Cara Reset Printer EPSON R230 dan R220 Lampu Indikator Berkedip

Seperti pada postingan-postingan sebelumnya mengenai cara reset printer epson. Bahwa yang dimaksud mereset printer adalah mengembalikan hitungan sampah tinta dalam memory printer ke angka nol.  Untuk mengenai pembahasan tentang penyebab printer harus di reset, apa itu sampah tinta yang harus direset, anda bisa membacanya pada potingan berikut ini.

Baiklah kita langsung ke intinya saja sesuai judulnya cara reset Printer Epson R220 dan R230. Printer Epson R230 atau R220 ini sama dengan printer epson jenis lainnya yaitu setelah hitungan sampah pembuangan sudah mencapai maksimum, maka printer ini akan berhenti befungsi. Adapun gejala yang timbul sama persis dengan jenis printer epson yang lainnya yaitu sebagai berikut.
  1. Printer tidak bisa digunakan 
  2. Indikator tinta dan resume akan berkedip bergantian
  3. Muncul pesan service required pada komputer yang terhubung ke printer
Namun jika ternyata blinking yang muncul berupa hanya satu indikator atau berkedip atau blinking bersamaan, maka blinking tersebut bukan karena harus direset, tetapi ada eror lain, bisa dari mekanik, cadridge, dan sebagainya.
Untuk mengatasi blinking karena harus direset yang menunjukan gejala seperti tiga poin di atas, silahkan reset printer tersebut dengan program khusus untuk reset printer Epson R230 atau R220. Program ini ada beberapa jenis misalnya sservice, WIC reset dan Adjustment program, namun pada pembahasan ini technodand hanya kana membahas cara mereset epson r230 dan r220 dengan adjustment program. Berikut adalah langkah-langkahnya.
Pertama-tama anda harus punya program resternya, untuk yang belum punya silahan kunjungi tautan di bawah ini


Setelah program reseternya ada, silahkan buka foldernya. Dalam folder reseter tersebut ada beberapa file, pilih salah satu file dengan nama APSPR220230_Ver12 , klik kanan file tersebut, kemudian pilih properties. Pada tab general, lihat tanggal modified file tersebut, setelah itu kemudian rubah tanggal komputer ke tanggal modified file rester tadi. Jika tanggal komputer sudah dirubah, silahkan dobel klik file tersebut. Untuk window 7, 8, 8.1 dan windows 10 seting compatibility file apspr22-230_ver12 ke windows xp.

Cara Reset Printer R230 dan R220 Lampu Indikator Berkedip
Isi folder reseter
Setelah program terbuka, pilih model printer yang akan direset, seting juga port selectionnya, kemudian untuk destination silahkan anda bebas mengisinya. Jika sudah klik OK

Cara Reset Printer R230 dan R220 Lampu Indikator Berkedip
Seting model printer kemudian klik OK
Setelah itu akan muncul jendela berikutnya. Langkah selanjutnya pada menu sebelah kiri pilih Maintenance. Untuk menu appendix dan adjustment, itu digunakan untuk seting printer termasuk alibnment, backup eeprom dan sebagainya.

Cara Reset Printer R230 dan R220 Lampu Indikator Berkedip
Pilih maintenance
Nanti akan muncl lagi menu berikutnya, selanjutnya pilih Waste ink pad counter  setelah itu klik read.  Pada kolom The present maximum value akan tertera jumlah point yang dihitung memory printer ( jumlah sampah yang tertampung )

Cara Reset Printer R230 dan R220 Lampu Indikator Berkedip
Pilih read kemudian
Langkah selanjutnya, silahkan klik reset. Setelah proses reset selesai, maka akan muncul notifikasi yang menyarankan kita untuk mematikan printer yang direset tersebut. Silahkan matikan printer kemudian nyalakan lagi.

Cara Reset Printer R230 dan R220 Lampu Indikator Berkedip
Pilih OK
Sampai tahap ini anda sudah berhasil merest printer epson R230 atau R220 anda. Seharusnya printer sudah normal dan sudah bisa digunakan lagi. Sangat mudah bukan...?
Mungkin sampai disini tulisan tentang cara mereset printer epson R230 atau R220 yang mengalami blinking waste ink pad counter atau muncul nitifikasi service required. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk like, share tau subsribe blog ini. Terima kasih sudah berkunjung.


Password rar: www.technodand.com

Baca juga : Cara download file di situs technodand

4 Responses to "Cara Reset Printer EPSON R230 dan R220 Lampu Indikator Berkedip"

  1. gan, kok punya saya keluar perintah "Not found DLL files. This program will be shut down"

    ReplyDelete

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel