September 04, 2017

Cara Reset Catridge Canon

# Apa itu Catridge 


Catridge adalah sebuah perangkat pada  printer yang berguna untuk menyimpan, mengatur dan tempat keluarnya tinta ketika proses mencetak.  Pada printer Canon bentuknya sangat berbeda jika dibandingkan dengan cartidge yang dipakai oleh printer yang bermerk Epson. Pada printer canon  ini dalam sebuah catridge, didalamnya sudah termasuk tempat penampungan tinta serta print headnya yang sudah menyatu. Hal ini berbeda dengan yang digunakan pada printer merk Epson. Pada printer epson antara tabung penampungan tint dan print headnya terpisah.

Catridge Canon ink
Cartridge Canon

Untuk anda yang menggunakan printer bermerk Canon pasti pernah melihat notifikasi catridge canon anda yang sudah habis dan muncul tanda serunya pada saat printer sedang melakukan proses print, Atau banyak kasus juga terjadi setelah pengisian tinta. Pada kondisi ini biasanya printer tidak bisa digunakan karena tinta yang terdetekasi oleh printer sudah habis dan harus segera diganti. Walapun cartidge sudah kita isi ulang tintanya namun tidak akan menghilangkan tanda serunya dan catridge akan terdetekasi habis oleh printer.

# Mengatasi Catridge Canon yang bertanda seru


Masalah catridge yang terdeteksi habis dan ada tanta serunya ini muncul karena printer memberitahukan kepada kita bahwa cartridge harus di ganti dengan yang baru, atau harus melakukan refill dengan catatan harus melakukan reset terlebih dahulu untuk menghilangkan indikator tinta.  Ketika notifikasi catridge habis dan muncul tanda seru muncul, sebenarnya printer masih bisa digunakan karena notif tersebut adalah informasi untuk penggunanya yang memberitahukan bahwa tinta hampir habis. Namun walaupun demikian dalam waktu dekat catridge canon tersebut tidak akan berhenti bekerja dan harus kita reset supaya bisa digunakan.

Untuk cara mereset catridge canon yang sudah habis, silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini.
  1. Hidupkan  printer anda,  Cartridge akan bergerak kiri dan kanan seperti biasa, silahkan tunggu sampai proses selesai
  2. Setelah printer standby, maka indikator printer akan berkedip yang menandakan bahwa catridge sudah habis.
  3. Untuk meresetnya silahkan cari tombol resume yang biasanya bergambar kertas pada tombolnya. Setelah itu tekan tombol tersebut selama kurang lebih 5 detik
  4. Setelah tombol resume ditekan selama 5 detik, biasanya printer akan otomatis melakukan head cleaning
  5. Silahkan tunggu sampai proses head cleaning selesai dan printer sudah siap untuk digunakan kembali.
 Itulah cara mereset catridge canon yang sudah habis,,, sangat mudah bukan,,, ? saya yakin pasti anda bisa melakukannya... Untuk melakukan proses reset ini, anda tidak perlu takut karena ini bukan merupakan kerusakan yang fatal.

ket: 
Jika setelah Cartidge canon anda sudah direset dan printer sudah bisa digunakan kembali namun indikator tanda seru masih ada, anda cukup mengabaikannya saja. Biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun jika tanda serunya tidak hilang dan lampu inkator tinta masih berkedip ( canon seri Mp), jika pada kodisi tersebut printer masih bisa dipakai untuk print, silahkan abaikan saja.

Akhir kata saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda, jangan lupa like, share dan subscribe blog ini.

Artikel Terkait

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi, bekerja sebagai teknisi, meskipun masih sebagai teknisi awam tetapi selalu ingin berbagi pengalaman dan ilmu yang kang wiran dapatkan...

1 komentar so far

terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Menngunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon