Perbaikan Printer Epson L220 Error Blinking Paper Jam

Printer epson L220 ini mirip dengan Epson L210,, sudah menggunakan catridge dengan sistem infus serta kedunya dilengkapi dengan scanner. Namun untuk printer dengan seri L220 ini kecepatan proses mencetak nya lebih cepat dibandingkan dengan seri L210 pendahulunya. Selain itu secara fisik, mekanik, komponen,dan Mainboard printernya sama. Yang membedakan hanya Firmwarenya saja.

Perbaikan Printer Epson L220 Error Blinking Paper Jam
Epson L 220

Kerena dari segi mekanik dan komponen penyusun yang lainnya sama dengan printer Epson  L210 jadi pebaikannya juga sama. Dengan kata lain pembahasan perbaikan yang akan di bahas pada postingan ini juga bisa digunakan untuk proses perbaikan untuk printer seri L210, dan bahkan untuk epson Seri L lainnya seperti L110, L300, L310, dan sejenisnya Karena secara mekanik  Printer L110, L300 L310 juga sama dengan Epson L220.

Adapun masalah yang akan dibahas pada tulisan ini adalah pengalaman technodand ketika memperbaiki printer Epson L220 yang mengalami error pada saat printer mulai dinyalakan.

# Gejala error yang muncul


Sebelum ke langkah perbaikan, ada beberapa gejala yang muncul pada saat printer Epson L220 ini mengalami error yang technodand temukan. Silahkan simak beberapa gejala yang muncul berikut ini.
  1. Pada saat printer dinyalakan, as atau PF roller ( yang berfungsi untuk menggerakan kertas maju ) akan berputar terus, kemudian setelah itu printer mengalami error paper jam
  2. Rumah catridge (carriage unit ) bergerak sedikit kemudian diam kemudian error
  3. Indikator power dan indikator kertas berkedip ( blinking )
  4. Tidak ada kertas yang tertarik
Berdasarkan beberapa gejala yang muncul kita sudah bisa memprediksikan bahwa ada error disekitar bagian tempat masuknya kertas. Hal ini bisa dilihat dari bagian PF Roller yang terus berputar seolah-olah ada kertas yang sedang ditariknya walaupun kenyataanya tidak ada kertas yang melewati PF Roller tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa AS akan berputar ketika ada kertas yang terdeteksi oleh sensor kertas seperti pada saat printer sedang melakukan proses print. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa yang bermasalah ada pada bagian tersebut  yakni di sekitar tempat masuknya kertas.

Mungkin anda tertarik dengan artikel ini:

# Cara perbaikan kerusakan


Setelah kita memahami gejala dan kemungkinan-kemungkinan penyebab terjadinya error, langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan dengan mengacu pada hasil analisa yang sudah kita dapat dengan memperhatikan gejala kerusakan yang muncul.

Berikut ini adalah langkah- langkah perbaikan cara mengatasi Error Paper jam pada printer Epson L220 dengan gejala seperti yang sudah dijelaskan di atas.

  • Langkah pertama adalah membongkar atau melepas bagian scaner printer,  Untuk cara melepasnya silahkan buka salah satu baut yang berada pada sisi kiri printer ( dilihat dari belakang printer ). Pada tahan ini pastikan dulu bahwa printer tidak dalam masa garansi, karena dengan membukan baut, otomati sakan merusak segel  dan menghanguskan garansi dari printer tersebut.

Printer Epson L220 Error Blinking Paper Jam
Membongka bagian scanner Epson L220
  • Setelah baut bagian atasnya sudah kita buka, langkah selanjutnya adalah melepas bagian scanner tersebut dengan cara mengangkat sisi kanan ( no 1 ) kemudian geser ke sebelah kiri sedikit sampai pengeit pada bagian sisi kiri ( no 2 ).

Perhatian :
Pada bagian sisi kiri terdapat kabel fleksibel yang menghunbungkan canner dengan mainboard printer, jadi lakukan dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan pada kabel fleksibel tersebut.

  • Setelah bagian kiri dan kanan terlepas, sampai tahap ini belum beres karena kabel fleksibelnya masih belum dilepas. Jadi pegang bagian scanner ( jangan sampai jatuh ), kemudian lanjut ke tahap berikutnya.

Printer Epson L220 Error Blinking Paper Jam
Melepas bagian Scanner

  • Masih dalam keadaan memegang scanner, Silahkan lepas bagian yang diberi tanda x pada gambar di bawah ini. Untuk melepasnya buka terlebih dahulu baut yang letaknya ditandai dengan angka 1 kemudian congkel pada sisi sebelah kiri ( panah angka 2 ) setelah itu tarik ke atas sampai lepas dari dudukannya. Setelah terlepas, perhatiakn pada sisi sebelah kiri, lepas kabel fleksibel scanner dengan menariknya ke belakang dengan hati-hati.

Perbaikan Printer Epson L220 Error Blinking Paper Jam
Melepas bagian Scanner

  • Jika bagian scanner printer sudah berhasil dilepas, angkah selanjutnya adalah mencari penyebab terjadinya error pada printer Epson L220 ini.  Berdasarkan uraian di atas, bahwa penyebab error  ada pada bagian disekitar tempat masuknya kertas. Oleh karena itu kita langsung fokus menuju bagian tersebut. Perhatikan bagian yang dilingkari pada gambar di bawah ini. Bagian tersebut adalah tempat masuknya kertas pada saat printer L220 ini di gunakan. Pada bagian tersebut cobalah periksa apakah ada benda asing yang bisa menyebabkan terjadinya error misalnya balpoin, isi staples atau potigan kertas yang  menghalangi proses masuknya kertas ke area print pada saat printer melakukan proses print.

Perbaikan Printer Epson L220 Error Blinking Paper Jam
Memeriksa bagian masuknya kertas

  • Jika pada langkah sebelumnya tidak ada hal yang mencurigakan, langkah selanjutnya kita periksa salah satu komponen yang berfungsi untuk mendeteksi kertas yang masuk area print. Komponen tersebut adalah sebuah tuas kecil yang terhubung ke sensor, yang akan bergerak ketika kertas masuk dan memberi sinyal ke bagian sensor. Pada printer Epson L Series seperti L110, L210, L300, L310,  L555, L535  dan termasuk Epson L220, sangat rentan mengalami masalah pada bagian ini.
  • Berdasarkan pengalaman biasanya dudukan tuasnya lepas, patah, atau per-nya lepas sehingga menyebabkan error paper jam  pada saat printer digunakan. Untuk lebih jealsnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini. Bagian yang diberi nomor 1 adalah tuas yang akan bergerak ketika kertas masuk ke area pencetakan, kemudian yang nomor 2 adalah per yang berfungsi mengembalikan tuas ketempat semula setelah kertas keluar dari area pencetakan.

Perbaikan Printer Epson L220 Error Blinking Paper Jam
Memeriksa sensor

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada postingan ini, semoga saja bisa bermanfaat untuk pengunjung blog technodand ini.
Pembahasan di atas adalah pembahasan tentang perbaikan error paper jam, untuk general error biasanya disebabkan oleh komponen lainnya misalnya karena ada masalh pada bagian asf roll yang bawah, dan sebagainya. Untuk pembahasan tentang kerusakan ini biasa di baca pada postingan berikut ini.
Akhir kata, technodand mengucapkan terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa untuk like, share, dan subsribe technodand.com atau chanel youtube technodand.

3 Responses to "Perbaikan Printer Epson L220 Error Blinking Paper Jam"

  1. terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu bang.. . Berhasil. Terimakasih bang semoga menjadi ladang pahala bagi abang.

    ReplyDelete
  3. tôi đã làm nhưng không được máy in vẫn báo đèn
    https://mucindaitin.com/

    ReplyDelete

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel