Friday, October 27, 2017

Printer Epson L555 Error Blinking Power dan ADF

Assalamualikum ,,, Pada kesempatan ini technodand akan membahas sebuah pengalaman perbaikan printer Epson L555 yang mengalami blinking seperti general error yang terjadi ketika printer melakukan kalibrasi scanner.  Pada mulanya printer setelah dinyalakan seperti biasa kalibrasi rumah head dan kalibrasi scanner. Ketika rumah head selesai parkir, printer masih dalam keadaan normal namun setelah beres kalibrasi scanner, printer langsung error dengan indikator lampu power dan lampu indikator ADF berkedip bersamaan.

Printer Epson L555 Error Blinking Power dan ADF
Epson L555 error
Untuk memperbaiki error ini berdasarkan pengalaman memang cukup mudah. Tapi jujur saja apakah cara saya ini hanya kebetulan atau bukan.
Jujur saya sudah dipusingkan dengan printer epson L555 ini. Untuk mengatasi error pada printer ini sudah saya coba reset default, kemudian coba ganti print head, ganti kabel print head, ganti kabel scanner, coba ganti scanner, ganti mainboard, dan terakhir tukar IC eeprom dari mainbord yang lama.. Dari semua itu tidak ada satupun yang berhasil. Namun ada satu cara lagi yang belum saya coba yaitu menggunakan program adjustment (reseter) karena memang untuk tipe L555 ini saya belum punya reseternya.

Karena mencari program adjustment untuk Epson L555 belum dapat, akhirnya dicoba pakai adjustment program atau reseter untuk epson tipe L550 dan akhirnya Alhamdulillah printer kembali normal seperti biasa. Entah itu kebetulan atau bukan, buat saya yang penting printer bagus lagi.

Untuk langkah-langkahnya sangatlah mudah seperti berikut ini.

  • Langkah pertama anda harus punya programnya terlebih dahulu..buat yang belum punya bisa tinggalkan email pada komentar, nanti saya kirim dan tentunya 100% gratis, atau bisa mengunjungi alamat pada tautan di bawah  postingan.
  • Selanjutnya buka program kemudian coba di reset waste ink pad counternya dengan cara  pilih model printer kemudian masuk menu particular adjustment mode dan pilih waste in pad counter , terakhir klik initalized. setelah itu restart printer
Printer Epson L555 Error Blinking Power dan ADF
Pilih tipe L550
Printer Epson L555 Error Blinking Power dan ADF
Pilih Particular adjustment mode
Pilih waste ink pad counter
Centang main pad counter kemudian pilih initialized
Langkah terakhir coba lakukan proses backup - restore eeprom melalui reseter dengan cara berikut ini.

Pilih EEPROM Data Copy
Add caption
Langkah terakhir silahkan pilih tombol Backup dan setelah proses backup eeprom selesai,  silahkan pilih Restore. Terakhir restart printernya dengan cara mematikan dan kemudian menghidupkannya kembali. Perhatikan apakah setelah proses di atas, printer anda normal kembali..? Jika printer masih error kemungkinan ada bagian lain yang mengalami kerusakan misalnya mekanik, board dan yang lainnya.

Itulah cara saya untuk memperbaiki error pada printer epson L555 yang bisa saya sampaikan pada postingan ini.  Semoga bisa bermanfaat untuk anda semuanya. Terima kasih sudah berkunjung.

Penting:
Setelah proses backup-restore printer dengan reseter Epson L555, biasanya printer tidak akan bekerja optimal jika pad akomputer masih terinstal driver epson L555. Jadi  silahkan instal driver untuk epson L550 pada komputer yang terhubung ke printer. Hal ini bisa terjadi karena kita backup-restore eepromnya memakai reseter L550




3 comments:

  1. media.onedisc@gmail.com L550 series error

    ReplyDelete
  2. izza.faiha@gmail.com epson L550 scanner error see your documentation

    ReplyDelete
  3. langgeng554@gmail.com Epson L555

    ReplyDelete

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon