November 27, 2017

UPS Vesta VT 1200 ERROR terdengar Suara Relay Terus-menerus

UPS Vesta VT 1200 error -  Ups vesta VT1200 ini menggunakan baterai dengan dengan besar tegangan dan arus 12 Volt / 7 Ah yang dipasang secara seri. UPS ini mampu membackup tegangan listrik untuk komputer sampai 4 unit komputer.   Untuk Ketahanan baterai yang digunakan bisanya tergantung merek baterai dan beban yang terhubung ke UPS serta kestabilan sumber listrik PLN-nya.. Namun berdasarkan pengalaman biasanya baterai akan mampu bertahan antara 1- 1,5 Tahun.  Namun jika ada kerusakan pada bagian charger, mainboard, dan trafo biasanya umur baterai akan lebih singkat dari biasanya.

Untuk melakukan penggantian baterai pada UPS ini bisa dikatakan sangat mudah jika dibandingkan dengan tipe lainnya. Untuk mengantinya anda tinggal membokar penutup bagian depannya saja.. dan untuk aturan atau tara cara mengganti ups secara umum, bisa dilihat pada artikel sebelumnya

Baca di sini:
Cara Ganti Baterai UPS Vektor, APC, Merlin Gerin dll

Kemudian jika UPS Vesta VT 1200 anda mengalami kerusakan dengan gejala tidak bisa konek  ke jala-jala listrik namun untuk fungsi backupnya bekerja dengan normal. Untuk cara perbaikannya bisa dicek pada postingan berikut ini.

Baca di sini:
UPS vektor VT1200i Tidak konek listrik PLN ( Bunyi terus )

Kemudian untuk jenis error lainnya yang sering terjadi pada  UPS model ini adalah UPS kadang-kadang koneksinya terputus. Untuk ciri atau gejala lengkapnya adalah sebagi berikut.
  • Pada saat dinyalakan biasanya  UPS bekerja normal 
  • Ketika UPS dipakai lumayan lama, UPS akan terdengar suara relay ( tuk-tak ). Pada kondisi ini biasanya tegangan output UPS akan hilang pada saat terdengar suara relay tersebut. Setelah itu UPS normal lagi. Gejala ini biasanya terjadi pada UPS Vesta 1200 yang kerusakannya belum parah.
  • UPS mengeluarkan suara mendesis pada buzzer baik saat dinyalakan maupun pada saat dimatikan ( dalam keadaan terhubung ke jala-jala listrik )
  • Terdengar suara relay yang terus-menerus baik pada saat UPS  dalam kondisi OFF maupun ON ( dalam keadaan terhubung ke jala-jala listrik
Itulah beberapa gejala yang sering muncul ketika UPS ini mengalami error. Jika UPS anda mengalami gejala kerusakan seperti poin-poin di atas, untuk cara memperbaikinya bisa diikuti beberapa langkah berikut ini.

Sebenarnya kerusakan ini termasuk kerusakan yang tidak terlalu parah, namun sedikit membuat pusing ketika kita belum tau penyebabnya.. Kerusakan error ini terjadi karena disebabkan oleh komponen elco yang sudah kering akibatnya tegangan yang menuju ke relay menjadi berkedip.  Perhatikan gambar di bawah ini. Pada saat UPS dicolokan ke listrik  baik dalam keadaan ON maupun OFF relay yang dilingkari akan terus bersuara  ( ctak-ctak )

UPS Vesta VT 1200 ERROR terdengar Suara Relay Terus-menerus
Relay yang mengeluakan suara terus-menerus

Dalam keadaan terhubung ke listrik, coba lakukan pengetesan tegangan pada kaki relay.. biasanya pada kasus ini tegangan sebesar 12 Volt akan naik turun.

Untuk mengatasinya berdasarkan pengalaman technodand, coba ganti komponen elco yang berada di dekat IC program.. Namun jika ingin lebih bagus lagi saran saya lebih baik diganti semuanya.

UPS Vesta VT 1200 ERROR terdengar Suara Relay Terus-menerus
Elco yang harus diganti

Jika sebelum mengganti anda merasa ragu apakah kerusakan berasal dari elco atau bukan, anda bisa mencobanya dengan  cara mencabut salah satu kaki tiap elconya saja kemudian pasang elco dengan nilai yang sama pada bagian bawah PCB. Jika sudah terbukti bahwa elconya rusak, langkah selanjutnya anda tinggal ganti elco yang rusaknya.

UPS Vesta VT 1200 ERROR terdengar Suara Relay Terus-menerus
Percobaan mengganti elco
Setelah selasai penggantian elco, langkah selanjutnya adalah pengetesan. Coba sambungkan UPS ke listrik kemudian diamkan dalam posisi ON,, apakah UPS sudah normal..? perhatikan juga apakah BUZZER masih mengeluarkan suara mendesis ? setelah itu matikan UPS kemudian diamkan dalam keadaan tersambung ke listrik sekitar 2-3 jam.. jika tidak ada masalah berarti UPS sudah berhasil anda perbaiki.

Itulah tutorial cara perbaikan UPS Vesta 1200 yang error.. semoga bisa bermanfaat. Jika berkenan silahkan like dan share artikel ini. Terima kasih.
Cara Ganti Baterai UPS Vektor APC Merlin Gerin Read more : http://www.technodand.com/2017/06/cara-pasang-baterai-ups.html
Cara Ganti Baterai UPS Vektor APC Merlin Gerin Read more : http://www.technodand.com/2017/06/cara-pasang-baterai-ups.html
Cara Ganti Baterai UPS Vektor APC Merlin Gerin Read more : http://www.technodand.com/2017/06/cara-pasang-baterai-ups.html

Artikel Terkait

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi, bekerja sebagai teknisi, meskipun masih sebagai teknisi awam tetapi selalu ingin berbagi pengalaman dan ilmu yang kang wiran dapatkan...

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Menngunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon