Wednesday, August 02, 2017

Cara Aman Melepas Ketas nyangkut atau Paper Jam Pada Printer Epson L series

Kembali technodand.com membuat sebuah postingan tentang perbaikan printer.  Pada postingan ini sebenarnya bisa dikatakan bukan tentang perbaikan namun lebih ke tips yaitu bagaimana cara melepas kertas yang nyangkut pada printer epson L series seperti L110, L300, dan L310 ketika printer sedang digunakan.  Sebenarnya untuk penanganan dimana kertas nyankut pada saat printer di gunakan bisa dikatakan sangat mudah, kita hanya tinggal menarik kertas nyangkut tersebut dan masalah pun beres. Namun pertanyaannya bagaimana cara yang tepat .... ? Itulah yang akan saya bahas pada postingan ini.

epson L110-L210-L300-L310-paper-jam
Paper jam

Sebelum pokok utama  bagaimana cara yang tepat untuk melepas kertas yang nyangkut pada printer, marilah kita perhatikan dulu " mengapa bisa terjadi paper jam ( kertas nyangkut ) pada printer..? ". Paper jam pada printer sebenarnya bisa di sebabkan oleh banyak faktor diantanya adalah sebagai berikut.
  • Ada benda asing yang menghalangi jalur keluarnya kertas misalnya balpoin, penggaris , isi staples dll. Kondisi ini merupakan kasus yang sangat sering terjadi. Baik pada printer yang sudah lama, maupun printer yang baru sekalipun. 
  • Penggunaan kertas bekas. Kertas bekas juga bisa menyebabkan terjadinya paper jam. Seperti yang kita tahu bahwa biasanya kondisi kertas jarang ada yang mulus 100%, misalnya bagian ujungnya kusut, permukaannya tidak rata, dll. Akibatnya proses penarikan kertas pada saat printer digunakan akan terganggu dan alhasil kertas nyangkut di tengah-tengah. 
  • Mekanik kertas yang sudah tidak bekerja dengan baik. Kondis ini biasanya terjadi pada printer yang sudah digunakan cukup lama sehingga sehingga ada bagian atau komponen yang sudah mulai rusak. 
Itulah beberapa penyebab terjadinya paper jam. Dari ketiga poin tersebut kita bahas dua poin saja yaitu yang pertama dan kedua. Untuk yang poin ke tiga perlu dilakukan juga perbaikan  lebih lanjut pada mekaniknya dan sudah di bahas pada postingan sebelumnya.

Untuk menyelesaikan kasus ini biasanya user langsung menarik kertas yang nyangkut tersebut tanpa memperhatikan komponen lainnya. Meskipun pada saat ditarik kertas terasa berat namun biasanya user akan memaksa menarik kertas tersebut sampai lepas. Kondisi inilah yang bisa memperparah kerusakan misalnya sensor kertas patah, per pada sensor lepas dan lain sebagainya. Selain itu kertas yang ditarik paksa bisa menyebabkan kertas sobek dan sobekannya akan tertinggal di area jalur keluarnya kertas. Oleh karena ini pada tulisan ini saya ingin membagikan sebuah tips atau langkah-langkah bagaimana cara yang tepat untuk melepas kertas yang nyangkut pada printer terutama printer epson L110, L300, dan L310. Untuk printer dengan tipe lain juga pada dasarnya bisa dikatakan sama.

Baiklah kita kembali ke pokok permasalahan... Bagaimana cara menyelesaikan permasalahan paper jam, dalam hal ini cara melepas kertas yang nyangkut agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Cara Melepas kertas yang nyangkut ( paper jam ) pada Printer

    Langkah pertama adalah perhatikan kertas yang nyangkut apakah kertas bisa ditarik ke arah depan ( arah keluarnya kertas ). Jika memang masih bisa, cobalah tarik dengan perlahan sampai kertas benar-benar lepas. Namun jika kertas tidak bida di tarik atau bahkan sobek, lanjutkan ke tahap berikutnya.
      Bongkar casing printer seperti biasa, Untuk cara membongkar casing pada printer jenis ini, anda bisa melihat pada postingan saya sebelumnya. Setelah casing berhasil dibongkar,  kemudian lihat pada gambar berikut, Lepas komponen yang saya tandai dengan anak panah.

      epson L110-L210-L300-L310-paper-jam
      Lepas komponen yang diberi tanda anak panah

      Untuk langkah selanjutnya, tekan bagian yang diberi tanda kemudian tarik kertas yang nyangkut secara perlahan dan hati-hati. Jika Kertas yang nyangkut banyak, lakukan sedikit demi sedikit. Yang perlu diperhatikan adalah cara mencabut kertasnya harus dilakukan secara hati-hati dan perlahan supaya tidak merusak komponen lainnya.

      epson L110-L210-L300-L310-paper-jam
      Tarik kertas dengan perlahan

      Bersihkan area tempat kertas dari sisa-sisa kertas yang sobek atau dari benda-benda yang lainya yang dapat mengganggu atau menghalangi keluarnya kertas pada saat printer sedang digunakan.
      Untuk langkah terakhir perhatikan komponen-komponen lain apakah ada komponen yang posisinya berubah atau bahkan mungkin ada yang patah...? Jika ada komponen yang posisinya berubah, segera kembalikan posisinya ke tempat yang benar. Dan jika ada yang patah, segera ganti dengan yang masih bagus atau anda bisa memperbaikinya.

      epson L110-L210-L300-L310-paper-jam
      Periksa komponen yang diberi tanda

      Jika sudah selesai langkah selanjutnya adalah pengetesan, Silahkan tes apakah printer bekerja dengan normal. Cara pengetesannya bisa dengan cara tes print gambar atau yang lainnya yang penting ada proses penarikan kertas pada printer tersebut.
      Jika semuanya sudah normal, segera pasang lagi casing printer seperti semula. Cukup mudah bukan ....? saya yakin pasti anda bisa melakukannya.

      Itulah uraian tentang bagaimana cara mengatasi printer ketika terjadi paper jam atau lebih tepatnya bagaimana cara melepat kertas yang nyangkut pada printer dengan tepat.
      Perlu diperhatikan juga, jika setelah kertas yang nyangkut berhasil dilepas, namun error paper jam masih muncul, kemungkinan ada komponen yang lain yang mengalami masalah. Silahkan konsultasikan dengan teknisi andalan anda..
      Sekian tulisan ini saya buat, semoga bisa memberikan manfaat, mohon maaf atas segala kekurangan. Akhir kata saya mengucapkan terima kasih atas kujungan anda. Jangan lupa untuk like share dan subscribe blog ini  terima kasih.

      Tata tertib berkomentar
      1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
      2. Mengunakan bahasa yang sopan
      3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
      4. Dilarang SPAM
      5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

      Terimakasih.
      EmoticonEmoticon