Perbaikan Socket Charger Nokia Lumia 1020 Tidak bisa charge

Technodand pada kesempatan ini ingin membagikan sebuah pengalaman bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki socket atau port charger pada handphone Lumia 1020. Ide untuk menulis artikel ini  muncul karena beberapa waktu lalu technodand memperbaiki hp tipe ini milik technodand pribadi.
Sebenarnya untuk mendapatkan spare part socket charger ini kita bisa membelinya secara online. Namun karena harganya  yang sedikit mahal dan penjualnya pun rata-rata dari luar seperti alliexpress dan ebay, maka technodand memutuskan untuk memperbaikinya.
Jika dintara sobat pembaca yang kebetulan memiliki permasalahan yang sama, semoga saja artikel ini bisa membantu sobat semuanya. Adapun gejala yang disebabkan karena ada kerusakan pada port charger ini biasanya seperti berikut ini.
  • Handphone tidak bisa charge
  • Tidak bisa konek data dari hp ke komputer 
  • Sering muncul notifikasi USB Not Recognized ketika dihubungkan dengan komputer
Baca juga:
Berdasarkan pengalaman untuk lumia ini gejala tersebut biasanya terjadi karena jalur pada kabel flexibel dari port usb ke mainboard hp ada yang putus dan untuk bagian portnya biasanya jarang rusak. Sebelum melakukan perbaikan terlebih dahulu siapkan alat dan bahan yang akan digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Hp Lumia 1020 yang akan diperbaiki
  • Obeng bintang ( ukurannya lupa jadi sebaiknya sediakan saja yang satu set )
  • Kabel email atau kabel jumper. Kabel ini bisa dibeli di toko spare part handphone
  • Solder dengan mata solder yang runcing 
  • flux atau lotfet untuk memudahkan proses penyolderan
  • Timah dengan kualitas yang bagus  
  • Avo meter

Perbaikan port charger nokia lumia 1020

Jika semua alat dan bahan sudah ada, selanjutnya ke tahap perbaikan socket charger lumia 1020.
Untuk langkah pertama bongkar lumia 1020 anda. Bagian atau komponen yang harus dibongkar atau dilepas adalah LCD, baterai, serta mainboardnya.

Perbaikan  Socket Charger Lumia 1020 Tidak bisa charge
Setelah MB dilepas

Setelah mainbord LCD di lepas selanjutnya kita fokus pada fleksibel port charger. Silahkan ukur koneksi dari port charger ke socket yang tehubung ke mainbord. Untuk mengukurnya, gunakan Ohm (avo) meter dengan scala x1, jika jalur yang putus sudah ditemukan, lakukam jumper dengan menggunakan kabel email.
Untuk kasus yang dialami technodand, ujung kabel flexibel yang menempel pada socket charger sudah rusak parah, jadi technodand langsung memotongnya untuk memudahkan solder-menyolder kabel jumper. Jalur yang harus disambung jumlahnya ada 4 jalur yaitu jalur tegangan charger positif (+) ground dan dua jalur untuk transfer data.
Jika anda sedikit kebingungan untuk menentukan  kabel mana yang harus disambung, perhatikan gambar di bawah ini.

Perbaikan  Socket Charger Lumia 1020 Tidak bisa charge
Jalur yang harus dijumper
Jika sudah selesai jumper ke-empat jalurnya, lakukan pengetesan terlebih dahulu, yaitu dengan cara memasang mainboard dan batre saja. Setelah itu hubungkan lumia 1020 anda ke komputer. Jika lumia L1020 anda terdeteksi, berarti anda sudah berhasil. Langkah selanjutnya silahkan rakit kembali seperti semula.

Itulah pembahasan cara memperbaiki port charger lumi yang tidak bisa dicharge, dan semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang difahami, silahkan tinggalkan komentar anda. Jangan lupa untuk like,share dan subscribe www.technodand.com . Terima kasih

0 Response to "Perbaikan Socket Charger Nokia Lumia 1020 Tidak bisa charge"

Post a Comment

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel