August 03, 2017

Printer Epson 1390 Kertas Keluar Tersendat- sendat Paper jam

Technodand.com kembali membahas kerusakan atau error yang terjadi pada printer Epson stylus 1390. Yup.. memang printer ini termasuk printer yang bisa diandalkan baik untuk print pada media kertas maupun untuk print pada media kain. Untuk print pada media kain tentunya printer harus dimodifikasi sedemian rupa sehingga menjadi sebuah mesin sablon digital atau dikenal dengan nama printer DTG ( direct to garmet ). Tidak hanya itu tinta yang digunakan pun tidak menggunakan tinta biasa namun tinta khusus untuk kain.

Perbaikan pada printer epson 1390 ini menurut saya bisa dikatakan sangat unik. Saya katakan demikian karena  terkadang pada saat melakukan perbaikan printer ini saya sering dibikin pusing walaupun kerusakan tersebut hanya disebabkan karena hal yang sangat spele. Hal ini karena  memang hampir 80% kerusakan  error mempunyai gejala yang mirip. Misalnya blinking indikator, tidak bisa print, paper jam dan sebagainya. Dari semua kerusakan error yang sering muncul pada jenis printer ini biasanya lebih sering dikarenakan oleh masalah pada mekanik.

Printer Epson 1390 Kertas Keluar Tersendat- sendat Paper jam
Epson 1390 Error
Kembali ke permasalahan sesuai judul postingan ini "Printer Epson 1390 Kertas Keluar Tersendat- sendat Paper jam".  Kerusakan ini biasanya terjadi pada printer yang sudah digunakan dalam waktu yang relatif lama, atau penggunaan printer di tempat yang intensitas debunya cukup tinggi. Baiklah untuk lebih jelas mengenai kerusakan ini, akan saya uraikan gejala-gejalanya pada poin-poin berikut ini.
  • Pada saat dinyalakan printer akan terlihat seperti normal, seperti biasa rumah catridge bergerak ke kiri dan ke kanan, kemudian standby.
  • Pada saat melakukan print, kertas akan tertarik ke area pencetakan, setelah itu ada tiga kemungkinan. 
  1. Yang pertama printer akan mencetak namun hasil cetaknya loncat-loncat 
  2. Kemungkinan yang kedua printer akan melakukan print namun hanya sebentar namun setelah itu kertas berhenti dan indikator paper jam akan menyala. Jika kita tekan tombol resume ( tombol indikator paper jam ) kertas akan keluar atau bergeser lagi sedikit kemudian paper jam lagi, begitulah seterusnya. 
  3. Kemungkinan yang ketiga printer akan menarik kertas namun setelah masuk ke area pencetakan, printer tidak mencetak namun printer akan paper jam, jika ditekan tombol resume kertas akan bergerak sedikit kemudian paper jam lagi, begitulah seterusnya sampai kertas keluar seutuhnya.
  • Biasanya pada saat menarik kertas akan disertai sudara gear yang sedikit kasar.
Untuk menyelesaikan masalah seperti uraian di atas pada awalnya saya sedikit dipusingkan sampai sampai bongkar ini itu namun masalah tidak terselesaikan. Namun ternyata penyelesaiannya sangat-sangat sederhana, hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit kita sudah bisa menyelesaikannya. Supaya anda tidak penasaran baiklah kita bahas bagaimana cara mengatasinya.

Berikut ini langkah-langkah cara melakukan perbaikan untuk kasus kerusakan yang sudah dijelaskan pada poin-poin di atas.

-- Cara perbaikan printer Epson 1390 dengan gejala kertas keluar tersendat- sendat --

Langkah pertama bongkar  casing penutup sebelah kanan, untuk membongkarnya cukup mudah. Anda tinggal buka dua baut pada bagian casing penutup belakang di sisi kanan, kemudian sedikit tarik ke belakang setelah itu bongkar casing penutup kiri dengan cara mencongkel bagian pengaitnya sebelah bawah menggunakan obeng min. Apabila kurang jelas, bisa di cek pada postingan sebelumnya.

Silahkan baca di sini
Cara Membongkar Printer Epson 1390 


Printer Epson 1390 Kertas Keluar Tersendat- sendat Paper jam
Bongkar casing sebelah kanan
Setelah casing berhasil dibongkar, perhatikan salah satu komponen yang berbentuk seperti piringan transparan. Komponen ini adalah komponen yang mengirim sinyal putaran motor PF yang kemudian di baca oleh sensor PF. Komponen ini disebut dengan istilah PF Encoder dan sensor pembacanya disebut Sensor PF Encoder.  Berikut ini Printer Epson 1390 yang sudah sudah dibongkar casing penutup sebelah kanannya.

Printer Epson 1390 Kertas Keluar Tersendat- sendat Paper jam
Letak PF encoder
Pada gmbar di atas, Komponen PF encoder ditandai dengan anak panah. Pada kompoen tersebut pastikan dalam keadaan bersih, dalam artian tidak ada debu atau kotoran lain yang menempel. Jika terlihat kotor, segera bersihkan dengan menggunakan kain kering yang bersih atau menggunakan tisu kering. Namun meskipun terlihat bersih, alahkah baiknya tetap dibersihkan lagi.

Setelah PF encoder bersih, langkah selanjutnya, bongkar atau lepas komponen sensor PF Encoder yang letaknya berdekatan dengan PF Encoder.  Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.

Printer Epson 1390 Kertas Keluar Tersendat- sendat Paper jam
Lepas sensor PF Encoder
Setelah itu bersihkan bagian sensornya ( yang berwarna hitam ) dengan menggunakan embos, komporessor dan sebagainya. Jika tidak ada, anda bisa menggunakan tisu atau kain kering untuk membersihkannya.

Printer Epson 1390 Kertas Keluar Tersendat- sendat Paper jam
Sensor PF Encoder
Jika semua telah selesai, langkah selanjutnya, pasang kembali sensor PF seperti semula kemudian pasang juga casing penutupnya.
Hidupkan printer kemudian tunggu sampai standby. Jika sudah standby coba tekan tombol resume ( yang bergambar kertas ) kemudian perhatikan proses keluarnya kertas, apakah sudah normal..? Ciri sudah normal yaitu kertas keluar sepenuhnya tanpa ada error paper jam. Langkah terakhir coba print gambar dan lihat hasilnya. Jika hasil gambar loncat-loncat namun hasil nozzle tidak ada masalah, kemungkinan printer perlu dialignment. Silahkan alignment terlebih dahulu menggunakan program adjustmnet.

Itulah beberapa langkah cara mengatasi kerusakan pada printer Epson 1390 dengan gejala-gejala seperti yang sudah dijelaskan di atas. Sangat simpel bukan,,,? Bahkan tanpa membongkar casing sepenuhnya pun kita bisa memperbaikinya.
Akhir kata saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda, saya berharap semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, luangkan waktunya untuk like fanspage dan share artikel ini. Dan untuk mendapatkan notifikasi update artikel dari blog ini, silahkan subscribe blog ini dengan memasukan email anda pada kolom yang sudah disediakan  di bawah artikel. Terima kasih.

Artikel Terkait

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi, bekerja sebagai teknisi, meskipun masih sebagai teknisi awam tetapi selalu ingin berbagi pengalaman dan ilmu yang kang wiran dapatkan...

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Menngunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon