Thursday, October 19, 2017

Mengatasi Printer Epson C90 T11 T20 Indikator Tinta Menyala [ tinta tidak terdeteksi ]

Ketika sebuah printer digunakan pada suatu saat level tintanya akan mencapai maksimum sehingga printer tidak bisa digunakan untuk melakukan proses print. Pada kondisi ini biasanya printer mengeluarkan pesan berupa munculnua indikator berupa menyalanya lampu indikator tinta serta notifikasi pada komputer yang terhubung dengan printer yang bersangkutan.

Indikator yang muncul pada komputer biasanya berupa pesan bahwa tinta tidak terdeteksi yang ditandai dengan tanda silang pada catridge yang tidak terdeteksi tersebut. Indikator ini muncul saat proses print atau juga bisa dilihat di properties driver printer tersebut. Begitu juga dengan printer Epson C90, T11 dan T20  yang akan kita bahas di sini.

Printer ini termasuk printer yang sudah lawas sehingga mungkin penggunanya pun sudah jarang. Namun walaupun begitu di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi permasalah tinta tidak terdeteksi pada printer ini. Berikut ini adalah gejala yang muncul ketika tinta tidak terdeteksi.
  • Lampu indikator tinta ( warma merah )menyala pada saat printer dinyalakan atau tepatnya pada saat printer melakukan kalibrasi.
  • Lampu indikator power dan indikator tinta menyala diam. Jika lampu indikator tinta menyala tetapi indikator power mati, itu menandakan printer dalam keadaan general error dan tidak bisa menggunakan cara yang dijelaskan pada tulisan ini. 
  • Muncul pesan di status monitor pinter pada komputer yang terhubung ke printer tersebut. Pesan tersebut berupa pop up  yang muncul pada saat akan melakukan print. Pada jendela pop up tersebut akan terlihat tinta warna apa yang tidak terdeteksi yang ditandai dengan tanda silang.
Untuk cara mengatasi tinta tidak terdeteksi pada printer epson C90,T11 dan T20 ini, anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

1. Dengan cara Reset Chip Catridge 


Jika anda menggunakan tinta original pada langkah awal adalah dengan membersihkan bagian chip pada catridgenya  dan jika masih tidak terdeteksi berarti sudah waktunya anda membeli catridge yang baru. Untuk yang menggunakan sistem infus anda bisa memulainya dengan mereset chip pada catridgenya. Cara meresetnya yaitu dengan menekan tombol yang ada pada chip catridge tersebut. Silahkan tekan tombol tersebut beberapa detik, kemudian tekan tombol indikator tinta.


Setelah anda menekan tombol indikator tinta, catridge akan bergerak ke tengah dan berhenti. pada posisi ini rumah catridge akan menunjukan catridge warna apa yang tidak terdeteksi. Setelah itu tekan lagi tombol pada chip catridge..
Pada tahap ini jika catridge yang tidak terdeteksi hanya satu, maka catridge akan bergeser ke sisi kiri ( posisi kiri dilihat dari depan ) dan rumah catridge akan parkir disebelah kanan kemudian setelah itu lampu indikator tinta akan mati ( tinta sudah terdeteksi semuanya ). Namun jika catridge yang tidak terdeteksi lebih satu maka ketika rumah catridge berada di tengah dan menunjukan catridge mana yang tidak terdeteksi, setelah kita tekan tombol chip dan kemudian tekan tombol indikator tinta, maka catridge akan bergeser sedikit dan menunjukan catridge lainnya yang tidak terdeteksi, jika kita tekan lagi tombol indikator tinta, maka catridge akan bergeser lagi. Ini berarti jika semua catridge  pada printer Epson C90 ini tidak terdeteksi, maka catridge akan bergeser 4 kali di tengah sampai akhirnya rumah head parkir di sisi sebelah kanan.

Jika langkah ini tidak berhasil, coba lakukan sekali lagi. Namun jika masih belum berhasil, lanjutkan ke langkah berikutnya. 

2. Membersihkan bagian chip catridge

Langkah kedua ini yaitu dengan membersihkan titik-titik konektor pada chip catridge. berdasarkan pengalaman biasanya pada bagian ini sering terjadi korosi atau lembab sehingga menggangu koneksi chip dengan konektor board CSIC. Silahkan bersihkan bagian ini dengan cara menggosoknya menggunakan penghapus sampai terlihat mengkilat. Dan jika terlihat basah atau lembab silahkan keringkan terlebih dahulu dengan menggunakan tisu atau mencucinya dengan air bersih kemudian dikeringkan. Jika anda hendak mencucinya sebelum dicuci lepas dulu bagian chipnya dari catridge.
 

Setelah terlihat bersih dan kering coba rakit kembali kemudian lakukan pengetesan.. Jika setelah dites indikator tinta masih menyala, coba lakukan lagi reset chip pada langkah 1.

Jika sudah mengulangi langkah satu indikator masih menyala. Coba gunakan chip lain yang masih bagus..

keterangan: 
Jika pada langkah ini tidak berhasil dan semua tinta atau catridge tidak terdeteksi , sebelum melakukan penggantian chip catridge pada langkah 2, anda bisa langsung ke tahap poin 4.  yaitu pemeriksaan mainboard. Jika mainboard tidak bermasalah, barulah mencoba mengganti chip atau anda lanjutkan ke tahap selanjtnya.

3. Membersihkan konektor pada board CSIC. 


Board CSIC adalah bagian yang terdapat tepat dibelakan chip catridge. Pada langkah ini utuk langkah awal silahkan bersihkan semua konektornya dengan lap bersih atau menggunakan penghapus. Selain itu bersihkan juga pada bagian konektor dalamnya. Untuk membersihkan konektor bagian dalam, anda harus membongkar cagian CSIC ini.


Setelah pin atau konektor pada board CSIC dibersihkan, langkah selanjutnya pasang kembali catrdige kemudian lakukan pengetesan,,, Apakan indikator tinta tidak terdeteksi sudah hilang...?  Jika indikaotr tinta masih menyala coba lakukan lagi proses pada langkah 1.. . Namun jika masih belum membuahkan hasil, anda bisa mencoba mengganti board CSIC-nya.  Sampai disini apakah lampu indikator  masih menyala...? jika masih,,,, kita lanjutkan lagi ke tahap selanjutnya.

4. Chek Mainbord Printer


Tahap ini adalah tahap pengecekan Mainboard printer Epson C90, T11,T20 ini. Langkah ini kita lakukan jika kasus yang terjadi adalah semua tinta tidak terdeteksi dan sudah dilakukan langkah-langkah sebelumnya ( dari poin 1 sampai 3 ). Jika catridge yang tidak terdeteksinya hanya sebagian bisa dipastikan bahwa kerusakan bukan dari mainboard.
Untuk kasus ini biasanya ada salah satu komponen yang sering menjadi penyebab catridge tidak terdeteksi, yaitu sebuah fuse (sikring) yang berada di dekat sebuah IC seperti pada gambar di bawah ini. Cara mengetesnya yaitu dengan menggunakan AVO meter. Jika setelah diukur ternyata fuse sudah putus, silahkan ganti dengan fuse yang masih bagus atau anda bisa mengakalinya dengan cara menjumper fuse dengan kabel serabut yang sangat kecil.


Keterangan:
Menganti fuse dengan menjamper menggunakan kabel serabut kecil akan beresiko  merusak mainboard jika dikemudian hari terjadi konslet pada chip catridge atau board CSIC.

Sampai tahap ini seharusnya masalah tinta atau catridge tidak terdeteksi sudah berhasil diatasi dan printer bisa digunakan lagi.. Namun jika kerusakan masih berlanjut, berarti ada kemungkinan yang mengalami kerusakan adalah bagian kabel fleksibel yang menghubungkan mainboard dengan board CSIC atau  mainboardnya sudah rusak.

Itulah pembahasan cara mengatasi tinta yang tidak terdeteksi pada printer epson C90 T11 dan T20 versi technodand.com, semoga bisa memberikan manfaat untuk para pembaca semuanya. Akhir kata saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa like, share dan subscribe technodand.com
 

Artikel Terkait

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon