Thursday, September 28, 2017

Cara Memasang Pembuangan Eksternal Printer Epson L220

Technodand.com pada kesempatan ini ingin membagikan sebuah tips bagaimana cara membuat atau memasang tabung pembuangan eksternal pada printer Epson seri L220. Tabung pembuangan eksternal ini berfungsi untuk menampung sampah tinta misalnya pada saat printer melakukan proses head cleaning.

Tabung pembuangan pada Printer Epson L220


# Kenapa harus pasang tabung pembuangan eksternal....?

Tabung pembungan atau waste ink pad pada printer epson L220 ini sebenarnya sudah disediakan yaitu berada di bawah casing pada sisi sebelah kanan printer. Secara ukuran tabung pembungan ini cukup besar sehingga bisa menampung sampah tinta cukup banyak, namun pada suatu waktu pasti akan mengalami penuh juga. Apalagi kalau printer sering di head cleaning. Jika tabung pembuangan sudah penuh maka sangat beresiko menyebabkan sampah tinta meluap dan bisa membasahi komponen pada printer misalnya bagian power supply atau sensor encoder, alhasil akan merusak printer.
Untuk pencegahan secara dini maka alangkah baiknya jika kita pasang tabung pembuangan eksternal, selain mencegah sampah tinta meluap, juga akan mempermudah kita untuk melakukan perawatan pada printer tersebut. Dengan dipasangnya tabung pembuangan eksternal  kita tidak perlu repot-repot membongkar printer ketika akan membuag sampah tinta ketika sudah penuh .

Namun ada sedikit permasalahan ketika kita berencana ingin memasang tabung pembuangan eksternal ini. Hal ini karena dengan memasang tabung pembuangan eksternal maka kita otomatis harus membongkar casing dari printer tersebut. Mungkin tidak ada masalah untuk printer yang sudah tidak dalam masa garansi. Namun untuk printer yang masih dalam masa garansi, dengan memasang pembuangan ekternal maka garansi akan hangus. Oleh karena itu silahkan dipertimbangkan terlebih dahulu secara matang.

Untuk pemasangan pembungan pada printer Epson seri L220 ini sebenarnya sama persis dengan pasang tabung pembuangan eksternal pada printer Epson L110, L300, dan L310, yang membedakan hanyalah proses membuka casing-nya saja.

Silahkan baca juga :
Metode cara pasang tabung pembungan eksternal yang akan saya bahas ini sudah saya terapkan dan hasilnya sangat memuaskan.. Dijamin 100% tidak akan mengalami kebocoran, sehingga sangat aman untuk printer epson L220 anda.

# Langkah-langkah cara memasang tabung atau selang pembungan pada printer Epson L220


Untuk langkah awal adalah melepas bagian scanner pada printer L220 ini. Untuk langkah cara melepas scaner pada printer Epson L220 ini bisa dilihat pada potingan berikut ini.
Setelah bagian scanner berhasil dilepas, langkah selanjutnya adalah melepas casing penutup sebelah kanan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Cara memasang tabung pembungan eksternal Epson L220
Lepas casing yang diberi tanda anak panah

Untuk melepas casing penutup sebelah kanan tersebut, anda harus membukan pengunci atau pengaitnya terlebih dahulu yaitu berada pada bagian dalam dan di bagain bawah printer.

Printer Epson L220 blinking
Letak pengait atau pengunci sebelah dalam

Gambar beriktu ini menunjukan letak pengait casing sebelah kanan yang berada tepat di sisi kanan bagian bawah printer, gunakan obeng min atau pinset untuk membukannya. Caranya dengan menekan pengaitnya sambih menggeser casing yang akan kita buka ke sebelah kanan.

Printer Epson L220 reseter
Letak pengait sebelah bawah

Setelah semua pengaitnya  lepas, langkah selanjutnya silahkan lepas casing penutup sebelah kanan tersebut.

reseter Epsn L300, L310, L220, L110
Melepas casing penutup sebelah kanan

Setelah casing sebelah kanan berhasil dilepas, silahkan buat lubang sebesar selang infus printer yang letaknya berada di dekat lubang selang pembuangan bawaan printer. Untuk melubanginya anda bisa menggunakan bor, obeng, solder atau menggunakan solder assist.

printer L220 program adjusment
Buat lubang sebesar selang infus

Langkah selanjutnya lepas tempat pembuangan bawaan dengan cara membuka baut penguncinya setelah itu geser tempat pembuangan ke sebelah kanan sampai tempat pembuangan bisa ditarik ke bawah.

memasang pembungan printer L220 anti bocor
Pasang selang pembuangan epson L220

Untuk langkah selanjutnya, pasang selang infus untuk disambungkan dengan selang pembuangan bawaan...Untuk lebih jelasnya bisa diperhatikan  pada gambar di bawah ini.

Cara reset printer epson L220
Pasang selang pembungan  printer Epson L220

Setelah selang disambungkan, masukan ujung selang bawaan ke lubangnya, tujuannya adalah supaya apabila terjadi kebocoran pada sambungan selang, tinta yang bocor tidak akan bocor keluar namun akan masuk ke tempat pembuangan bawaan,, jadi tetap aman. Berbeda jika menyambung selang pembuangan yang langsung di arahkan ke luar casing tanpa memasukannya ke area pembuangan bawaan, jika terjadi kebocoran pada sambungan selang maka tinta yang bocor tersebut akan membasahi daerah sekitar sambungan tersebut misalnya terkena ke bagian motor atau bocor ke bagian luar printer.

Pasang tabung pembuangan tinta pada printer Epson L220
Sambungkan selang utama dengan selang tambahan

Langkah selanjtnya adalah membuat lubang pada casing yang sudah kita lepas tadi, letak lubang tersebut tepat di dekat selang pembuangan.. Tujuan pembuatan lubang tersebut adalah untuk saluran selang pembuangan menuju tabung pembuangan eksternal.

waste ink pad epson L110  l210  L300  L310
Buat lubang untuk selang pembungan eksternal

Sebagai langkah terakhir, silahkan rakit kembali printer seperti semula,,  setelah itu sipakan sebuah botol untuk dijadikan tabung pembuangan external. Ketika printer melakukan head cleaning, maka tinta yang dibuang dari print head akan masuk ke tabung tersebut melalui selang yang sudah kita sambung sebelumnya.

waste ink pad epson L110  l210  L300  L310
Penempatan tabung pembuangan ekternal

Sampai di sini anda sudah berhasil membuat tabung atau tempat pembuangan sampah tinta pada printer Epson L220.. Untuk memastikan apakah tabung pembuangan tersebut bekerja dengan baik, silahkan lakukan pengetesan dengan cara head cleaning pada printer tersebut.

Itulah pembahasan tentang cara membuat tempat pembuangan eksternal pada printer epson L220 yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa memberikan manfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan atau masukan mengenai pembasanan postingan ini, silahkan sampaikan pada kotak komentar yang sudah disediakan.. Akhir kata saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa untuk like share dan subscribe technodand.com. Terima kasih......

Artikel Terkait

6 komentar

terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/

terimakasih atas informasinya dan jangan lupa knjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/obat-herbal-sakit-kepala/

thanks Informasinya jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/essen-galatama-lele/

mas, itu nama selangnya apa? ukurannya brapa?

itu selang bekas selang infus printer mas,, kalau beli harganya 5000 selangnya aja, kalau komplit 15 ribu sudah termasuk tabung dll

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon