Tuesday, August 01, 2017

Perbaikan Pompa Pembuangan Pada Printer Epson L series

Pompa Pembuangan,,, adalah sebutan saya untuk salah satu komponen printer yang berada tepat di bawah bagian print head ketika print head parkir di sebelah kanan. Untuk nama istilah dari komponen ini jujur saya belum tahu namun untuk mempermudahnya sebut saja pompa pembuangan .. Jika anda tahu istilahnya silahkan berkomentar di bawah... :-).

Perbaikan Pompa Pembuangan Pada Printer Epson L series
Sistem pompa pembuangan Printer Epson L series
Pompa pembungan ini berfungsi untuk menyedot tinta yang dibuang oleh print head ketika print head sedang melakukan proses head cleaning. Tinta yang disedot tersebut akan disalurkan melalui selang kemudian dibuang ke tempat penampungan sampah tinta. Penampungan ini berada di bawah casing bagian belakang. Namun untuk printer yang sudah dimodifikasi biasanya tempat pembungannya disimpan di luar body printer atau saya mengenalnya sebutan tabung pembuangan eksternal.

Silahkan baca juga :

Sedikit ingin bercerita pengalaman yang ada kaitannya dengan komponen ini.
Beberapa bulan yang lalu saya mendapat servisan printe Epson L series, kalau ga salah tipe L300.  Gejala kerusakan awal memang cukup simpel yaitu blinking general error pada saat print akan melakukan proses print. Setelah saya analisa ternyata kerusakan ada pada bagian roll penarik yang bawah, yaitu per yang ada di dalamnya patah sehingga roll penarik tersebut tidak bisa berputar sama sekali. Setelah saya perbaiki per-nya printer pun normal kembali. Namun tidak sampai di situ, pada saat tes print ternyata hasilnya ada sedikit bolong-bolong.. Dalam hati... ah ini kayanya tinggal di clean pasti beres,,, . Setelah di clean ternyata hasil cetakannya semakin parah.... saya clean lagi tapi tidak ada perubahan sama sekali.
Saya cek tinta yang ada pada  catridgenya namun dibagian catridge tidak ada masalah, tinta pada catridge semuanya penuh dan ketika divacum manualpun tidak menunjukan ada masalah. Dari  muncul dugaan lagi,,,, " mungkin print headnya sudah lemah"... akhirnya saya ganti pakai tipe L110 karena memang jenisnya sama. Tp hasilnya tetap sama pertama bagus, tetapi setelah head clean hasil cetaknya jadi rusak parah...
Tidak hanya print head, mainboard dan power supply pun saya coba ganti... tetapi hasilnya nihil.. Akhirnya saya printer tersebut saya sisihkan dulu karena memang ada servisan lain yang harus segera dikerjakan.

Tiga hari kemudian saya coba terusin lagi service priter L300 nya... Dari situ  tanpa disengaja saya lihat tinta yang keluar dari selang pembungan sangat sedikit.. Dari situlah barulah ketahuan biang keroknya ... ternyata yang rusak adalah bagian pompam pembungan. Jadi meskipun dihead cleaning berkali-kali tidak akan menyelesaikan masalah. Tanpa pikir panjang saya bongkar bagian pompanya, saya perbaiki dengan sedikit modifikasi akhirnya printer normal kembali...."

Itulah sedikit pengalaman suka duka tentang pompa pembungan printer epson L300.. Jika ada diantara pembaca yang mengalami hal serupa... semoga saja tulisan ini bisa menjadi referensi untuk mempercepat perbaikan.
Baiklah selanjutnya kita ke tahap perbaikan bagian pompa pembungan Printer Epson L series..  L series ini diantanya L110,L210 L300, L310, L555, dst.

Cara memperbaiki Pompa pembungan Printer L series.
    • langkah pertama adalah  membongkar bagian casing printer, melepas mekanik tempat menempelnya mainbord, dudukan print head, dan lain-lain sampai kita benar-benar leluasa melepas bagian pompa pembuangan.
      Perbaikan Pompa Pembuangan Pada Printer Epson L series
      membongkar pompa pembuangan
      • Jika semua komponen komponen yang menghalangi pelepasan pompa sudah kita lepas semua, silahkan lepas bagian pompa tersebut dari dudukannya. Pada saat pelepasan pompa, lakukan dengan hati- hati jangan sampai ada bagian yang patah atau rusak.
        • Langkah selanjutnya adalah membongkar bagian pompa tersebut. Cara membongkarnya adalah dengan melepas beberapa gear kemudian setelah itu lepas bagian selang yang berada di dalamnya. Untuk lebih jelasnya bisa anda perhatikan gambar di bawah ini. Pada gambar di bawah ini selangnya sudah diganti ( selang yang asli warnanya hitam )
        Perbaikan Pompa Pembuangan Pada Printer Epson L series
        Mekanik pompa pembungan
          • Pada saat membongkar jangan lupa untuk mengingat semua penempatan bagian-bagiannya, sehingga jangan sampai kita lupa ketika merakitnya kembali. Jika perlu silahkan foto setiap bagiannya sebelum anda membongkarnya.
            • Perhatikan salah satu komponen yang menjadi titik utama dari bagian pompa pembungan ini. komponen tersebut adalah sebuah selang karet yang dipasang secara memutar pada bagian dalam pompa. Kalau boleh jujur menurut saya kualitas selang karet pada pembungan printer epson seri L baru seperti L110 ke atasnya bisa dikatakan kurang bagus. Setelah pemakaian printer beberapa bulan dengan pemakaian berat, elastisitas karet ini menjadi menurun sehingga fungsi dari pompa tersebut menjadi kurang baik atau bahkan tidak berfungsi. Oleh karena itu langkah terbaik adalah menggantinya dengan selang karet yang mempunyai kualitas lebih bagus.
              • Untuk jenis selang penggatinya kita bisa menggunakan selang dari pompa pembuangan bekas printer pendahullunya seperti Epson C90 T11 dan sebagainya yang sejenis. Selang karet pada pompa pembuangan printer tipe tersebut jauh lebih bagus dengan selang karet pada pompa pembungan printer epson seri L terbaru. Untuk mendapatkan pompa pembuangan bekas, anda bisa membelinya di tukang service printer. tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.
              mekanik pompa pembuangan printer epson L100-T13-ME32
              Mekanik pompa pembungan Epson L100 dan T13
                  • Setelah anda mendapatkan selang karet pengganti, langkah selanjutnya adalah merakit kembali pompa pembuangan seperti semula. Pada saat perakitannya usahakan 100 % sama dengan posisi sebelumnya termasuk panjang dari selang yang digunakan sebagai sebagai selang pengganti.
                    • Jika pompa pembungan sudah selesai dirakit kembali, silahkan rakit kembali priter seperti semula.
                      • Langkah terakhir adalah pengetesan fungsi dari pompa pembuangan yang sudah kita perbaiki apakah sudah berfungsi dengan normal atau belum... cara mengetesnya adalah dengan cara melakukan proses head cleaning pada printer tersebut. Pada saat head cleaning, perhatikan tinta yang keluar dari ujung selang pompa pembuangan. Pastikan tinta yang keluar sudah terlihat normal.
                        • Setelah proses head cleaning, coba test nozzle apakah hasilnya sudah bagus...?
                          • Jika pompa pembungan belum berfungsi dengan baik, coba bongkar lagi bagian pompa pembungannya, kemudian perbaiki posisi selangnya.
                            Itulah  beberapa langkah yang bisa sampaikan dalam perbaikan pompa pembungan pada printer Epson Seri L. Semua yang saya tulis di atas adalah 100% pengalaman saya dan hasil yang saya dapatkan juga sangat memuaskan. Jika ada diantara anda yang mengalami permasalahan yang sama, silahkan coba langkah-langkah seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jika ada kurang di fahami, silahkan tinggalkan komentar. Jika tidak ada halangan, Insya Allah saya akan membalasnya.

                            Akhir kata saya mengucapkan terimakasih karena sudah sudi berkunjung ke blog ini. Jika menurut anda artikel ini  bermanfaat, jangan sungkan untuk like, share dan subscribe blog ini.

                            8 comments:

                            1. Nice info kang, saya coba dulu buat L310.....thanks

                              ReplyDelete
                            2. Kang, ada versi videonya nggak? Biar lebih jelas...thanks

                              ReplyDelete
                            3. Replies
                              1. Saya di bandung Pak, tepatnya jalan BKR

                                Delete
                              2. Ada contac person kang?
                                Sy jg di bandung

                                Delete
                            4. Printerku rusak tidak mau nyetak mau dibawa ke tempat bapak saja

                              ReplyDelete
                            5. Trims atas infony.

                              Apakah pengaruh sebuah selang saja bisa membuat pompa jd tidak berfungsi?

                              ReplyDelete

                            Tata tertib berkomentar
                            1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
                            2. Mengunakan bahasa yang sopan
                            3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
                            4. Dilarang SPAM
                            5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

                            Terimakasih.
                            EmoticonEmoticon