Memperbaiki Scanner Datalogic Magellan 2200vs Tidak keluar suara

Barcode scanner adalah alat yang digunakan untuk membaca kode-kode berbentuk garis-garis vertikal atau dikenal dengan istilah barcode yang terdapat pada kebanyakan produk-produk consumer good.
Barcode scaner biasanya digunakan untuk mempercepat proses transaksi misalnya digunakan oleh kasir di sebuah supermarket. Barcode scaner ini mempunyai banyak keuntungan, namun yang menjadi keuntungan terbesarnya adalah sebagai berikut.
  • Memperkecil kesalahan input yang disebabkan kesalahan operator komputer atau kasir
  • Penggunaan barcode scanner mempercepat proses entry data misalnya digunakan di operator peneriamaan barang, di gudang dan sebagainya.
  • Penggunaan barcode scanner akan mempercepat proses transaksi  misalnya di gunakan oleh operator kasir
Itulah sekilas tentang barcode scaner. Secara umum bacode scanner sangat banyak jenis merek dan jenisnya. Namun pada tulisan ini technodand ingin membagikan pengalaman mengenai perbaikan barcode scanner untuk tipe Datalogic Magellan 2200 VS.
Barcode scanner ini biasanya digunakan untuk membantu kasir dalam proses transaksi penjualan.
Memperbaiki Scaner Datalogis Magellan 2200vs Tidak keluar suara
Datalogic Magellan 2200VS
Adapun kerusakan yang akan dibahas adalah kerusakan berupa tidak keluarnya suara pada poses scan barcode. Karena jika scanner dalam keadaan normal seharusnya mengeluarkan suara beep keras pada saat scan barcode. Adapun ciri-ciri kerusakan ini adalah sebagai berikut.
  1. Barcode scanner berfungi normal ketika membaca barcode dan mentransfer data yang diterima ke komputer
  2. Tidak keluar suara beep pada saat prosess scan barcode

Itulah dua gejala yang muncul, kemudian untuk melakukan perbaikannya bisa diikuti langkah langkah yang akan dijelaskan pada potingan ini. Berdasarkan pengalaman biasanya dalam kasus ini ada dua jenis kerusakan yang sering terjadi yaitu kerusakan pada komponen speaker kemudian satu lagi adalah kerusakan pada bagian mainboard.  Karena kita belum tahu yang mana yang mengalamai kerusakan maka perlu dilakukan pengecekan. Dan untuk mempermudah pengerjaan, lakukan terlebih dahulu pengecekan komponen speaker, jika komponen speaker dalam keadaan bagus barulah kita memperbaiki bagian mainboard.

-- Mengatasi  Kerusakan Speaker --

Untuk mengatasi kerusakan speaker, langkah pertama bongkar terlebih dahulu casing scanner, untuk membongkarnya gunakan obeng bintang ukuran T8. Kemudian lepas bagian speaker dengan cara mencabut socketnya.

Memperbaiki Scaner Datalogis Magellan 2200vs Tidak keluar suara
Speaker Barcode Scaner Magellan
Jika speaker sudah dilepas, silahkan ukur tahanannya dengan menggunakan AVO meter dengan skala  x10. Jika spaker dalam keadaan bagus maka jarum AVO akan bergerak dan speaker akan mengeluarkan bunyi kresek-kresek seperti kita sedang menelephone  dengan sinyal lemah.
Jika speaker dalam keadaan putus, coba lapisi kabel yang tehubung ke membran speaker dengan timah dangan cara disolder. Pada saat disolder, biarkan timahnya mencair dan meresap ke sepanjang kabel, setelah itu ukur kembali speakernya. Jika speaker masih dalam keadaan putus, berarti yang rusak ada pada bagian spull speakernya.

-- Mengatasi Kerusakan pada Mainboard --

Jika speaker dalam keadaan bagus, biasanya kerusakan ada pada bagian mainboardnya, yaitu pada komponen IC penguat suaranya. Pada kasus ini satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan cara mengganti IC-nya dengan yang masih bagus. Untuk lokasi IC-nya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Memperbaiki Scanner Datalogic Magellan 2200vs Tidak keluar suara
IC audio Barcode Scaner Datalogic

Silahkan ganti IC tersebut dengan jenis atau tipe yang sama, setatelah itu silahkan cek lagi apakah scanner sudah normal...? Jika belum, kemungkinan ada komponen lain yang mengalami kerusakan dan memerlukan analisa atau perbaikan lebih lanjut.
Itulah pembahasan tentang cara memperbaiki barcode scanner Datalogic Magellan 2200VS yang tidak keluar suara pada saat scan yang bisa saya sampaikan. Adapun cara perbaikan diatas adalah cara yang sering technodand lakaukan untuk memperbaiki scaner seperti kasus di atas.
Pada saat melakukan perbaikan, lakukan dengan hati-hati karena technodand tidak bertanggung jawab atas kecelakaan atau kerusakan yang terjadi setelah melakukan perbaikan dengan cara di atas.
Akhir kata saya mengucapkan terima kasih atau kunjungan anda ke blog ini ,,, silahkan luangkan waktu untuk share, like dan subscibe blog ini. Terima kasih.

    0 Response to "Memperbaiki Scanner Datalogic Magellan 2200vs Tidak keluar suara"

    Post a Comment

    Tata tertib berkomentar
    1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
    2. Mengunakan bahasa yang sopan
    3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
    4. Dilarang SPAM
    5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

    Terimakasih.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel