Mengatasi Timbangan Digital Tidak Bisa Dikalibrasi

Mengatasi Timbangan Digital Tidak Bisa Dikalibrasi - Sebuah timbangan diperlukan kalibrasi supaya timbangan bisa menunjukan nilai pengukuran yang akurat sesuai dengan standar yang berlaku. Jika sebuah timbangan digunakan dengan jangka waktu tertentu, kemungkinan akan mengalami perubahan hasil ukur menjadi tidak akurat atau tidak sesuai dengan besaran standar. Memang jika dilihat dari angka muncul  atau nilai hasil tampak seperti tidak ada masalah. Namun jika dibandingkan dengan timbangan lain yang masih normal kemungkinan hasilnya bisa berbeda. Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor baik itu karena pemakaian kurang tepat atau juga bisa disebabkan karena ada kerusakana pada hardware timbangan tersebut.

Mengatasi Timbangan Digital Tidak Bisa Dikalibrasi
Timbangan digital 

Untuk proses kalibrasi sebenarnya anda bisa menggunakan jasa dari pihak metrologi setempat, namun jika anda bisa sendiri maka tidak ada salahnya Anda mencoba kalibrasi ulang timbangan Anda. Biasanya cara kalibrasi akan disertakan dalam paket pembelian timbanangan berupa buku manual.


Mungkin artikel ini menarik buat Anda : 

Proses kalibrasi sangat mudah untuk dilakuan, Anda hanya membutuhkan pentunjuk manual dan sebuah batu timbangan atau anak timbangan untuk dijadikan sebagai patokan. Untuk berapa nilai berat anak timbangan yang dibutuhkan, biasanya disesuaikan dengan petunjuk pada kalibrasi misalnya 5Kg, 10kg, 15kg dst.

Jika setelah dilakukan proses Kalibrasi bebrapa kali anda tidak mendapatkan nilai yang akurat, kemunkinan itu disebabkan ada masalah pada timbangan. Oleh karena itu sebelum anda melanjutkan proses kalibrasi, sebelumnya Anda harus memperbaiki timbangan tersebut, setelah itu baru lanjutkan dengan proses kalibrasi timbangan. Untuk proses pebaikannya akan dibahas pada artikel ini.

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai komponen apa saja yang bisanya mengalami kerusakan dan menjadi penyebab timbangan tidak bisa akurat meskipun sudah dilakukan proses kalibrasi. Untuk jenis atau bentuk dari komponen yang ditunjukan pada artikel ini kemungkinan berbeda dengan yang ada pada timbangan Anda. Hal ini karena biasanya jika beda merek maka bentuk komponennya pun akan sedikit berbeda. Namun walaupun demikian pada dasarnya sebagai fungsinya sama saja.

Beberapa cara yang bisa anda lakukan jika timbangan anda tidak bisa dikalibrasi


1. Pehatikan kebersihan dari timbangan 


  • Timbangan kotor dan lembab

Kebersihan pada timbangan digital sangat berpengaruh pada performa timbangan anda, seperti yang kita ketahui bahwa timbangan biasanya ditempatkan di lokasi yang tidak begitu diperhatikan kebersihannya, terutama untuk timbangan yang digunakan untuk menimbang sayuran, ikan, atau gula. Pada lokasi ini biasanya akan menyebabkan timbangan menjadi lembab sehingga debu lebih cepat menempel atau bahkan menumpuk dan mengeras. Jika timbangan tidak dirawat (maintenance) biasanya bagian timbangan akan menjadi lembab dan mengakibatkan timbangan menjadi tidak akurat.

Jika kasusnya seperti ini langkah terbaik adalah membersihkan timbangan dari semua kotoran yang ada. Silahkan bongkar timbangan kemudian bersihkan bagian dalamnya. Adapun bagian yang paling penting yang harus dibersihkan adalah komponen Load Cell. bagian ini letaknya berada tepat dibawah tray timbangan. Bagian ini berfungsi untuk menerima sinyal dari beban yang dilekan diatasnya. Jika bagian ini kotor atau lembab bisanya hasil timbang akan menjadi tidak akurat. Meskipun dikalibrasi biasanya tidak akan mendapakan nilai yang akurat.


Mengatasi Timbangan Digital Tidak Bisa Dikalibrasi
Load Cell timbangan 300 Kg

Jika timbangan yang anda bersihkan adalah timbangan yang mempunyai fitur print label, kami sarankan untuk lebih hati-hati terutama ketika membersihkan mekanik pada bagian print labelnya karena ada beberapa komponen yang sedikit sensitif dan mudah rusak jika tergores seperti thermal head .

Bagian lain yang sangat berpengaruh pada nilai hasil timbangan adalah bagian AD bord.. Bagian ini berfungsi menerima sinyal dari load cell kemudian sinyal diproses dan teruskan ke bagian mainbord utama dan untuk diproses dan selanjutnya hasil ditampilan pada bagian display.


  • Timbangan dijadikan sarang serangga


Selain karena lingkungan yang lembab dan karena debu, sebuah timbangan juga bisa menjadi tidak akurat atau error yang disebabkan karena adanya serangga yang bersarang di dalamnya. Dari banyak kasus yang kami temui bisanya serangga yang sering bersarang di dalam timbangan adalah kecowa dan semut. Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa melalukukan beberapa tips berikut ini.

  1. Bersihkan bagian dalam timbangan dari serangga yang bersarang didalamnya 
  2. Setelah bersih siapkan bahan anti serangga misalnya kapur ajaib, kemudian taburkan di bagian dalam timbangan ( timbangan harus dalam keadaan kering )
  3. Lakukan perawatan secara rutin 

2. Ada komponen atau part yang rusak


Seperti yang sudah kami ulas pada poin di atas bahwa da 2 komponen yang sangat sangat penting pada timbangan yang harus dibersihkan yaitu load cell dan Ad board. Bagian ini merupakan part yang paling sensitif dan menentukan akurat atau tidaknya sebuah timbangan digital.

Jika timbangan digital anda mengalami error atau hasil tidak akurat dan tidak bisa dikalibrasi, maka Anda perlu mencurigai kedua komponen ini. Kedua part ini biasany ayang paling rsering mengalami kerusakan adalah bagian AD bord. Sedangkan untuk load cell biasanya yang sering mengalami kerusakan adalah load cell pada timbangan digital yang besar misalnya timbangan 300 kg. Untuk timbangan kecil biasanya jarang mengalami kerusakan.


Mengatasi Timbangan Digital Tidak Bisa Dikalibrasi
Contoh Bagian AD-Board yang harus dibersihkan
pada timbangan digital SM-500 DP


Cara menggatasi timbangan error karena load cell atau AD bord yaitu dengan cara membersihkannya terlebih dahulu. Namun jika setelah dibersihkan, tidak ada perubahan makan kemungkina salah satu komponen tersebut mengalami kerusakan dan harus dilakukan penggantian dengan yang masih bagus. Untuk mengetahui komponen manan yang rusak dari kedua komponen tersebut, berikut ini ada beberapa gejala yang biasanya muncul.


  • Load cell rusak 

Jika komponen ini rusak biasanya ditandai dengan gejala berikut ini 
  1. Timbangan tidak bisa dikalibrasi
  2. Timbangan tidak bereaksi pada saat diberikan beban
  3. Muncul kode error tertentu. Biasanya kode ini berbeda-beda tergantung merek dan jenis dari timbangan itu sendiri

    • AD board

    Mengatasi Timbangan Digital Tidak Bisa Dikalibrasi
    AD-Board timbangan digital DIGI SM-500 MK4


    AD board ini bentuknya berbeda-beda pada tiap timbangan digital. Untuk timbangan digital dengan harga yang lumayan mahal biasanya bagian AD board terpisah dari mainboard utama. Namun untuk jenis timbangan yang relatif murah biasanya bagian AD board menyatu dengan mainbord utama, sehingga sedikit sulit untuk menemukannya. Jika pada bagian ini mengalami kerusakan bisanya ditandai dengan beberapa gejala berikut ini.
    1. Pada saat timbangan dalam keadaan standby dan tanpa beban biasanya timbangan tidak menunjukan angka nol namun angkanya terus berubah- ubah 
    2. Jika kita tekan tombol tare atau rezero biasanya akan kembali ke nol namun selang beberapa detik akan berubah lagi dan angkanya tidak bisa diam.
    3. Untuk timbangan tertentu seperti timbangan digital DIGI, biasanya muncul kode error "AD ERROR"
    Itulah beberapa gejala yang muncul jika terjadi kerusakan pada komponen load cell dan AD board.  Tentunya gejala tersebut tidaklah mutlak karen tiap sangat banyak merek dan jenis timbangan sehingga gejala yang dimbulkannya pun kemungkinan berbeda 

    Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penyebab timbangan tidak bisa dikalibrasi atau hasilnya tidak akurat dapat dapat disebabkan karena masalah kebersihan timbangan itu sendiri atau juga karena adanya komponen yang mengalami kerusakan. 
    Mungkin itu saja yang bisa disampaikan mengenai cara mengatasi timbangan digital yang hasilny atidak akurat dan tidak bisa dikalibrasi, semoga bisa bermanfaat.


    0 Response to "Mengatasi Timbangan Digital Tidak Bisa Dikalibrasi"

    Post a Comment

    Tata tertib berkomentar
    1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
    2. Mengunakan bahasa yang sopan
    3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
    4. Dilarang SPAM
    5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

    Terimakasih.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel