Tuesday, August 01, 2017

Cara Perawatan Hardware Komputer Agar Performa maksimal dan Awet

Dalam sebuah komputer terdapat berbagai perangkat yang berhubungan sehingga terbentuk sebuah komputer. Karena istilah komputer mempunyai makna yang luas, maka pada artikel ini pembahasannya saya persempit saja yaitu PC personal computer,,, PC atau Personal Computer adalah sebuah perangkat komputer yang biasanya digunakan untuk keperluan atau kebutuhan ringan misalnya untuk aplikasi pekerjaan kantor, sebagai sarana hiburan ( game, musik, film, dll ), pemrograman dan sebagainya. PC juga sering kita kenal dengan sebutan CPU. Didalam PC ini terdapat  beberapa komponen diantaranya sebagai berikut.

  • Processor
  • Mainboard atau motherboard
  • RAM
  • Power supply
  • VGA Card
  • Hardisk
  • DVD atau VCD Rom
Semua komponen di atas perlu kita rawat atau istilah kerennya di Maintenance....Perawatan kita lakukan supaya umur dari semua komponen teersebut bisa berfungsi dengan optimal, mencegah terjadinya error saat digunakan, dan tentunya supaya umur dari komponen tersebut bertahan lebih lama. Seperti yang kita tahu bahwa sebuah komputer pada saat kita gunakan maka akan menghasilkan panas pada beberapa komponennya seperti processor, VGA Card, mainboard , chipset, Hardisk, dan power supply. Panas yang dihasilkan oleh komponen tersebut akan berusaha diturunkan oleh komponen  fan atau kipas yang terpasang sehingga suhunya tetap stabil.

Dalam kurun waktu tertentu, biasanya pada bagian dalam PC ini akan penuh dengan debu meskipun ditempatkan diruangan ber AC sekalipun. Debu inilah yang menjadi musuh utama dari komponen-komponen yang ada dalam sebuah PC. Hal ini karena dengan banyaknya debu akan menggannggu sirkulasi udara serta menggang kinerja dari kipas pendingin dan akibatnya komponen akan mengalami over heating atau bahkan mengalami kerusakan.

Namun tidak hanya sampai di situ, ketahanan sebuah hardware PC juga sangat dipengaruhi oleh kebiasaan pengguna dalam mengoperasikannnya serta  faktor eksternal lainnya seperti berikut ini.
  • Kebiasaan  mematikan komputer dengan cara  langsung menekan tombol power
  • Penempatan PC yang tidak tepat misalnya terkena paparan sinar matahari langsung
  • Tegangan listik tidak stabil
  • Management penyimpanan file tidak tepat
  • Menghidupkan komputer secara terus menerus terlau berlebihan 
  • dll

Sebagai upaya untuk memelihara komputer supaya tetap prima ketika digunakan dan supaya umur dari hardware komputer lebih awet, maka  kita perlu melakukan perawatan secara rutin baik itu perawatan fisik harware misalnya masalah kebersihan hardware, maupun yang bukan secara fisik misalnya perawatan hardisk terrmasuk manajemen file secara benar.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan sebagai perawatan untuk sebuah PC agar kondisi PC tetap prima pada saat digunakan. Namun sebelumnya siapkan terlebih dahulu beberapa peralatan yang akan kita gunakan seperti berikut ini.
  • Kuas
  • Kompresor, Penyedot debu mini atau sejenisnya
  • Obeng
  • Obeng
  • Kain kering atau tisu
  • Cairan pembersih / cleaner 
  • Cd Cleaner
Setelah semua peralatan sudah siap, langkah pertama adalah membongkar casing PC, biasanya yang dibongkar adalah penutup sebelah kiri. Gunakan obeng untuk membukan baut pengincinya. Untuk selanjutnya lakukan beberapa tindakan pada setiap komponen hardare sperti berikut ini.

A. Mainboard

Untuk perawatan bagian ini cukup dengan membersihkannya dari debu yang menempel... Cara membersihkan yaitu dengan menggunakan kuas sambil di semprot dengan kompresor agar debunya lepas atau dengan menggunakan penyedot debu.
    TIPS perawatan hardware komputer
    Maintenance Matherboard
Jika pada motherboard terdapat debu yang menempel karena tercampur minyak atau lengket, cara membersihkannya adalah dengan menggunakan cairan thiner dan kuas. Atau anda bisa mengikuti cara technodand yaitu dengan melepas MB, melepas semua komponen seperti Processor dan VGA kemudian saya cuci MB dengan menggunankan detergen dan sikat gigi setelah itu di semprot dengan kompresor untuk menghilangkan air yang tertingal di bawah- bawah chipset setelah itu dikeringkan. Namun cara ini cukup  beresiko dan hanya diperlukan untuk membersihkan MB yang sangat kotor   

B. Processor   

Perawatan processor sangatlah mudah yaitu dengan membersihkan debu yang ada pada kipas dan heatsinkny ( HSF ). dan jika PC sering Over heat atau pemakaian sudah lama sebaiknya ganti pastanya. sebelum mengganti pasta terlebih dahulu bersihkan processor dan heatsing dari sisa-sisa pasta lama dengan menggunakan kain kering atau tisu.
    TIPS perawatan hardware komputer
    Ganti pasta Processor

C. VGA Card 

Cara perawatannya cukup dengan membersihkan kipas pendinginnya dari debu dan kotoran lain. Gunakan kuas untuk membersihkannya.

D. CD/DVD ROM

Untuk perawatan komponen yang satu ini cara perawatan cukup dengan menggunakan CD cleaner. Fungsi Cd cleaner ini adalah untut membersihkan bagian optiknya sehingga prosess pembacaan Media CD/DVD tetap optimal 


E. Power Supply 

Jika tidak ada yang bermasalah dengan bagian power supply, makan cara perawannya cukup dengan membersihkan bagian dalammnya dari debu dan kotoran lain. gunnakan komporessor atau penyedot debu untuk membersihkannya.  

F. Hardisk 

Untuk komponen yang satu ini, cara perawatannya cukup berberda. Hal ini karena cara perawatan nya tidak secara fisik. misalnya dengan cara defragment, dan lain sebagainya. Selain itu saya sarankan utnuk menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bersifat memonitor kondisi dari hardisk yang terpasang misalnya aplikasi hardisk sentinel dan sebagainya sehingga kita bisa mengetahui sehat tidaknya hardisk yang terpasang pada komputer tersebut. Selain perawatan komponen hardware seperti yang sudah dijelaskan di atas, berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya komputer tetap prima serta tidak cepat rusak.
  1. Sebisa mungkin tegangan listrik yang dikonsumsi komputer harus stabil. Tegangan listrik yang terlalu rendah dan terlalu tinggi dua-duanya merusak perangkat keras komputer. Oleh karena itu gunakanlah Stabilizer dan UPS ( Uninterruptible Power Supply ) untuk menjaga hal tersebut. 
  2. Hidup matikan komputer sesuai prosedur. Jangan mematikan komputer dengan menekan tombol power. Serta jangan sekali-sekali langsung mencabut kabel listrik komputer pada saat komputer sedang beroperasi, syarat ini juga mutlak berlaku untuk komputer ”hang” sekalipun. Tindakan ini sangat berbahaya karena bisa merusak hardisk, mainboard dan yang lainnya
  3. Jangan membiarkan komputer tidak digunakan/tidak dihidupkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Usahakan sekurang-kurangnya 3 kali  sgunakan/dihidupkan dalam seminggu.
Itulah beberapa tips langkah perawatan komputer setra pejelasan tentang hal-hal yang harus diperhatikan akan komputer tetap prima saat digunakan, tidak cepat rusak, serta mencegal terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan lainnya. Semoga tulisan ini bermafaat untuk para pembaca semuanya. terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk like share dan subscribe blog ini

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon