Cara Memperbaiki Adaptor 12 Volt 9 Volt 6 Volt Mati Total atau Tegangan Tidak Sesuai

Adaptor atau catu daya adalah sebuah perangkat atau alat elektronika yang berfungsi untuk menurunkan tegangan ac yang besar  ( 110-240v ) menjadi tegangan dc yang relatif kecil misalnya 3V, 6V, 12V, 24V, dst yang digunakan untuk memberikan sumber tegangan untuk peralatan elektronika lainnya misalnya laptop, radio, printer, tv, dan sebagainya.

Baca dulu :

Cara memperbaiki adaptor atau power supply
Adaptor sistem Switching
Saat ini adaptor lebih dikenal dengan nama power supply, jenis dan bentuknya pun sangat bermacam-macam. Misalnya power supply PC, Adaptor laptop, power supply amplifier dan sebagainya. Walaupun berbeda-beda namun pada prinsip kerjanya sama yaitu menurunkan tegangan dari sumber listrik menjadi tegangan dengan besar atau nilai sesuai dengan yang dibutuhkan oleh rangkaian.
Kalau kita perhatikan sebuah charger handphone juga termasuk ke dalam jenis adaptor namun sistemnya saja yang berbeda.

Itulah sekilas tentang adaptor,, untuk pembahasan yang lebih lengkap lagi anda bisa membacanya pada postingan berikut ini

Adaptor, fungsi adaptor dan jenis-jenis adaptor (next)

Pada tulisan ini saya ingin membagikan sebuah pengalaman bagaimana cara memperbaiki adaptor yang mengalami kerusakan misalnya mati total, tegangan drop atau lebih kecil dari tegangan output yang seharusnya. Namun adaptor yang akan dibahas di sini adalah adaptor jenis AC matic atau sistem switching yang sederhana. Adaptor ini biasanya digunakan untuk monitor LCD/LED, TV LCD/LED, printer, dll.

# Bagaimana cara memperbaiki adaptor yang mati total...?


Untuk memperbaiki adaptor yang mati total, ada beberapa trik yang menjadi andalan technodand...meskipun bukan seorang ahli sekalipun seperti saya, pasti bisa memperbaikinya.


bagian primer dan sekunder adaptor
Adaptor

1. Adaptor mati total yang menyebabkan MCB langsung turun/trip ketika adaptor dihubungkan ke listrik


Pada kondisi ini ada dua kemungkinan kerusakan yaitu:

  • kerusakan sebelum komponen fuse atau sikring.

Biasanya terjadi karena ada konslet pada komponen sebelum sikring misalnya port power yang konslet karena terbakar. Untuk memastikannya ada bisa periksa sikring apakah putus atau tidak, jika putus berarti konslet setelah sikring dan jika sikring tidak putus berarti konslet ada pada daerah sebelum sikring.

  • Kerusakan setelah fuse atau sikring

Kerusakan ini karena ada komponen yang mengalami konslet pada daerah setelah sikring  dan sebelum trafo atau daerah primer. Komponen yang biasanya mengalami kerusakan adalah komponen aktif seperti dioda ( no.2 ) , transitor atau mosfet ( no.3 ), dan IC ,, untuk melakukan perbaikan silahkan lakukan pengukuran pada setiap komponen aktif pada daerah primer dimulai dari komponen dioda penyearah, transistor switching, IC PWM dan komponen aktif yang lainnya.

cara memperbaiki adaptor 9v 12v 24v
Adaptor  atau power supply
Keterangan gambar:
  • Fuse atau sikring
  • Dioda penyearah
  • Transistor atau Mosfet
  • Resistor
  • Elco tegangan 300 Volt
  • Elco
  • Dioda schottky
  • Elco bagian sekunder

Jika hasil pengukuran ditemukan komponen yang konslet silahkan ganti dengan yang masih bagus..Untuk transistor jika tidak menemukan komponen pengganti yang sama, anda bisa menggunakan dengan tipe lain asalkan spesifikasinya sama. Untuk cara mengetahui spesifikasi sebuah komponen, anda bisa mencari datasheetnya di google... Untuk mengetahui IC PWM apakah masih bagus atau tidak memang sedikit sulit karena diperlukan alat khusus yang bisa menampilkan gelombang yang dikasilkan komponen ic tersebut misalnya dengan osiloscop,, namun untuk langkah awalnya anda bisa memperhatikan komponen tersebut dari fisik apakah terlihat terbakar atau tidak, selain itu anda bisa mencari datasheetsnya kemudian lakukan pengukuran tegangan pada komponen tersebut, misalnya tegangan input dan output  setelah itu bandingkan dengan data yang sudah anda dapatkan pada dasheets ic tersebut.  Jujur saya juga sering merasa kesulitan ketika mengukur komponen ic pwm ini, mungkin karena saya bukan seorang yang ahli dalam bisang elektronika.

Jika semua komponen yang mengalami konslet sudah diganti, langkah selanjutnya adalah pastikan bahwa daerah primer tidak mengalami konslet.. setelah itu coba hubungkan dengan listrik PLN untuk mencobanya.

jika anda merasa ragu apakah rangkaian sudah bagus atau tidak , apakah masih konslet atau tidak, anda bisa menggunakan cara di bawah ini.

Cara aman mengetes power supply atau adaptor (postingan selanjutnya)

Jika setelah dicek, adaptor masih tetap mati namun tidak menyebabkan mcb turun atau trip lanjutkan ke langkah perbaikan berikutnya

2. Adaptor mati total tetapi tidak menyebabkan mcb turun


Untuk menyelesaikan keruskan ini silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini. Kerusakan ini saya akan bagi menjadi dua bagian yaitu kerusakan pada daerah primer dan kerusakan pada daerah sekunder.

  • Kerusakan pada daerah primer

kerusakan daerah primer adalah kerusakan pada komponen yang berada antara port power dan trafo switching.

Jika terjadi konslet pada daerah ini caranya sudah dijelaskan pada poin sebelumnya. Untuk kerusakan yang terjadi pada daerah primer ini, ada satu gejala atau ciri yang bisa kita temukan dan kita bisa pastikan bahwa kerusakan berada di daerah primer. Ciri yang muncul tersebut adalah tertampungnya arus yang besar pada komponen Elco filter yang mempunyai  tegangan dan ukuran paling besar ( komponen no.5 pada gambar 2 ) Elco ini persis berada setelah dioda penyearah, untuk tegangannya  berkisar antara  200 volt sampai 300 volt tergantung sistem yang digunakan. Jika menggunakan 2 elco besar biasanya tiap tegangan elconya sebesar 200 volt. dan untuk yang menggunakan satu elko biasanya tegangan yang tertampungnya sebesar 300 volt.

Ketika anda mencoba atau melakukan pengetesan pada adaptor, jika tidak terjadi konslet namun adaptor tetap mati, maka biasanya walapun kabel power sudah dicabut, tegangan pada elco akan tetap tertampung. oleh karena itu sebelum dilakukan pebaikan, silahkan buang muatan listrik pada elco tersebut

Dengan adanya muatan listik 300 volt yang tertampung pada elco, berarti sudah dipastikan bahwa kerusakan terjadi di daerah primer. Berdasarkan pengalaman biasanya komponen yang mengalami kerusakan adalah komponen resistor ( no.4 gambar 2 ) yang menurunkan tegangan 300 volt dari elco besar menjadi beberapa volt yang terhubung ke komponen ic PWM ( no.2 pada gambar 1 )... silahkan cek dengan AVO meter apakah komponen resistor nya  ( no.4 gambar 2 ) masih bagus,, selain itu lakukan juga pengecekan pada komponen resistor lainnya yang berada pada bagian primer. Cara mengukur resistor apakah masih bagus atau tidak adalah dengan cara mengukur resistor tersebut dengan avo meter kemudian membandingkannya dengan kode warna pada resistor tersebut , apakah sama atau tidak.. jika sama atau relatif sama berarti resistor masih bagus dan sebaliknya.


Komponen yang kedua yang sering menjadi penyebab keruskan adalah komponen elco ( no.6 gambar 2 ) yang terletak disekitar ic pwm, namun selain itu juga silahkan cek elco yang lainnya pada daerah primer. Untuk mengetahui elco masih bagus atau tidaknya, anda harus menggunakan esr meter,  karena jika menggunakan avo biasanya sangat sullit membedakannya.. Walaupun nilai yang muncul di avo sama dengan yang tercantum pada body elco namun itu tidak bisa dipastikan bahwa elco masih bagus. Jika tidak mempunyai ESR meter maka anda bisa menggunakan alternatif lain yaitu dengan menggantinya dengan elco yang masih baru.

Komponen yang ketiga adalah IC PWM, IC PWM  ini adalah IC yang menghasilkan gelombang tertentu untuk memberikan sinyal pada transistor atau mosfet. Jika IC ini rusak maka akan menyebabkan adaptor tidak bekerja atau mati total.

  • Kerusakan pada daerah sekunder

Kerusakan daerah sekunder adalah kerusakan pada adaptor yang berada pada bagian sekunder yaitu pada kompoenen setelah trafo...Pengecekan kerusakan mati total pada bagian ini relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan pengecekan kerusakan mati total pada bagian primer. pada bagian sekunder ini, komponen yang biasanya menjadi penyebab adaptor mati total adalah komponen dioda ( no.7 gambar 2 ). Dioda tesebut bisa berupa dioda skottsky ataupun dioda biasa.

# tegangan adaptor tidak sesuai dan adaptor mejadi drop ketika dihubungkan ke beban atau perangkat


Kerusakan ini yaitu adaptor tidak bekerja secara optimal, ketika adaptor di sambungkan ke sumber listrik dan bagian output dari adaptor tersebut tidak disambungkan ke beban, maka adaptor tersebut akan bekerja normal dan tegangannya pun sesuai dengan spesifikasi adaptor tersebut. Namun ketika output dari adaptor tersebut disambungkan ke rangkaian atau beban maka adaptor tersebut akan langsung mati atau  tegangannya menjadi drop. Kerusakan ini bisanya terjadi karena ada elco yang sudah rusak misalnya sudah kering atau sudah mengembung.

Elco yang menjadi penyebab dropnya tegangan ouotput adalah elco yang ukrannya paling besar  yang berada pada bagian primer ( no.5 gambar 2 ) dan elco-elco ( no.8 gambar 2 ) yang berada pada bagian sekunder. Untuk memastikan apakah elco masih bagus atau sudah rusak, silahkan lakukan pemeriksaan dengan menggunakan esr meter. atau jika tidak ada, anda bisa mencobanya degan menggati elco-elco tersebut dengan elco yang masih bagus. Jika tidak ada elco yang kapasitas nya sama, anda bisa menggunakan elco dengan kapasitas yang lebih besar dan dengan tegangan yang sama atau lebih besar. Jangan gunakan elco yang mempunyai kapasitas maksimal tegangan yang lebih kecil.

Mungkin itu saja pembahasan tentang bagaimana cara mengatasi kerusakan pada adaptor yang mengalami mati total, atau tengannya drop. Semoga bisa bermanfaat dan mohon maaf jika ada kesalahan atau kekeliruan pada postingan di atas mengingat saya bukan seorang ahli dalam bidang elektronika. Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan sampaikan melaui kotak komentar yang sudah disediakan. Jangan lupa untuk like,share dan subscribe blog technodand.com. Terima kasih.

10 Responses to "Cara Memperbaiki Adaptor 12 Volt 9 Volt 6 Volt Mati Total atau Tegangan Tidak Sesuai"

  1. terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungannya,,, insya Allah saya pasti berkunjung

      Delete
  2. thanks Informasinya jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/essen-galatama-lele/

    ReplyDelete
  3. kalau travonya konslet apa lampu yg terkoneksi dengan travo atau adaptor jadi ikut terbakar?

    ReplyDelete
  4. Kalo adaptor di kasih beban mati hidup mati hidup terus itu kenapa ya gan terus kalo di cabut tegangan normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan arusnya lemah karena elco pada adaptor udah rusak.. Atau tegangan drop karena ada konslet pada rangkaian beban

      Delete
  5. Terima kasih bos, sangat bermanfaat,jadi sedikit tau tentang elektrik

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. itu saklar pengaman listrik di rumah, :-)

      Delete

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel