July 30, 2017

Printer Epson 1390 Tidak Bisa Direset

Kembali lagi technodand.com membahas tentang perbaikan printer Epson 1390 yaitu cara mengatasi masalah ketika printer ini tidak bisa di reset. Sebenarnya cara pebaikan atau cara mengatasinya  ini  mungin bisa dikatakan sudah menjadi rahasia umun. Saya mengatakan sudah menjadi rahasia umum karena memang hampir semua pengguna printer jenis ini pasti sudah mengetahuinya.  
Terus kenapa harus diposting lagi kalau memang sudah menjadi rahasia umum.....?  memang benar semua sudah tahu tapi mungkin saja ada user yang baru menggunakan printer jenis ini apalagi sekarang ini sudah banyak yang kreatif menyulap printer epson 1390 menjadi mesin sablon yang canggih...

Sedikit saya ulas mengenai reset mereset printer epson. Yang dimaksud mereset printer epson di sini  adalah mereset waste ink pad counter  yaitu jumlah sampah yang ditampung pada tempat pembungan yang dihitung oleh sistem pada printer. Hitungan ini mempunyai batas maksimum sehingga jika sudah mencapai batas maksimum tersebut, maka printer akan berhenti beroperasi dan tempat pembungan terdeteksi penuh  sehingga harus segera dibuang. Dikarenakan terdeteksinya pembuangan sudah penuh adalah secara sofware bukanlah secara fisik, maka cara mengatasinya adalah dengan cara  direset, yaitu mengembalikan hitungan sampah tinta pada pembungan ke angka nol. Pada kondisi ini printer akan memberikan pesan berupa berkedipnya lampu indikator serta munculnya pesan pada komputer yang terhubung dengan printer tersebut. Untuk jenis kedipan lampunya biasanya berbeda tergatung jenis atau tipe printernya.

Sekarang kita kembali ke pokok permasalahan yaitu bagamana cara mengatasi printer epson 1390 yang tidak bisa direset. Printe 1390 tidak bisa direset biasanya dikarenakan tidak tepatnya cara menggunakan sofwate adjustment yang digunakan atau dalam artian tidak sesuai dengan petunjuk yang disarankan.  Untuk itu berkut ini cara adalah cara yang tepat untuk mereset printer 1390 ala technodand dan sudah saya buktikan 100% berhasil.

Untuk System Operasi Windows XP
  • Silahkan cari program adjusmet khusus untuk Epson 1390, linknya sudah banyak sekali yang share. Bisanya jika anda download, maka file hasil downloadnya berupa rar sehingga harus di ekstrak terlebih dahulu.
  • Pada folder hasil ekstak, cari  file yang bernama AdjProg, kemudian klik kanan dan pilih propertis. Pada tab General dibawah ada tulisan Modified. perhatikan dan ingat tanggal, bulan serta tahunnya. 
  • Langkah selanjutnya silahkan rubah tanggal komputer yang akan digunakan untuk mereset ke tanggal sesuai tanggal modified program adjustment tadi.
  • Setelah itu silahkan dobel klik program adjustmentnya ( file AdjProg ) dan anda sudah siap untuk mereset Printer Epson 1390 anda.
  • Jika tanggal tidak dirubah, biasanya pada saat file AdjProg di dobel klik, biasanya semuai file program adjustmentnya akan langsung menghilang.
Untuk System Operasi Windows 7, 8, 8.1 dan 10

Untuk OS ini ada beberapa tambahan sebelum kita eksekusi file AdjPrognya. Karena berdasarkan pengalaman pada OS ini sering terjadi communication error pada saat melakukan reset atau menggunakan menu lainnya pada progran adjustmnent.

Printer Epson 1390 Tidak Bisa Direset
Comunisation Error Epson 1390
  • Langkah pertama adalah merubah compatibility program, caranya yaitu dengan klik kanan file AdjProg pilih propertis dan pada tab Compatibility pada menu compatibility mode pilih windows XP. Untuk lebih jelas bisa diperhatikan pada gambar di bawah ini.
Printer Epson 1390 Tidak Bisa Direset
Seting compatibility program
  • Langkah kedua, silahkan perhatikan lagi isi dari folder program Adjustment, di situ ada file yang bernama Date cracker. Silahkan klik kanan file tersebut, kemudian pilih run as administrator, setelah itu seting lagi tanggalnya ke tanggal modified program Adjustment.
  •  Untuk langkah terakhir pada saat eksekusi file AdjProg, jangan di dobel klik tetapi silahkan klik kanan kemudian pilih run as adminitrator.
Printer Epson 1390 Tidak Bisa Direset
Gunakan akses administrator
  • Setelah itu program bisa digunakan, misalnya untuk reset waste ink, cek error printer, aligmnent, copy konfigurasi eeprom dan sebagainya.
Sampai disini seharusnya masalah tentang printer Epson 1390 tidak bisa direset sudah bisa diatasi. Namun jika masih belum tertatasi misalnya muncul error 210000068, biasanya dikarenakan printer yang sedang anda reset adalah printer epson 1390 produksi baru sehingga program pada  eeprom printer tersebut  sudah dipdate ke versi yang lebih baru. Hal ini menyebabkan program reseter lama sudah tidak bisa gunakan lagi untuk printer tersebut. Untuk mengatasi error 210000068 ini akan dibahas pada postingan selanjutnya.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada postingan ini. Saya berharap semoga postingan ini bermanfaat. Jangak lupa untuk like, share, subscribe blog ini. Jika ada yang kurangh dimengerti, silahkan tinggalkan pesan melalui tempat yang sudah disediakan dibawah postingan atau melalui form kontak.

Artikel Terkait

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi, bekerja sebagai teknisi, meskipun masih sebagai teknisi awam tetapi selalu ingin berbagi pengalaman dan ilmu yang kang wiran dapatkan...

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Menngunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon