Thursday, August 24, 2017

Modifikasi Power Supply PC atx 24 Pin Menjadi 14 Pin

Power supply atau disingkat dengan PSU adalah suatu alat listrik yang dapat menyediakan energi listrik untuk perangkat listrik ataupun elektronika lainnya. Istilah Power supply sebenarnya bersifat umum dalam penggunaannya, namun pada tulisan ini yang akan dibahas adalah power supply untuk PC ( Personal Computer ).
Power supply yang beredaran di pasaran biasanya bersifat universal sehingga bisa digunakan untuk semua jenis mainbord komputer. Power supply tersebut biasanya terdiri dari beragam merek dan besarnya daya maximal yang dihasilkan, namun pada umumnya socket yang digunakan biasanya sama yaitu 20 sampai 24 pin.

Modifikasi Power Suply PC 24 pin menjadi 14 Pin
Power Supply Builtup 14 pin
Berbeda dengan power supply yang digunakan oleh komputer built up atau  keluaran pabrikan misalnya merek lenovo atau dell. Biasanya power supply yang digunakan pada komputer tersebut memiliki bentuk yang unik, baik dari bentuk maupun jumlah pin  yang digunakan. Sehingga jika terjadi kerusakan pada power supplynya maka terpaksa harus memperbaikinya atau dengan cara dimodifikasi.

Begitu juga dengan yang di alami oleh tecnodand, beberapa waktu yang lalu technodand mendapatkan servisan berupa PC tower merek lenovo yang mengalami kerusakan pada bagian power supply. Power supply tersebut menggunakan socket 14 pin. Kemudian setelah diperiksa ternyata komponen IC pada power supply tersebut ada yang gosong sehingga kodenya tidak terlihat. Karena  tidak ada power supply yang sama akhirnya technodand membuat konverter dari power supply 24 pin menjadi 14 pin . Tujuannya supaya bisa menggantinya dengan power supply yang biasa. dan hasilnya pun cukup memuaskan.

Modifikasi Power Suply PC 24 pin menjadi 14 Pin
konverter power supply atx 24 to 14 pin
Jika ada sahabat pembaca yang kebetulan mengalami masalah yang sama atau sedang kesulitan mencari konverter power supply dari 24 pin menjadi 14 pin, semoga saja tulisan ini bisa membantu Anda . Baiklah berikut ini cara membuat konverter power suplay atx 24 pin menjadi 14 pin.

Sebelumnya siapkan terlebih dahulu peralatan atau bahan yang akan digunakan:
  • Power supply universal 24 pin  sebagai power supply pengganti
  • Power supply 14 pin ( yang rusak )
  • Tang pemotong
  • Solder
  • Penyedot timah
  • Timah
  • flux atau lotfet
  • mainboard bekas 
  • dan lem bakar
Setelah semua alat terkumpul sekarang ke langkah pembuatan konverter power supply atx 24 to 14 pin.

Langkah pertama potong kabel output 14 pin dari power supply asal sekitar 10 s.d 15 cm. Di sini yang akan kita gunakan adalah bagian ujung yang ada socketnya.

Modifikasi Power Suply PC 24 pin menjadi 14 Pin
Potong kabel output 14 pin nya

Langkah kedua bongkar atau lepas socket port power atx 24 pin dari mainboard bekar yang sudah kita siapkan. Untuk melepasnya gunakan solder dan penyedot timah. Untuk solder yang digunakan, technodand sarankan untuk menggunakan solder dengan watt besar supaya mudah ketika mencairkan timahnya. Selain itu gunakan flux supaya timah yang dicairkan lebih encer. Pada contoh ini technodand menggunakan solder goot 20-200 watt ( panas bisa diset dari 20 watt -200watt)

Modifikasi Power Suply PC 24 pin menjadi 14 Pin
Port Power 24 pin
Jika socket atau port power dari motherboard sudah dilepas, sambungkan pin bawahnya dengan ujung kabel power supply 14 pin yang sudah kita potong sebelumnya. Untuk menyambungkannya gunakan solder dan timah,
Pada saat menyambungkan kabel dengan port power tersebut, harus diperhatikan warna kebel uang kita sambungkan jangan sampai berbeda warna ( misal warna kuning disambungkan dengan warna abu ). Jika anda merasa kesulitan menentukan warna yang harus disambungkan, anda bisa menggunakan cara seperti pada gambar berikut ini..

Modifikasi Power Suply PC 24 pin menjadi 14 Pin
Cara mempermudah menentukan titik kabel yang harus disolder
Sambungkan port power 14 pin ke port power 24 pin, setelah itu sambung atau solder tiap ujung kabel power supply 14 pin ke port 24 pin dengan mengikuti warna kabel pada pada port 14 pin tersebut pada ujung satunya lagi ( yang menempel pada port 24 pin ) . Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Modifikasi Power Suply PC 24 pin menjadi 14 Pin
Sambung kan kabel sesuai warna pada port PSU yang 24 pin

Setelah semua kabel tersambung, langkah terakhir potong kaki port power 24 pin yang tidak digunakan dengan menggunakan tang pemotong, Setelah itu gunakan lem bakar untuk menutup sambungan kable untuk mencegah terjadinya konslet dengan komponen mainboard pada saat nanti digunakan.

Modifikasi Power Suply PC 24 pin menjadi 14 Pin
Lapisi denga lem

Sampai tahap ini anda sudah berhasil membuat konverter power supply 24 pin ke power supply 14 pin dan siap untuk digunakan. Berikut ini konverter saya gunakan untuk menghidupkan mainbord lenovo yang memiliki port power 14 pin dengan menggunakan power supply dengan port power 24 pin.

Modifikasi Power Suply PC 24 pin menjadi 14 Pin
PSU 24 pin digunakan di MB dengan port power 14 pin
Itulah tutorial cara membuat konverter power supply 24 pin ke 14 pin ala technodand.com, Sangat mudah bukan,..? Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya. Jika artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk like share atau subscribe blog ini,,, terima kasih

berikut ini adalah versi video dari tutorial cara Modifikasi Power Supply PC atx 24 Pin Menjadi 14 Pin

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon