Wednesday, March 21, 2018

Error Code Printer Canon MP258 Dan Cara Mengatasinya

Error pada printer memang bisa dikatakan sudah biasa untuk para pengguna printer. Baik printer model lama  maupun printer model baru sekalipun pasti beresiko terjadi error. Entah itu merk Epson, Hp, canon, brother dan merek printer lainnya semuanya sama beresiko terjadinya error.

Error Code Printer Canon MP258 Dan Cara Mengatasinya
Error Code Printer Canon MP258 Dan Cara Mengatasinya 


Error yang terjadi printer ini penyebabnya bisa dikategorikan menjadi beberapa kategori yaitu sebagai berikut.
  • Penggunaan yang tidak tepat - Sebagai contoh misalnya printer canon MP258 menggunakan kertas rangkap 3. Dengan mengunakan kertas rangkap maka kemungkinan terjadi error paper jam akan semakin tinggi. Selain itu misalnya pengunaan kertas-kertas lainnya yang tidak layak misalnya kusut dan sebagainya.
  • Kurangnya perawatan - Sebuah printer yang tidak dirawat maka kemungkinan terjadinya error akan semakin meningkat. Misalnya printer yang digunakan di daerah yang berdebu, lama-kelamaan debu akan masuk ke dalam bagian-bagian printer dan mengotori sensor dan bagian lainnya yang dapat mengganggu kinerja printer pada saat digunakan
  • Umur printer yang sudah tua - Printer yang sudah biasanya lebih sering mengalami error karena memang kodisi komponennya yang sudah mulai rusak
  • Penggunaan printer mencapai batas maksimal - Misalnya printer yang digunakan dalam kurun waktu tertentu maka akan mencapai titik maksimal penggunann dan harus dilakukan reset ulang. 
  • Printer jarang digunakan. Printer yang jarang digunakan akan lebih cepat rusak dibanding dengan printer yang rutin digunakan. 

Sebuah printer yang mengalami kerusakan atau gangguan pada saat digunakan biasanya akan menujukan atau menampilkan sebuah kode tertentu. Kode-kode yang muncul tersebut pada umumnya berbeda-beda sesuai dengan error yang terjadi dan sesuai dengan merek dan tipe printer yang digunakan. Sebagai contoh misalnya printer epson yang mengalami error, maka kode yang muncul adalah berupa lampu error yang berkedip dan pesan error yang muncul pada komputer  yang tersambung dengan printer serta bisa dilihat melalui program adjustment atau reseter Epson. Untuk printer lainnya mempunya kode khusus yang akan muncul ketika printer tersebut mengalami error.

Untuk printer epson kode yang muncul biasanya lebih bersipat umum sehingga harus ditambah dengan analisa lagi dengan dibarengi pengalaman dalam perbaikan printer atau setidaknya bisa membedakan gerakan yang printer antara yang bagus dengan printer yang mengalami masalah. Hal ini bebeda dengan dengan printer Canon. Printer canon biasanya memunculkan kode yang lebih spesifik dan lebih akurat. Sehingga ketika terjadi error dan muncul suatu kode tertentu, maka kita bisa langsung mengetahui bagian mana yang mengalami masalah atau terjadi kerusakan. 

Untuk kesempatan ini, jenis kode yang akan kami ulas pada postinga ini adalah kode error yang muncul pada printer canon MP258  serta bagaimana cara penanganannya. Pengetahuan tentang hal ini tentunya sangat penting diketahui terutama untuk anda yang memiliki printer jenis canon MP258 ini. Jika suatu waktu printer Anda mengalami masalah, maka Anda bisa mencoba memperbaikinya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk dibawa ke tukan service printer.

Berikut ini kode error pada printer Canon  MP258 dan cara penanganannnya :


Kode error pada printer Canon MP258  terdiri atas 2 jenis kode, yaitu :
  1. Kode error diawali dengan huruf P, misalnya kode P07
  2. Kode error diawali dengan huruf  E, misalnya kode E05

Kode error diawali dengan huruf P pada Canon MP258 :


Error P02 pada Canon MP258  (Carriage error)

Biasanya error ini terjadi karena gerakan carriage yang terganggu, proses masuknya kertas terganggu atau printer gagal menarik kertas sehingga kertas tersangkut ditengah atau bisa disebabkan karena encoder kotor karena grease atau terkena tinta

Cara perbaikan:
  • Pehatikan pada bagian adaerah masuknya kertas. Pastikan tidak ada benda asing yang menghalangi atau ada kertas yang nyankut. Jika ada kertas yang nyangkut, silahkan bersihkan terlebih dahulu. 
  • Error P02 pada printer MP258 juga terjadi biasanya karena gerakan catridge yang terganggu atau terhalang oleh benda asing. Sebagai contoh misalnya ada potongan kertas yang masuh ke area cetak dan terseret ke pinggir akibatnya pada saat catridge berbegak ke pinggir menjadi terhalang oleh kertas tersebut. 
  • Untuk printer canon MP258 yang menggunakan infus juga biasanya sering mengalami error P02. Biasanya disebabkan karena penempatan selang infus yang kurang tepat sehingga menghambat pergerakan cartidge. Untuk cara mengatasinya cukup dengan membenahi atau memperbaiki jalur selang infus supaya tidak menggangu pergerakan catrdge.
  • Bersihkan bagian encoder dari debu dan kotoran lainnya. Jika encoder terkena tinta  coba, cobalah ganti dengan encoder yang masih bagus.

Error P03 pada Canon MP258  (Line feed error)

Error ini biasanya disebabkan karena pf encoder atau timing disc kotor atau sensor encodernya rusak.
Cara perbaikan:
  • Buka casing printer terlebih dahulu
  • Bersihkan timing disk atau pf encoder dengan menggunakan tisu atau lap bersih dan kering
  • Bersihkan sensor encodernya ( sensor yang menempel ke bagian timing disk ) 
  • Periksa bagian gear dan bagian asf, pastikan tidak ada kotoran yang menghambat gerakan gear pada gera box ini.

Error P05 pada Canon MP258 (ASF sensor error)

Error ini biasanya disebabkan karena ada masalah pada sensor pendeteksi kertas. Untuk perbaikannya langkah pertama bersihkan terlebih dahulu sensor pendeteksi kertasnya, namun jika masih mengalami error coba ganti komponen motor, board printer dan ASF sensornya.

Error P06 pada Canon MP258 (Internal temperature error)

Error ini terjadi karena mainbord mengalami overheat ( suhunya terlalu panas ). Untuk langkah perbaikannya adalah dengan memperbaiki mainboarnya namun jika sudah tidak memungkinkan untuk diperbaiki langkah terakhir adalah dengan mengganti mainboardnya dengan yang masih bagus

Error P07 pada Canon MP258 (Ink absorber full)

Penyebab karena printer minta direset. Error ini sama seperti printer Epson yang blinking dengan pesan error Ink waste Is Full atau Ink Pad Is At the End Of Its Service Live. Untuk cara mengatasinya yaitu dengan cara direset menggunakan software khusus untuk reset printer canon MP258.

Error P08 pada Canon MP258 (Print head temperature rise error)

Terjadi karena suhu berlebih pada caridge ( suhu catridge terlalu panas ). Jika error ini terjadi ketika printer digunakan untuk melakukan print dalam jumlah banyak, maka coba matikan dulu printer sekitar 5 menit kemudian gunakan lagi. Namun jika dengan cara ini tidak membuahkan hasil berarti sudah waktunya untuk menganti catridgnya. Biasanya catrdignya yang mengalami masalah adalah catridge yang warna.

Error P09 pada Canon MP258 (EEPROM error)

Kerusakan ini disebabkan karena eeprom printer rusak atau corupt. Untuk cara mengatasinya yaitu dengan mencoba mengganti ic eepromnya atau dengan mengganti satu unit mainboardnya.

Error P10 pada Canon MP258 (Logic Board / Carriage Unit / Kedua Catridge Rusak)

Error ini biasanya disebabkan karena catridge dibiarkan kosong dan dipakai untuk mencetak terus. akibatnya panas dan terjadi kerusakan di salah satu komponen berikut : Logic Board, Carriage Unit, kedua catridge. Cara perbaikannya dengan mengganti salah satu komponen tersebut, urutkan dari yg paling mudah dan murah.

Error P15 pada Canon MP258 (USB VBUS over current)

Error ini disebabkan karena printer kelebihan arus dari kabel USB Printer Canon MP258. Untuk langkah perbaikannya coba dengan cara mengganti kabel USB nya, Jika masih mengalami error solusi akhir adalah harus mengganti mainbordnya.

Error P20 pada Canon MP258 (Other hardware error)

Adalah error yang bersifat umum. Untuk perbaikannya diperlukan analisa dan pengecekan pada setiap komponen. Error ini kalau untuk printer Epson biasanya dikenal dengan sebutan general error.

Error P22 pada Canon MP258 (Scanner error)

Adalah error yang disebabkan karena scanner bermasalah atau tidak berfungsi dengan baik. Untuk solusi perbaikannya silahkan lakukan pengecekan pada bagian scanner. Pastikan kabel fleksibel dalam keadaan bagus dan cek juga komponen motor pada scanner. Jika kerusakan masih berlanjut silahkan coba ganti satu set lampu scannernya atau ganti mainboardnya

Kode error diawali dengan huruf E pada Canon MP258 :

Error E04 pada Canon MP258

Biasanya error terjadi karena ada masalah pada bagian catridge. Solusi perbaikannya, silahkan lepas catridge kemudian pasang lagi. Jika masih terjadi error coba bersihkan pin-pin yang ada pada catridge kemudian pasang kembali.

Error E05 pada Canon MP258

Error ini penyebabnya biasanya sama dengan error E04 yaitu karena catridge bermasalah. Solusi perbaikannya, silahkan lepas catrdidge bersihkan pin-pinnya kemudian pasangkan kembali. Error ini juga bisa disebabkan karena catridge sudah rusak. Silahkan coba ganti catridge satu persatu

Error E14 pada Canon MP258

BIasanya terjadi karena masalah pada catridge, Solusinya silahkan lepas catridge kemudian pasangkan kembali

Error E15 pada Canon MP258

Error ini penyebabnya dan cara perbaikannya sama dengan error E14

Error E13 dan E16 pada Canon MP258

Biasanya terjadi karena catridge harus direset. Solusinya silahkan tekan tombol RESET atau STOP detik sampai led display berkedip beberapa kali, setelah itu akan terjadi proses pada printer

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai informasi Error yang sering muncul pada  prnter canon MP258 beserta cara mengatasinya. Berbagai kode error di atas di ambil dari pengalaman selama melakukan perbaikan serta dari beberapa sumber terpercaya yang juga memiliki banyak pengalaman mengenai cara memperbaik printer khususnya Printer Canon. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda dan kami mengucapkan terimakasih telah berkunjung

Incoming search: 
printer canon mp258 error code e02|printer canon mp258 error code 006|printer canon mp258 error code|error printer canon mp258 kode 2 140 2|canon printer mp258 error code list|error printer|canon mp258 kode error e05|canon printer mp258 error code p07|canon printer mp258 error code e03|canon printer mp258 error code p02|canon printer mp258 error code e08|cara memperbaiki printer canon mp258 error code 006|cara reset printer canon mp258 error code 006|canon printer mp258 error code e16|error printer canon mp258 kode error e13|canon printer mp258 error code e04|canon printer mp258 error code e15|error code for canon printer mp258|canon printer mp258 error code p08|canon printer mp258 error code p10|kode error printer canon mp258 p03|error code 006 pada printer canon mp258|error code pada printer canon mp258|canon printer mp258 error code 5200|canon printer mp258 error code 5b00|canon printer mp258 error code 5100


Artikel Terkait

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon