Cara Bongkar Scanner LXE MX8 Mobile Computer

# Tentang Honeywell LXE MX8

LXE MX8 ini adalah sebuah komputer portable dengan System Operasi Windows CE  yang dilengkapi dengan scanner. LXE MX8 atau Honeywell LXE MX8 ini biasanya digunakan untuk input data barang misalnya di gudang di sebuah perusahaan , serta untuk kebutuhan input data lainnya.
Pada postingan ini technodand ingin membagikan sebuah tutorial bagaimana cara membongkar Scanner LXE MX8 ini yang mungkin ada diantara pembaca yang sedang kesulitan dan sedang mencari tutorial bagaimana cara membongkar scanner LXE MX8 ini. Semoga dengan tulisan ini bisa menjadi referensi untuk pembaca yang sedang membutuhkan.

honeywell lxe mx8
LXE MX 8 Mobile Computer


Tujuan membongkar scanner ini adalah untuk melakukan proses perbaikan. Karena berdasarkan pengalaman technodand, dalam kurun waktu tertentu pasti akan terjadi error pada scanner ini sehingga mau tidak mau kita harus membongkarnya untuk memperbaiki error tersebut. Adapun error yang sering terjadi adalah sebagai berikut.
  • LXE MX8 tidak bisa konek ke jaringan
  • LXE MX8 tidak bisa scan
  • Lampu laser pada scanner LXE MX8 tidak menyala
  • Mati total
  • Dll
Memang untuk memperbaiki kerusakan atau error pada LXE MX8 ini tidak semuanya harus di kerjakan dengan membongkarnya terlebih dahulu. Ada beberapa error yang bisa di selesaikan hanya dengan melakukan setingan atau dengan mereset langsung dari sistemnya.

# Cara membongkar Honeywell LXE MX 8


Baiklah untuk cara membongkar scanner LXE MX 8 ini bisa anda simak beberapa langkah berikut ini.

Langkah pertama buka  baterainya. setelah itu buka semua bautnya. Untuk lokasi bautnya silahkan lihat pada gambar di bawah ini.

Honeywell LXE MX8
Buka semua baut

Setelah semua baut dibuka, langkah selanjutnya lepas cover penutup scanner,, cara membukanya yaitu dengan cara sedikir ditarik ke arah kanan sambil ditarik ke atas.

Honeywell LXE MX8
Lepas cover penutup laser

Langkah selanjutnya buka cover atau casing belakang. Caranya dengan cara dicongkel menggunakan solder asist, obeng min atau sejenisnya. Setelah mulai terbuka, anda jangan langsung melepas cover belakangnya dikarenakan masih ada beberapa kebel yang harus dilepas terlebih dahulu. Perlu diingat kabel-kabel berikut sangat rentan putus jadi kerjakan dengan perlahan dan hati-hati.  Biarkan cover belakang setengah  terbuka sekitar 3 cm.

Honeywell LXE MX8
Congkel menggunakan obeng min atau sejenisnya

Dalam keadaan cover belakang setengah terbuka, lepas terlebih dahulu kabel flexibel yang ditandai dengan anak panah dan lepas juga socket kabel yang tehubung ke switch baterai yang letaknya ada di  bagian bawah atau terlihat di ujung sebelah kiri pada gambar. Pada saat melepas kabel-kabel tersebut, lakukan dengan hati-hati karena kabel tersebut mudah putus.

Honeywell LXE MX8
Melepas kabel fleksibel

Langkah selanjutnya kita beralih ke sisi sebelahnya. perhatikan pada tanda anak panah pada gambar dibawah ini. Lepas kabel yang ditandai oleh anak panah tersebut dengan hati-hati...

Perhatian :
Kabel tersebut adalah kabel yang terhubung ke baterai yang berfungsi sebagai baterai backup setingan. Jadi ketika baterai utama dilepas, setingan akan tetap tersimpan. Kabel baterai backup tersebut sangat-sangat rentan putus, jadi lakukan dengan sangat hati-hati.

Honeywell LXE MX8
Melepas kabel baterai backup

Setelah semua kabel yang terhubung ke cover belakang dilepas, silakan buka cover belakangnya, setelah itu kita fokus ke bagian mainboard.. Selanjutnya lepas kabel flexibel yang terhubung ke bagian laser. Lihat tanda anak panah pada ganbar dibawah ini.

Cara Bongkar Scanner  LXE MX8  Mobile Computer
Lepas kabel scanner

Setelah kabel fleksibel laser sudah dilepas, lepas modul wifi dengan cara mengesernya searah anak panah pada gambar dibawah ini, kemudian lepas kabel antena wifi yang terhubung ke modul wifi tersebut.

Cara Bongkar Scanner  LXE MX8  Mobile Computer
Lepas modul wifi


Cara Bongkar Scanner  LXE MX8  Mobile Computer
Lepas modul wifi


 Sekarang kita beralih ke bagian laser. Bongkar laser tersebut dengan cara membuka ke-empat baut penguncinya. Gunakan obeng plus kecil untuk membukanya. Selain itu lepas juga kabel antena wifi yang terhubung ke mainboard.


Cara Bongkar Scanner  LXE MX8  Mobile Computer
Melepas modul laser

Setelah modul laser berhasil dilepas, sekarang kita lepas bagian kabel fleksibel yang menghubungkan maiboard utama dengan mainboard keypad dan kabel fleksibel display atau LCD. Pada tahap ini yang kita lakukan hanyalah membuka penguncinya saja untuk kabel fleksibelnya jangan dulu dilepas. Setelah itu buka semua baut yang ditandai dengan anak panah.

Cara Bongkar Scanner  LXE MX8  Mobile Computer
Buka semua bautnya

Setelah semua baut dilepas, angkat mainboard dengan perlahan, setelah mainboard sedikit terangkat, lepas kabel fleksibelnya dengan hati-hati.


Cara Bongkar Scanner  LXE MX8  Mobile Computer
Angkat mainboard dan lepas kabel fleksibel

Sampai tahap ini anda sudah berhasil membongkah LXE MX8 Mobile Computer,,, Langkah selanjutnya silakan lakukan perbaikan sesuai kerusakannya misalnya ganti lcd, ganti keypad,, dan sebagainya.

Cara Bongkar Scanner  LXE MX8  Mobile Computer
Sudah berhasil dibongkar

Itulah cara membongkar Honeywell LXE MX8 semoga bisa bermanfaat untuk para pengunjung technodand. Untuk perbaikan perangkat ini akan dibahas pada postingan-postingan selanjutnya.
Akhir kata technodand mengucapkan terimakasih atau kunjungannya. Jangan lupa untuk like, share dan subscribe ... Terima kasih.

1 Response to "Cara Bongkar Scanner LXE MX8 Mobile Computer"

  1. terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/

    ReplyDelete

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel