Monday, September 11, 2017

Cara Pasang Infus Catridge Printer Epson C90 Anti General Error

Technodand.com pada kesempatan ini ingin  berbagi bagaimana cara pasang infus catridge untuk Printer Epson C90.  Sebenarnya mungkin artikel ini bisa dikatakan telat karena mengingat bahwa printer epson C90 ini sudah termasuk printer dengan tipe lama sehingga mungkin sudah jarang yang menggunakannya. Namun justru karena termasuk tipe yang sudah lama lah yang memancing technodand untuk membuat artiel ini.

Cara Pasang Infus Catridge Printer Epson C90 Anti General Error
Epson C90 dengan sistem infus

Berawal dari beberapa waktu lalu dimana technodand memperbaiki sebuah printer dengan tipe C90 yang mengalami general error. General error pada printer ini ditandai dengan menyalanya lampu indikator kertas namun indikator power tidak menyala  serta printer tidak bisa digunakan.. Pada printer Epson C90 yang technodand kerjakan ini memang general errornya cukup sering terjadi baik pada saat printer melakukan proses print maupun pada saat printer mulai dinyalakan.

Setelah dilakukan analisa ternyata general error disebabkan karena selang infus yang sudah mulai mengeras sehingga mengganggu gerakan rumah catridge. Terjadinya pengerasan selang infus ini mungkin karena usia printernya yag sudah cukup tua. Dari situlah muncul ide untuk membuat artikel ini karena technodand berfikir bahwa mungkin untuk semua printer Epson C90 yang pakai sistem infus dan dengan pemakaian relatif lama pasti akan sering mengalami general error yang disebabkan oleh selang infus yang sudah mengeras.

Untuk mengetahui apakah general error disebabkan karena selang infus atau bukan, anda bisa menganalisanya dengan cara yang biasa technodand lakukan berikut ini.

  • Lepas terlebih dahulu catridge dan selang infus nya
  • Buka cover atau casing printer bagian atasnya.
  • Setelah itu pasang kembali catridge atau sistem infusnya kemudian nyalakan printer 
  • Jika printer menyala dengan normal dan tidak terjadi error, lanjutkan dengan melakukan pengetesan pada printer C90 tersebut, misalnya head cleaning atau tes print.
  • Jika printer bekerja dengan normal berarti kemungkinan terbesar general error yang sering muncul disebabkan oleh sistem kabel infus yang bermasalah.
Jika sudah dipastikan bahwa penyebab terjadinya error adalah karena selang infus yang bermasalah, lakukan perbaikan pada penempatan selang infusnya . Usakan agar selang infus tidah mengganggu atau menghambat gerakan rumah catridge pada saat rumah catridge bergerak ketika printer digunakan  meskipun selang infus sudah cukup lama ( sudah mulai mengeras ).  Untuk cara pemasanganya silahkan simak beberapa langkah berikut ini.

Cara memasang selang infus catridge pada printer Epson C90

 

Untuk memasang selang infus pada printer C90, anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.
  • Langkah pertama buka terlebih dahulu cover atas printer. Kemudian selanjutnya kita fokus ke bagian rumah catridge. 
  • Pada rumah catridge, tepat sejajar dengan selang infus, silahkan lubagi dengan ukuran sebesar selang unfus yang digunakan. Untuk melubanginya anda bisa meggunakan mata solder yang sudah dipanaskan kemudian dirapikan dengan pisau cutter.
  • Untuk lebih jelasnya perhatikan dua gambar dibawah ini, dimana gambar yang atas adalah gambar rumah catridge sebelum dilubangi atau belum dimodifikasi dan gambar yang bawahnya adalah gambar rumah catridge yang sudah di modifilasi dengan cara dilubangi untuk memasukan selang infus.

Cara Pasang Infus Catridge Printer Epson C90 Anti General Error
Sebelum dimodifikasi

Cara Pasang Infus Catridge Printer Epson C90 Anti General Error
Setelah dimodifikasi

  • Setelah rumah catridge di modifikasi, pasang kembali sistem infusnya, terakhir pasanglah penyangga untuk penempatan selang infus seperti yang ditandai pada gambar di bawah ini. Jika sudah selesai cobalah gerakan atau geser rumah catridge ke kiri dan ke kana, pastikan selang infus tidak nyangkut atau mengganngu gerakan rumah head. Selain itu atur supaya selang infus yang menuju rumah catridgenya tidak terlalu panjang atau terlalu pendek.

Cara Pasang Infus Catridge Printer Epson C90 Anti General Error
Pemasangan selang infus Epson C90

  • Langkah terakhir lakukan pengetesan pada printer Epson C90 yang sudah kita rubah pemasangan selang infusnya tersebut. Jika tidak terjadi error berarti anda sudah berhasil memasang selang infus catridge dengan  benar..

Itulah cara memacang selang infus pada printer Epson C90 versi technodand.com. Semoga bermanfat untuk para pengunjung technodand semuanya. Jika ada yang kurang difahami, silahkan menghubungi technodand atau tulis pada kolom komentar di bawah postingan.
Akhir kata tecnodand mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda, dan jangan lupa untuk like, share dan subscribe blog technodand.com.

2 comments:

  1. terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/

    ReplyDelete
  2. thanks Informasinya jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/essen-galatama-lele/

    ReplyDelete

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon