada printer milik user tersebut, ternyata ada satu perbedaan yaitu tita tidak keluar sama sekali. Jadi tidak ada satu titik pun tinta yang tercetak pada kertas. Setelah itu saya coba head cleaning, dan ternyata hasil test print masih seperti semula yakni tinta tidak keluar sama sekali. Karena masih penasaran saya coba bongkar casing, tentunya dengan meminta persetujuan dari sang mpunya terlebih dahulu  karena dengan membongkar casing maka garansi akan hangus. Kemudian Untuk menjawab rasa penasaran, saya langsung membongkar catridge printer tersebut, dan ternyata memang benar bahwa catridge masih penuh dan saya coba vacum dengan suntikan-pun tidak ada masalah pada catridge tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kerusakan bukan berasal dari catridge yang kosong.  Karena masalah bukan berasal dari catridge, saya langsung memeriksa beberapa komponen yang berhubungan dengan proses print dan pengeluaran tinta. Komponen tersebut termasuk pompa pembungan, cap unit ( bagian yang terletak tepat dibawah print head yang terhubung ke pompa pembuangan), print head, kabel print head, dan bagian mainboard.

Dari semua komponan  tersebut, ternyata  tidak ada yang mengalami kerusakan. Sampai disini  saya merasa hampir putus asa sampai saya coba mengganti satu set mekaniknya. Namun ternayata hasilnya sama, tinta tidak keluar sama sekali. Pada akhirnya saya ingat ada salah satu komponen yang luput dari analisa saya. Dan ternyata memang benar, komponen tersebut adalah penyebabnya. Setelah diganti dengan mengambil dari printer lain, ternyata printer pun berfungsi seperti sedia kala.  Tentang apa komponen yang saya maksudkan, saya akan mejelaskannya dibawah. Jika ada pembaca yang memang mengalami permasalahan yang sama, saya berharap semoga pengalaman yang saya tulis pada postingan ini bisa membantu untuk mengatasinya.

Pada tulisan di atas sudah saya singgung beberapa komponen yang berpengaruh pada poses print atau yang ada hubungannya dengan pengeluaran tinta. Komponen tersebut seperti print head, catridge , pompa pembuangan, cap unit, kabel head, dan mainboard. Jadi untuk mengatasi masalah tinta yang tidak keluar sama sekali kita harus memeriksa komponen-komponen tersebut sebelum kita menyimpulkan komponen mana yang mengalami kerusakan. Baiklah berikut ini pembasan bagaimana cara nmengecek komponen tersebut apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Catridge

Catridge adalah komponen yang berfungsi untuk menampung dan  memberikan suply tinta ke komponen print head, jika bagian ini bermasalah maka suplay tinta ke bagian print  head akan terganggu. Akibatnya hasil print menjadi tidak normal. Untuk mengetahui apakah komponen ini bekerja dengan baik, maka bisa diikuti beberapa langkah dibawah ini.
  • Bongkar catridge dengan cara  melepas penutupnya terlebih dahulu kemudian mencongkelnya.
  • Lakukan penyedotan dengan menggunakan suntikan 
  • Jika pada saat dilakukan penyedotan tinta berhasil tersedot dengan mudah ( tidak berat ) berarti caridge dalam keadaan bagus. 
  • Jika pada saat dilakukan penyedotan terasa berat berarti catridge tersumbat atau bagian tabung penampungan  tinta yang bermasalah. Untuk menghetahui apakah catridge atau tabung tinta yang bermasalah, kita bisa mencobanya dengan melepas selang yang menempel pada catride, jika setelah selang dicabut dan dilakukan penyedotan dengan suntikan menjadi ringan berarti cartidge tidak bermasalah dan yang mengalami masalah adalah bagian tabung penampungan tinta. 
Printer Epson L series L110 L210 L300 L310 Tinta Tidak Keluar Sama Sekali
catridge yang kosong
Printer Epson L series L110 L210 L300 L310 Tinta Tidak Keluar Sama Sekali
Sutnikan untuk menyedot catridge
Pompa pembungan

Pompa pembungan adalah bagian yang berfungsi untuk menyedot sisa- sisa tinta pada print head dan  pada proses head cleaning yang kemudian tinta dikeluarkan untuk dibuang. Jika bagian ini bermasalah maka ketika hasil print bermasalah sepeti tinta tidak keluar, maka meskipun dilakukan proses head cleaning  berkali-kali, masalah tidak keluarnya tinta tidak akan teratasi. Untuk mengetahui apakah bagian ini berfungsi dengan baik, kita bisa mengeceknya dengan cara berikut ini.
  • Lakukan prose head cleaning kemudian perhatikan pada selang pembungannya apakah ada tinta yang keluar, 
  • Jika tinta tidak keluar coba geser print head ke sebelah kiri kemudian isi bagian cap unit dengan cairan sampai penuh. Tujuannya supaya ada cairan yang bisa disedot oleh bagian pompa pembungan.
  • Setela itu lakukan proses head cleaning lagi. Pakah ada tinta yang keluar dari selang pembungan, jika ada berarti pompa tidak bermasalah. Namun jika tinta tidak keluar berarti pompa bermasalah. Silahkan bongkar dan perbaiki

Printer Epson L series L110 L210 L300 L310 Tinta Tidak Keluar Sama Sekali
Isi bagian cap unit dengan cairan

Print Head

Print head adalah komponen utama pada  prose pencetakan, Jika bagian ini bermasalah, maka proses pencetakan-pun akan terganggu. Keusakan pada bagian ini biasanya berupa tinta tidak keluar karena mampet, konslet, atau kondisi print head yang sudah lemah.
Pada kasus di atas bahwa tinta tidak keluar sama sekali pada saat proses print ataupun pada proses head cleaning, dengan demikian  kita berangapan bahwa komponen print head ini mengalami masalah yaitu mampet. Dengan demikian kita bisa memakai salah satu cara untuk mengetahui apakan print head dalam keadaan mampet atau tidak dengan cara berikut ini.
  • Bongkar atau lepas print head dari dudukannya. 
  • Supaya lebih leluasa lepas terlebih dahulu kabel pleksibelnya.
  • Ambil sebuah suntikan yang sudah disambung dengan selang ( selangnya bisa menggunakan selang bekas pompa pembungan ) kemudian isi suntikan tersebut dengan cairan head cleaner atau tinta.
  • Hubungkan ujung selang dengan lubang print head seperti pada gambar di bawah ini.
Printer Epson L series L110 L210 L300 L310 Tinta Tidak Keluar Sama Sekali
sambungkan selang dengan print head
  • Rubah posisi print head menjadi menghadap ke atas, kemudian dengan sangat perlahan dan hati-hati, kita tekan tuas suntikan sekitar 1 mili. Jika suntikan ditekan terlalu keras dan terlalu jauh maka print head akan jebol. Setelah itu perhatikan apakan ada cairan yang keluar melalui nozzle print head..??
Printer Epson L110 L210 L300 L310 tinta tidak keluar
Perhatikan tinta yang keluar dari nozzle
  • Jika ada cairan yang keluar berarti print head tidak dalam keadaan mampet dan sebaliknya.
Jadi sampai di sini kita bisa menyimpulkan bahwa penyebab tinta tidak keluar sama sekali buka disebabkan karena print head yang mampet. Namun jika anda masih penasaran, anda bisa mencobanya dengan menggunakan print head yang lain dan tentunya dengan tipe yang sama.


Kabel Print Head

Kabel print head adalah kabel pleksibel yang menghubungkan print head dengan mainboard. Pada beberapa kasus putusnya salah satu jalur pada kabel ini bisa menyebabkan tinta tinta tidak kaluar, Namun kasus ini sangat jarang terjadi. Dari semua kasus kerusakan pada jenis printer ini yang sudah saya temukan hanya 2 kali yang mengalami kerusakan tinta tidak keluar yang disebabkan karena kabel print head yang putus. Kebanyakan putusnya kabel print head akan menyebabkan general error. Jadi saya tidak bisa memastikan jalur kabel yang mana pada kabel pleksibel print head yang dapat menyebabkan tinta tidak keluar.

Mainboard

Mainboard adalah papan induk yang berfungsi untuk pusat pengontrol semua komponen yang ada pada printer, atau bisa dikatakan otaknya printer. Kurasakan yang berupa tinta tidak keluar juga bisa disebabkan karena bagian ini. Hampir 30 % kerusakan tinta tinta tidak keluar yang pernah saya temukan pada jenis printer ini disebabkan oleh mainboard.

Power supply 

Ini adalah bagian terekahir yang juga berpengaruh pada proses print. Pada kasus yang sudah saya uraikan di atas ternyata bagian inilah yang bermasalah. Memang jika diperhatikan, bagian ini terlihat seperti normal karena pada saat printer dinyalakan, printer berfungsi seperti biasa dan tidak terjadi error. Namun ketika dilakukan proses print dan head cleaning, tidak ada satu tetespun tinta yang keluar. Setelah saya coba ganti bagian ini ternyata printer menjadi normal kembali.

Itulah beberapa bagian yang berpotensi mengalami karusakan dan bisa menyebabkan printer tidak mengeluarkan tinta sama sekali. Ketika printer Epson seri L mengalami masalah tinta bisa mengelauarkan maka  kita harus melakukan pengecekan semua komponen tersebut satu-persatu. mulai dari catridge dan seterusnya.Dengan demikian kita bisa menemukan komponen atau bagian yang mengalami kerusakan.

Mungkin itu saja yang bisa sampaikan pada postingan ini, saya berharap semoga tulisan in bisa bermanfaat buat para pembaca semuanya. Saya juga mengucapkan terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa like, share. dan subscribe blog sederhana ini.

14 Responses to "Printer Epson L series L110 L210 L300 L310 Tinta Tidak Keluar Sama Sekali"

  1. Jadi permasalahannya dimana mas aq jua gitu semua normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di head cleaning tintanya pembuangan keluar ga? kallau a keluar kemungkinan pompa rusak
      kalau kelura tapi hasil tidak ada biasanya mb atau head rusak

      Delete
  2. Printer Epson 1390 saya sewaktu print normal berjalan tidak ada blinking sama sekali, tetapi tintanya tidak keluar sama sekali, apakah kerusakan di mainboar atau headnya Mas?

    ReplyDelete
  3. Permisi gan. Printer epson l310 punya saya tinta warna merahnya ga keluar sama sekali, dan saya sudah lakukan saran diatas, dari mulai pengecekan catridge sampai prin head semua normal, pengececan cabel prin head sampai power supply blm saya lakukan karena warna hitam, kuning dan biru keluar normal, jadi saya agap tdk masalah. Mohon penjelasannya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pas di suntik pakai cairan di nozle yang merah ga mampet tetapi tinta tinta tidak keluar satu titik pun pada hasil print, itu ada 2 lemungkinan yaitu kerusakan pada print head atau pada MB, tapi langkah awal coba lalukan pemeriksaan pada mb, ukur semua komponen R yang mengarah ke kabel fleksibel print head

      Delete
  4. Untuk cairannya adakah cairan khusus untuk membersihkan head printernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mas,, bisa dibeli di toko sparepart printer atau di tukang service, di toko tinta juga biasanya ada

      Delete
    2. Klw di mainboard, biasanya komponen apa Yang rusak yaa? Tks

      Delete
  5. mas, untuk suntikannya beli dimana ya?

    ReplyDelete
  6. fuse nya ya bg klw di mainboardnya, atau ganti ic

    ReplyDelete
  7. printer saya bagian merah,y nda mau keluar coba print warna merah tetep hasil,y tercetak kuning ini gmna mngatasinya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di head cleaning 1x terus cek nozle, lihat hasilnya . Kalau masih ga keluar head clean lagi 1x terus cek lagi ada perubahan ga ? Kalau ada perubahan (ke arah lebih bagus) coba diamkan dulu 1jam terus nanti cek lagi apakah ada perubahan.. Kalau setelah head clean yg ke 2 tadi perubahannya malah tambah jelek berarti kemungkinan catridge tintanya kosong (ada udara) dan harus divacum.. Sebenernya selain sivacum bisa dengan cara di ink flush cuma resikonya tinta kebuang banyak dan pembuangan cepet penuh

      Delete
    2. Kalau setelah head clean beberapa kali tidK ada perubahan berarti ada kwmungkinan print head mampet dan harus diinfus cairan head cleaner. Atau kalau ada rendam aja ujung headnya pakai clink pembersih kaca, cara dengan mengisi bak yang ada di sebelah kanan tepat dibawah dengan clink kemudian geser print head sampai mentok le sebelah kanan

      Delete

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel