April 20, 2017

Printer Epson C90 T11 Hasil Print Ngeblok Warna Warni

Setelah sebelumnya saya membuat tulisan tentang pembahasan mengenai cara memperbaiki printer epson C90 dan T11 yang mengalami kerusakan berupa sering mati, pada kesempatan ini juga saya masih akan membahas cara memperbaiki kerusakan pada printer epson C90. Tulisan ini juga untuk memenuhi janji saya pada artikel sebelumnya bahwa saya akan membahas kerusakan lain pada printer epson C90. Adapun kerusakan yang akan dibahas di sini adalah kerusakan berupa hasil print pada printer Epson C90 yang cacat. Cacat yang saya maksud si sini yaitu adanya blok- blok atau kotak berwarna warna warni pada hasil print. Kotak berwarna-warni ini biasanya muncul pada hasil print namun letaknya biasanya berubah-ubah. Terkadang bisa ditengah halaman, di bawah, di sisi kanan atau bisa juga berada di sisi kiri.


Printer Epson C90 T11 Hasil Print Ngeblok Warna Warni
Hasil print ada blok warna-warni
Sebenarnya kerusakan dengan munculnya blok warna-warni pada hasil cetakan ini tidak hanya terjadi pada printer Epson tipe C90 saja namun semua printer epson bisa mengalami kerusakan ini terutama printer epson dengan model lama, seperti epson T11, T13, T22, L100, L200,  dan yang lainnya. Dan tidak menutup kemungkinan, printer dengan model baru pun bisa mengalami masalah kerusakan seperti ini.

Adapun yang menyebabkan gejala kerusakan seperti ini adalah karena adanya kerusakan pada salah satu komponen pada printer tersebut. Komponen yang saya maksud adalah sebuah kabel fleksibel yang menghubungkan mainboard printer dengan komponen Print Head. Kerusakan pada kabel tersebut bisa berupa putus, korosi dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, kerusakan yang sering terjadi pada kabel print head epson yang menjadi penyebab hasil print tidak normal berupa munculnya blok warna-warni pada hasil print, saya bagi menjadi 3 jenis. Yang saya jelaskan di sini berdasarkan pengalaman dalam memperbaiki printer khususnya yang memiliki kerusakan seperti ini. sehingga tidak menutup kemungkinan ada penyebab lainnya

Berikut ini jenis kerusakan yang terjadi pada kabel print head yang dapat menyebabkan kerusakan seperti yang sudah dijelaskan di atas

  • Adanya jalur kabel fleksibel  yang putus. 
Pada kondisi ini biasanya kotak warna-warni akan muncul pada setiap gambar atau huruf yang tercetak.  Namun pada banyak kasus biasanya kabel fleksibel print head biasanya tidak sepenuhnya terputus atau dalam artian terkadang nyambung dan terkadang juga terputus sehingga pada hasil print akan menyebabkan munculnya blok warna warni di beberapa tempat namun tidak pada semua cetakan. Untuk memperbaikinya memang bisa dikatakan sulit karena letak jalur yang terkadang putus tersebut susah ditemukan. karena biasanya kalau kita ukur menggunakan multitester kabel tersebut akan terlihat bagus. Oleh karena itu kita perlu mengakalinya dengan cara mengukur semua jalur kabel fleksibel dengan multitester sambil menggerak-gerakan kabel tersebut.
Jika ternyata jalur yang putus sudah ditemukan, maka kita bisa mengakalinya dengan menyambung kabel tersebut kemudian dibungkus dengan lakban. Namun biasanya cara ini tidak akan bertahan lama. Sehingga jalan satu-satunya adalang menggantinya dengan yang masih bagus.

  • Ada korosi pada jalur kabel print head 
Jika kita lihat secara kasat mata biasanya kabel print head akan terlihat normal.. Namun jika diukur dengan menggunakan multitester biasanya jalur kabel yang mengalami korosi akan memiliki tahanan yang lebih besar dibanding dengan jalur yang lainnya. Hal inilah  menyebabkan transfer data dari mainboad ke print head menjadi terganggu sehingga menyebabkan terjadinya blok warna-warni pada hasil print. Kabel fleksibel yang sudah mengalami korosi tidak bisa diperbaiki lagi sehingga harus diganti dengan yang masih bagus.

  • Karena ada bagian pelapis kabel yang terkikis pada kabel fleksibel print head.
Kerusakan ini terjadi karena gesekan atara kabel fleksibel dengan body mekanik printer secara terus-menerus sehingga mengakibatkan lapisan pelindung pada kabel fleksibel terkikis dan menfakibatkan jalur kabelnya terbuka. Karena jalur kabelnya terbuka sehingga pada saat digunakan jalur kabel fleksibel bersentuhan dengan body mekanik yang merupakan ground. Keadaan inilah yang menyebabkan hasil print menjadi error berupa ada blok warna warni pada hasil print nya. Untuk mengatasi kerusakan ini anda bisa mengakalinya dengan cara melapisi kabel print head yang lapisannya terkikis dengan menggunakan lakban bening.

Bedasarkan uraian diatas, jadi sudah jelas bahwa penyebab kerusakan hasil print yang terdapat blok warna-warni adalah karena adanya kerusakan pada kabel fleksibel print head. Jadi untuk memperbaikinya adalah dengan cara memperbaiki kabel tersebut atau menggantinya dengan yang masih bagus. Namun saran saya lebih baik kabel yang sudah rusak tidak perlu diperbaiki karena biasanya umurnya tidak akan bertahan lama. Sehingga lebih baik diganti saja dengan yang baru atau yang bekas namun masih bagus.

Jika kabel pengganti tidak ada yang sama persis, anda bisa menggunakan kabel fleksibel dari printer tipe lain, namun dengan satu syarat bahwa jarak pada setiap jalur pada kabel harus sama. Untuk masalah jumlah jalurnya terlallu banyak atau terlalu sedikit, anda bisa mengakalinya dengan cara membuang jalur yang tidak dipakai atau jika kurang anda bisa menambahkan jalur dengan cara menggabungkannya dengan kabel lain.

Itulah langkah-langlah cara memperbaiki printer epson yang hasil printnya terdapat kotak atau blok warna-warni. Saya berharap semoga tulisan ini bisa memberikan manfaaat buat para pembaca semuanya. Akhir kata saya mengucapkan terima kasih atas kujungannya. Dan jangan lupa untuk like, share, dan subscribe blog sederhana ini.

Artikel Terkait

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi, bekerja sebagai teknisi, meskipun masih sebagai teknisi awam tetapi selalu ingin berbagi pengalaman dan ilmu yang kang wiran dapatkan...

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Menngunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon