Printer Epson L110 L210 L300 L310 Menarik Kertas Lebih Dari Satu Lembar

Technodand kembali membahas kerusakan pada printer Epson... Kalau ada pembaca yang dalam hatinya mungkin bertanya kenapa jenis merek printer yang dibahas selalu merk  Epson...? Jawabannya,,, karena memang printer yang sering saya perbaiki adalah merk epson, Untuk merek yang lainnya bisa dikatakan sangat-sangat jarang. Namun jika ada pasti akan saya bahas di sini. Oleh karena itu pada kesempatan ini juga saya akan mencoba membahas salah satu kerusakan pada printer Epson namun lebih dikhususkan untuk printer epson seri L terbaru seperti Epson L110, L210, L300, L310 dan sejenisnya yang pada intinya memiliki susunan mekanik yang sama.

Printer Epson L110 L210 L300 L310 Menarik Kertas Lebih Dari Satu Lembar
Printer Lseries Problem

Sesuai judulnya " Printer Epson L110 L210 L300 L310 menarik kertas lebih dari satu ", Jadi saya akan mencoba membahas bagaimana cara mengatasi printer Epson seri L ini yang mengalami  kerusakan dengan gejala seperti pada judul. Maksud dari menarik kertas lebih dari satu  yaitu proses printer ketika menarik kertas lebih dari satu lembar dalam satu kali penarikan.  Untuk lebih jelasnya saya akan beri contoh ilustrasinya seperti berikut ini.

""..misalkan si A ingin mencetak dokumen atau gambar yang banyaknya hanya satu lembar saja, kemudian si A memasukan beberapa lembar kertas ke tray atau tempat kertas pada printer. Pada saat proses print, kertas akan tertarik dan masuk ke area pencetakan. Pada keadaan seperti ini seharusnya kertas yang tertarik adalah satu lembar. Namun pada kasus di sini tidak demikian melainkan kertas yang tertarik jumlahnya lebih dari satu lembar misalnya 4 lembar , 5 lembar, 10 lembar, atau bahkan semua kertas yang ada ikut tertarik...""

Kerusakan seperti sangat sering terjadi, dan mungkin saja pada saat ini sedang terjadi pada printer yang sedang anda gunakan di kantor atau mungkin di rumah. Namun anda tidak perlu kawatir, karena pada kesempatan ini kita akan coba bahas di sini.  Sehingga semoga saja bisa membatu anda sekalian untuk menyelesaikan perbaikan dengan gejala seperti yang sudah dijelaskan. Pada contoh postingan ini saya menggunakan printer Epson seri L300, Namun tenang saja karena cara ini bisa diterapkan pada printer tipe lainnya yang sejenis misalnya L110 L210 L310 dll.

--Langkah- langkah perbaikan printer Epson seri L yang  menarik Kertas lebih dari satu lembar--

 

Sebelumnya ada beberapa yang harus anda perhatikan seblum melakukan perbaikan untuk kasus seperti yang sudah dijelaskan tadi.

1. Cara perbaikan ini tidak merusak segel garansi, jadi meskipun printer anda masih dalam masa garansi, anda tidak perlu takut garansi akan hangus. Kecuali L210 karena kemungkinan harus bongkar casing.
2. Contoh di sini saya menggunakan printer L300, nanum untuk seri L terbaru yang lainnya juga sama seperti L310 L110 ,L210
3. Satu lagi yang penting  yaitu "...Resiko ditanggung sendiri...  "
4 .Cara ini sudah dipraktekan dan 100% berhasil.

Baikalah berikut ini langkah-langkah cara memperbaikinya. Namun sebelumnya siapkan dulu peralatan yang akan digunakan yaitu obeng dan tang pemotong atas tang lancip.

  • Untuk langkah pertama silahkan rubah posisi printer menjadi miring. Yaitu posisi bawah printer menghadap ke arah anda. Sebelum melakukan langkah ini perlu anda perhatikan bagian tabung pembuangan internal khusunya untuk printer yang sudah dipakai cukup lama atau sering dihead cleaning. Hal ini karena bisanya sampah tinta pada tabung pembuangan akan penuh sehingga ketika printernya dimiringkan maka sampah tinta akan tumpah. Jadi untuk mengatasinya lebih baik di lepas terlebih dahulu tempat pembuangannya. Dan untuk printer yang belum lama di pakai tidak perlu kawatir karena tinta sampah biasanya masih sedikit jadi tidak akan tumpah.
  • Setelah printer di miringkan, tarik tray printer bagian depan keluar. Tujuannya supaya tidak menghalangi  bagian yang akan kita perbaiki.
  • Pehatikan komponen yang diberi tanda  panah no.3 pada gambar di bawah ini. Bagian tersebut adalah roll penarik kertas bagian bawah . Silahkah lepas karet roll tersebut dari dudukannya.  Caranya pertama-tama lepas pernya, kemudian tarik bagian no.2 kebawah sedikit. Pada saat bagian no.2 sedang ditarik, silahkan keluarkan bagian roll penarik dari dudukannya.

Printer Epson L110 L210 L300 L310 Menarik Kertas Lebih Dari Satu Lembar
Cara Membongkar Roll Penarik



  • Setelah bagian roll penarik kertas berhasil dilepas, silahkan bongkar bagian tersebut. Untuk lebih lengkapnya bisa di lihat pada gambar berikut ini.

Printer Epson L110 L210 L300 L310 Menarik Kertas Lebih Dari Satu Lembar
Roll penarik kertas setelah di bongkar

  • Jika semua bagian pada rool penarik sudah dibongkar, perhatikan as yang berada di dalam roll karet penarik. Untuk kasus kertas tertarik banyak pada saat proses print biasanya disebabkan karena per as roller tersebut sudah patah. Untuk cara memperbaikinya, gunakan tang kecil atau tang pemotong, kemudian buat pengait yang baru.

Printer Epson L110 L210 L300 L310 Menarik Kertas Lebih Dari Satu Lembar
Buat pengait kecil
Setelah semua langkah di atas selesai,Untuk langkah selanjutnya rakit kembali komponen roller penarik dan pasang kembali pada mekanik printernya.
Jika ada merasa kesulitan membuat pengaitnya, anda bisa mengganti as untuk roll penariknya, dengan menggunakan roll penarik kertas bawah milik Epson 1390. Jika semuanya sudah selesai, waktunya antuk mencoba printnya. Apakah printer sudah normal....? Jika sudah tidak bermasalah lagi berarti anda berhasil memperbaiki printer epson seri L yang menarik kertas banyak pada saat print.

Sampai di sini pembahasan cara mengatasi kerusakan pada printer Seri L  dengan gejala seperti yang sudah dijelaskan di atas, semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Dan saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya . Untuk pesan saya ,, sebelum anda meninggalkan blog ini, jangan lupa untuk like share atau subscribe dengan cara memasukan email anda ke form yang sudah disediakan di bawah postingan guna mendapatkan update artikel dari blog technodand ini. Terima kasih.

0 Response to "Printer Epson L110 L210 L300 L310 Menarik Kertas Lebih Dari Satu Lembar"

Post a Comment

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel