Monday, July 31, 2017

PC Lenovo ThinkCentre Edge 72 NO DISPLAY


PC Lenovo thinkCentre Edge 72 adalah PC built Up  atau PC rakitan pabrik dengan mainboard bersocket LGA 1155. Untuk processor bawaanya menggunakan Processor Intel dengan no seri G2020. Namun tidak sampai disitu, jika kita punya processor yang mempunyai spesifikasi lebih tinggi, maka kita bisa menggunakannya namun tentunya harus mempunyai tipe socket yang sama. Untuk anda yang sedang mencari PC atau mau merakit PC, lenovo Edge 72 ini cukup untuk dipertimbangkan. Mengingat PC ini selain dibanderol dengan harga yang ekonomis, kalau untuk kebutuhan sehari-hari PC bisa dikatakan lebih dari cukup.

Itulah sekilas tentang PC lenovo thingCenter Edge 72, Saya tidak akan panjang lebar membahas fitur dan performa dari PC tersebut, mengingat sesuai tema blog ini yaitu tentang perbaikan, jadi yang akan saya bahas lebih jauh adalah tentang perbaikan dari PC Lenovo tersebut. Sekarang kita fokus ke permasalahan  sesuai judulnya " PC Lenovo ThinkCentre Edge 72 NO DISPLAY".

PC Lenovo ThinkCentre Edge 72 NO DISPLAY
Lenovo Edge Series
Maksud dari judul tersebut adalah cara mengatasi atau memperbaiki PC lenovo Edge 72 yang tidak bisa tampil di monitor. Sebelum ke pembahasan cara perbaikannya, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.
  • Yang dimaksud  NO DISPLAY di sini adalah dalam artian komputer menyala namun tidak bisa menampilkan gambar di monitor. 
  • Untuk PC yang mati total, tutorial ini mungkin tidak akan bisa membatu memecahkannya,  
Berdasarkan pengalaman, PC lenovo dengan tipe ini jika dipakai secara terus menerus atau pemakaian berat akan mengalami error dimana komputer tidak menampilkan display ke monitor dengan kata lain monitor blank atau NO DISPLAY.  Jika kebetulan anda menjadi pengguna PC jenis ini dan sedang mengalami masalah yang sama, mungkin artikel ini bisa menjadi referensi untuk memperbaikinya. Baiklah sebelum ke langkah perbaikan, ada beberapa poin yang merupakan gejala kerusakan jenis ini. Gejala tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.
  • PC jika dinyalakan, maka PC akan menyala seperti biasa, lampu indikator power menyala,  lampu hardisk berkedip seolah-olah PC melakukan Booting dengan normal.
  • Tidak ada sinyal ke monitor ( NO DISPLAY )
  • Tidak ada suara beep saat booting
  • Jika RAM tidak dipasang, maka akan terdengan beep terus menerus yang menandakan bahwa RAM tidak terdeteksi.
  • Trik ini berhasil untuk PC lenovo Edge series dengan mainboard yang sudah menggunakan  sistem dual bios. Perhatikan gambar berikut ini.
PC Lenovo ThinkCentre Edge 72 NO DISPLAY
Letak IC bios
Gejala seperi di atas untuk PC lenovo tipe ini biasanya dikarenakan ada error pada BIOSnya. Namun anda tidak perlu khawatir karena mainboard yang digunakan pada PC ini sudah menggunkan teknologi dual bios jadi ketika bios mengalami error, maka bisa kita melakukan  recovery.
Untuk mengatasinya, lakukan beberapa langkah perbaikan seperti di bawah ini.
  • Langkah pertama dalam keadaan mati, bersihkan dulu PC dari kotoran seperti debu dan sebagainya supaya lebih leluasa saat memperbaikinya
  • Cabut semua kabel berhubungan dengan HDD. Tujuannya untuk menghindari kerusakan pada hardisk pada saat langkah perbaikan
  • Hubungkan kabel power ke listrik
  • Perhatikan pada bagian mainbord seperti pada gambar berikut ini. Di situ terlihat dua bagian yang sudah biri tanda lingkaran. 
PC Lenovo ThinkCentre Edge 72 NO DISPLAY
Letak Jumper
  • Silahkan pindahkan kedua jumpernya. Setelah itu tekan tombol power
  • Setelah PC melakukan booting, tunggu sampai terdengar bunyi beep beberapa kali.
  • Jika beep sudah terdengar, silahkan matikan kembali PC, pidahkan umper seperti sebelumnya. 
  • Tekan lagi tombol powernya. 
  • SELESAI
Jika kerusakan NO DISPLAY disebabkan karena ada error pada bios, seharusnya dengan beberapa lagkah di atas, komputer LENOVO ThinkCenter anda sudah normal kembali. Namun jika tidak membuahkan hasil, berarti ada kerusakan lain bisa disebabkan karena chipset yang rusak dan lain sebagainya.

Itulah beberapa langkah cara memperbaiki Komputer Lnovo ThinkCenter yang mengalami kerusakan No Display . Semoga Artikel ini bisa bermanfaat buat para pengunjung semuanya. Jangan ragu atau sungkan untuk like dan share artikel ini jika memang menurut anda artikel ini bermanfaat. Jika ada masukan atau ada hal kurang dimengerti, silahkan tinggalkan komentar.

1 comment:

  1. gagal om. lampu indikator power nyala tapi nggak mau hidup. kipas juga nggak idup. trus di PC ini jumpernya cuma 1. jd nggak bisa tuker

    ReplyDelete

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon