August 08, 2017

Printer Epson T11 dan C90 Berbunyi Keras Pada Saat Print dan Head cleaning

Printer Epson T11 dan C90 ini termasuk Printer Epson  keluaran lama atau model lama. Namun walaupun demikian tidak sedikit user yang masih setia menggunakannya. Kalu dilihat dari segi ketahanan, printer ini bisa diandalkan namun untuk kecepatan print, karena mungkin printer ini termasuk printer keluaran lama, jadi proses printnya cukup lambat jika dibandingkan dengan model-model baru seperti L110 L300 dan sebagainya.

Sesuai judulnya "Printer Epson T11 dan C90 Berbunyi Keras Pada Saat Print dan Head cleaning", jadi pada postingan ini technodand akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi kerusakan pada printer epson T11 dan C90 berupa munculnya suara keras pada saat printer tersebut digunakan misalnya pada saat printer mulai dinyalakan, pada saat head cleaning atau pada saat proses print. Keluhan seperti ini sangat sering di alami oleh pada user yang menggunakan printer tipe ini, terutama pada printer yang sudah digunakan cukup lama.

Sebelum ke langkah perbaikan, Sebaiknya kita pelajari dulu gejala-gejala yang terjadi supaya tidak salah sasaran pada saat perbaikannya. Baiklah berikut ini beberapa gejala yang terjadi pada  pada printer epson T11 dan C90 yang berbunyi keras.
  • Bunyi keras biasanya terjadi pada saat printer dinyalakan yaitu pada saat printer melakukan proses kalibrasi. Pada kondisi ini printer masih bisa digunakan.
  • Bunyi keras terjadi pada saat proses head cleaning, Pada kondisi ini head clenaing berjalan normal namun suaranya saja yang keras selain itu juga printer masih bisa digunakan seperti biasa.
  • Bunyi keras terjadi pada saat printer melakukan proses print.
  • Bunyi keras seperti ada gear yang patah biasanya terjadi pada saat proses head cleaning. Pada kasus ini biasanya proses head clening tidak berjalan normal, dan printer kemungkinan tidak bisa digunakan 
Itulah beberapa gejala yang perlu diketahui sebelum melakukan perbaikan. Dengan mengetahui gejala tersebut kita bisa langsung melakukan perbaikan secara tepat.   Untuk Selanjutnya marilah kita bahas mengenai penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Cara memperbaiki printer Epson T11 dan C90 yang berbunyi keras pada saat print

Untuk langkah awal perbaikan tentunya kita memerlukan beberapa alat yang harus digunakan yaitu berupa : obeng plus, dan obeng min, dan pinset . Kemudian untuk langkah-langkah perbaikannya silahkan pelajari penjelasannya berikut ini.

Untuk langkah awal seperti biasa bongkar casing printer terlebih dahulu, yaitu casing pada bagian atasnya. Untuk cara membongkarnya perhatikan beberapa gambar berikut ini.
Printer Epson T11 dan C90 Berbunyi Keras Pada Saat Print dan Head cleaning
Membuka casing
Congkel casing bagian bawah sebelah kiri atau kanan printer. Untuk mencongkelnya bisa menggunkan obeng min, solder asist, atau pinset. Setelah casing sedikit terbuka, kita lanjut ke bagian depan printer. Congkel pada bagian yang diberi tanda anak panah seperti pada gambar berikut ini.

Printer Epson T11 dan C90 Berbunyi Keras Pada Saat Print dan Head cleaning
Membuka casing
Setelah bagian depan terbuka, langkah terakhir congkel pada sisi satunya lagi.  Setelah itu lepas casing printer tersebut. Jika printer menggunkan sistem infus , terlebih dahulu lepas sistem infusnya supaya kita lebih leluasa pada saat membongkarnya.

Setelah casing bagian atas sudah di lepas perhatikan gambar di bawah ini.
Printer Epson T11 dan C90 Berbunyi Keras Pada Saat Print dan Head cleaning
Bagian yang mengalami kerusakan
Pada gambar di atas  terlihat beberapa gear yang saling berhubungan. Dan komponen yang mengalami kerusakan adalah sebuah gear yang ukurannya paling kecil. Untuk lebih jelasnya perhatikan pada  gambar yang  sudah saya perbesar dan ditandai dengan anak panah. Kompoen ini adalah penyebab munculnya suara keras pada saat printer di gunakan dengan gejala seperti yang sudah dijelaskan di atas pada poin 1, 2, dan poni 3.
Untuk mengatasi kerusakan ini tidak ada jalan lain selain mengganti dari komponen gear tersebut. Dan untuk mendapatkannya ada bisa membelinya di tukang service printer. Komponen ini biasanya diambil dari printer yang sudah rusak dan jika kita membelinya biasanya sudah satu paket gear dan motornya.

Untuk selanjutnya kita bahas kerusakan dengan gejala pada poin 4 seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kerusakan ini bisa diakali dengan sedikit kretifitas kita. Komponen yang mengalami keruasakan dan menyebabkan suara keras pada saat printer head celaning atau terkadang juga pada saat printer melakukan kalibrasi adalah komponen seperti pada gambar berikut ini.

Printer Epson T11 dan C90 Berbunyi Keras Pada Saat Print dan Head cleaning
Bagian yang mengalami kerusakan
Komponen di atas letaknya berada di sebelah kanan. Bagian tersebut berfungsi untuk menarik kertas pada saat printer melakukan proses print dan berfungsi untuk menggerakan pompa pembuangan. Dari kedua fungsi tersebut yang mengalami kerusakan adalah pada bagian yang berfungsi untuk menggerakan pompa pembuangan.  Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.

Printer Epson T11 dan C90 Berbunyi Keras Pada Saat Print dan Head cleaning
Bagian yang mengalami kerusakan
Bagian yang diberi tanda anak panah adalah bagian yang mengalami kerusakan. Komponen tersebut berfungsi sebagai tempat menempelnya gear ( pada gambar di atas saya mengambil contok gambar dari yang masih bagus ). Pada kasus yang sudah rusak bisanya bagian tersebut mengalami patah akibanya hubungan gear satu dengan yang lain menjadi tidak sempurna sehingga terjadi gesekan pada saat printer digunakan. Alhasil akan keluar suara keras pada saat printer digunakan. Untuk cara perbaikannya anda bisa mengakalinya dengan mengganti komponen ( as ) yang patah tersebut dengan plastik atau apapun yang penting bentuk dan ukurannya sama. Selain itu kita juga bisa mencari kanibalan atau membelinya di tukang service.

Itulah penjelasan tentang penyebab dan perbaikan printer Epson Tipe T11 dan C90 yang berbunyi keras pada saat digunakan. Saya berharap somoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda dalam melakukan perbaikan printer Epson T11 dan C90 khususnya dengan gejala keruskan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Akhir kata saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda ke blog sederhana ini. Jangan lupa untuk like share dan subscribe. Terima kasih.

Artikel Terkait

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi, bekerja sebagai teknisi, meskipun masih sebagai teknisi awam tetapi selalu ingin berbagi pengalaman dan ilmu yang kang wiran dapatkan...

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Menngunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon