Friday, August 25, 2017

Samsung Galaxy Grand Prime Touchscreen Tidak Berfungsi

Tags
Technodand pada kesempatan ini ingin membagikan pengalaman perbaikan hp yaitu perbaikan hp samsung dengan model Galaxy grand prime ( G531H ).
Awal kerusakan pada hp ini adalah pecah pada bagian touchscreen nya. Tanpa panjang lebar, technodand langsung berangkat ke toko sparepart hp di ITC kebon kelapa Bandung untuk membeli touchscreen penggantinya.

Bermula dari salah satu toko langganan dan yang paling murah menurut technodand, kemudian seorang petugas toko memberikan touchscreen galaxy grand prime tipe G530 untuk dicoba terlebih dahulu sambil bilang "mas biasanya untuk hp ini cocok-cocokan ya...".  Ternyata setelah dicoba memang benar, touchscreen tidak berfungsi sama sekali. Kemudian petugasnya memberikan toucscreen yang lain namun tetap sama. Dari 6 buah touch yang dicoba tidak ada satupun yang berfungsi. Akhirnya technodand ambil kesimpulan bahwa toucscreen untuk tipe G530 tidak bisa dipakai untuk G531 meskipun secara fisik 100% terlihat sama persis.
Akhirnya technodand mencari lagi ke toko lainnya, namun tetap sama meskipun pakai touchscreen untuk tipe G531 pun tidak ada yang berfungsi.

3 jam berlalu hanya untuk mencoba-coba touchscreen dari semua toko di ITC kebon kelapa Bandung, namun hasilnya tetap nihil, sampai akhinya pulang tanpa membuahkan hasil.

Samsung Galaxy Grand Prime  Touchscreen Tidak Berfungsi
Jumper
Karena masih penasaran, sampai dirumah technodand coba periksa lagi sang galaxy grand prime tersebut, mulai dari Socket pada MB sampai ke socket touchscreen. Setelah diukur satu persatu jalur dari socket touch ke socket yang dihubungkan ke MB ternyata ada 2 buah jalur yang putus. Secara kasat mata memang tidak terlihat ada jalur yang putus, namun jika pakai AVO meter didapatkan 2 jalur yang putus. Tanpa panjang lebar langsung technodand jumper memakai kabel email.

Keesokan harinya technodand kembali ke toko sparepart hp yang kemarin. Meskipun cuaca sangat panas tetapi semuanya langsung hilang setelah  disambut dengan senyuman dari  mba-mba para petugas toko, buka karena  senyumanya tetapi karena technodand merasa diakui sebagai customer, seperti pepatah "pembeli adalah raja " ... huhuhu...
Akhir cerita setelah mencoba satu toucscreen saja, hp berjalan dengan normal seperti biasa... Jadi kesimpulannya bukan dari toucscreen yang bermasalah namun dari jalur pada LCD nya.

Itulah pengalaman technodand ketika memperbaiki hp galaxy grand prime G531 yang touchnya tidak berfungsi.. Ini buka tutorial tetapi bisa dikatakan curhat seorang teknisi awam yang dipusingkan oleh sebuah hp... :-). Akhir kata technodand mengucapkan terima kasih atau kunjungannya, dan semoga tulisan ini bisa bermanfaat utnuk para pengunjung semuanya. Wasalam....


Artikel Terkait

4 komentar

Kalau lcd g531h bisa gak pakai punya g530

cocok-cocokan mas,,, harus di cobain,, tapi biasanya ga cocok..

eh lcd ya,,, kalau lcdnya biasanya bisa.. yang cocok-cocokan itu touchnya

Punya masalah yang sama. Beli Samsung grand prime second tp touchscreennya tidak berfungsi kayak beberapa sisinya, segaris segaris di bagian atas dan bawah. Kalau mau di service dimana ya?

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon