Friday, November 17, 2017

Memperbaiki Printer Epson L110 L210 L300 L310 L220 Kertas selalu kusut atau menyangkut saat print

Kertas kusut pada saat print memang membuat kita jengkel sekaligus membuat kita  panik.  Hal ini karena selain bisa menghambat pekerjaan, juga bisa menyebabkan kerusakan pada bagian print head.
Pada saat printer sedang proses print kemudian tiba-tiba kertasnya menggulung ditengah-tengah proses print. Akibatnya bagian nozzle pada print head akan bergesekan dengan dengan kertas yang menggulung tersebut. Pada kondisi ini jika printer tidak segera dimatikan, maka print head akan terus bergesekan dan bagian nozzle akan rusak.

Memperbaiki Printer Epson L110 L210 L300 L310 L220 Kertas selau kusut atau menyangkut saat print
Hasil print kusut

Untuk menghindari kerusakan pada komponen print head pada saat kertas menggulung ditengah-tengah proses print adalah dengan cara mematikan ptinter secara paksa. Cara mematikannya tidak menggunakan tombol on/off namun dengan cara mencabut kabel power listrik dengan segera.

Penyebab terjadinya kertas menggulung pada printer melakukan proses print..

Penyebab terjadinya kertas menggulung atau kusut  pada printer bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini..

1. Penggunaan kertas bekas

Penggunaan kertas bekas pada printer adalah salah satu penyebab terjadinya paper jam, kertas menggulung pada saat proses print, dan kertas hasil print kusut. Hal ini terjadi karena biasanya ujung kertas sedikit kusut atau lusuh, akibatnya proses penarikan kertas akan terganggu. Pada kasus ini biasanya kertas menggulung sebelum masuk ke area pencetakan, hasil print kusut, atas kertas menggulung ditengah-tengah proses pencetakan ( print )

2. Ada benda asing yang masuk ke area pencetakan

Berdasarkan pengalaman perbaikan, biasanya penyebab terjadinya kertas menggulung disebabkan karena ada benda asing pada area pencetakan ( jalur masuknya kertas ). Hal ini mengakibatkan kertas akan terhalang pada saat kertas ditarik untuk masuk ke area pencetakan.  Benda yang paling sering ditemukan adalah isi staples, dan potongan kertas.  Pada kasus ini biasanya kertas menggulung sebelum masuk ke area pencetakan  dan printer akan mengalami error paper jam yang ditandai dengan berkedinya lampu indikator tinta, indikator kertas dan lampu power secara bersamaan.

Memperbaiki Printer Epson L110 L210 L300 L310 L220 Kertas selau kusut atau menyangkut saat print

Untuk memperbaiki kerusakan ini adalah dengan cara melakukan pengecekan pada bagian area pencetakan ( bagian di sekitar masuknya kertas ).

Sebelum ke tahap pengecekan serta membersihkan bagian area masuknya kertas dari benda asing yang menggangu atau menghalangi proses masuknya kertas, sebelumnya anda hasus membongkar bagian mekaniknya terlebih dahulu. Bagian ini adalah sebuah mekanik tempet menempelnya mainbord, motor CR dan rumah head.

Untuk lebih jelasnya anda bisa memperhatikan gambar dibawah ini.
Silahkan bongkar bagian yang diberi tanda linkaran.

Memperbaiki Printer Epson L110 L210 L300 L310 L220 Kertas selau kusut atau menyangkut saat print
Lepas bagian yang diberi tanda lingkaran

Setelah itu lakukan pemeriksaan pada bagian atau daearah diberi tanda anak panah. Jika ada benda asing seperi potongan kertas, isi staples, dll, silahkan bersihkan terlebih dahulu.

Memperbaiki Printer Epson L110 L210 L300 L310 L220 Kertas selau kusut atau menyangkut saat print
Bersihkan pada bagian atau daerah yang diberi tanda

Langkah terakhir, silahkan rakit kembali seperti semula dan lakukan pengetesan untuk memastikan apakah printer sudah bekerja dengan baik atau masih bermasalah.

3. Struktur mekanik yang sudah berubah posisinya

Jenis kerusakan yang akan dibahas pada poin ini adalah pengalaman perbaikan pada pada printer Epson seri L beberapa waktu lalu,,,
Gejala kerusakan yang muncul adalah hasil print yang selalu kusut. Penyebab hasil print kusut ini adalah karena kertas tertaik dalam posisi miring, Selain itu selalu terdapat sobekan kecil pada bagian ujung kertas.

Memperbaiki Printer Epson L110 L210 L300 L310 L220 Kertas selau kusut atau menyangkut saat print
Ada sobekan kecil pada hasil print

Pada awalnya saya mengira bahwa penyebabnya dikarenakan ada benda asing yang menghalangi jalan masuk kertas. Namun setelah dilakukan pengecekan dan pembersihan bagian area masuknya kertas, hasil print masih tetap kusut dan kertas selalu miring pada saat printer melakukan proses print.

Setelah dilakukan proses analisa lebih lanjut lagi ternyata saya menemukan suatu keganjalan pada saat kertas mulai masuk ke daerah pencetakan ( sekitar jalur pergerakan head ). Pada kasus ini kertas selalu menabrak bagian mekanik bawah area pencetakan ( tidak tahu nama istilahnya ) akibatnya posisi kertas selalu miring karena salah satu sisinya terhalang oleh bagian yang menghalangi keluarnya kertas tersebut.  Untuk lebih jelas tentang bagian yang saya maksud, silahkan perhatikan pada gambar di bawah ini.


Memperbaiki Printer Epson L110 L210 L300 L310 L220 Kertas selau kusut atau menyangkut saat print
Bagian yang bermasalah

Pada kasus ini ternyata bagin ujung sebelah kanannya sedikit mengangkat. Akibatnya menghalangi jalur keluarnya kertas.
Jika printer anda memiliki masalah kerusakan yang sama dengan kasus ini, anda bisa memperbaikinya denga cara berikut ini.

  • Bongkar bagian yang dilingkari pada gambar di atas. Namun sebelumnya tandai terlebih dahulu posisi yang menghalangi jalannya kertas.

Memperbaiki Printer Epson L110 L210 L300 L310 L220 Kertas selau kusut atau menyangkut saat print
Bagian yang menghalangi kertas
  • Langkah selanjutnya potong ujung bagian yang menghalangi laju kertas dengan menggunakan pisau cuter yang tajam.. Setelah itu haluskan dengan menggunakan ampelas.

Memperbaiki Printer Epson L110 L210 L300 L310 L220 Kertas selau kusut atau menyangkut saat print
  • Langkah terakhir, silahkan pasang/rakit kembali seperti semula dan lakukan pengetesan 

 4. Komponen penarik kertar sudah rusak


Selain beberapa faktor penyebab kertas kusut atau mengulung pada saat print di atas, ada salah satu bagian yang sangat penting dan sering menyebakan kegagalan proses penarikan kertas selain itu juga bisa menyebabkan kertas mengulung dan kusut. Bagian ini adalah komponen penarik kertas atau roller penarik kertas.

Jika penyebabnya adalah komponen roller penerik kertas, langkah perbaikannya adalah dengan cara mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Anda tidak perlu mengganti semua bagiannya namun cukup mengganti karet rollernya saja..

Untuk kasus ini bisa dikatakan jarang terjadi, dan biasanya terjadi pada printer yang sudah digunakan cukup lama.


Itulah beberapa faktor yang menyebabkan kertas mengulung saat print, paper jam atau kertas nyangkut, dan kertas hasil print kusut, yang bisa saya sampaikan. Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk para pembaca semuanya.
Akhir kata saya mengucapkan terima kasih sudah berkunjung. jangan lupa untuk  share dan like fanspage technodand. Terima kasih.

3 comments:

  1. saya juga mengalami kertas tertekuk atau miring gitu min kertas selalu nabrak bagian bawah head. punya video tutorial bongkarnya enggak ya? haturnuwun

    ReplyDelete
  2. kebetulan tutorial versi videonya belum buat mas,,,
    untuk perbaikan kerusakan ini sebenarnya karena dudukan roller yang sudah amblas atau terkikis dudukannya, solusi bagain seperti pada tutor di atas, bisa coba diganjal dulu pakai potingan plastik tipis atau aluminium bekas kaleng minuman soda..

    ReplyDelete

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon