March 16, 2018

Memperbaiki Printer Dot Matrix Wincore ND-77 Cetakan Cacat Bolong

Memperbaiki Printer Dot Matrix Wincore ND-77 Cetakan Bolong -  Printer wincore ND-77 adalah sebuah printer jenis dot matrix. Printer ini adalah printer yang digunakan sebagai pencetak struk pembelian pada mesin kasir di sebuah swalayan atau supermarket. Memang sebagian  besar printer yang digunakan pada mesin kasir sudah menggunakan printer jenis thermal yang lebih canggih. Namun  disamping itu ternyata tidak sedikit juga yang masih menggunakan printer dot matrix. Sebagai contoh sebuah perusahaan retail yang mendominasi daerah Jawa barat ternyata masih menggunakan printer dot matrix Wincore ND 77.

Printer dot matrix adalah sebuah printer yang metode pencetakannya menggunakan catridge pita. Hasil cetaknya pun masih terlihat seperti titik-titik yang saling menghubungkan satu titik ke titik yang lainnya dan membetuk sebuah huruf. Titik-titik tersebut dihasilkan dari bagian printhead yang masih menggunakan beberapa buah jarum atau pin-pin kecil. Jarum-jarum ini akan bergerak membentur pita catridge yang terletak antara print head dan kertas membentuk titik-titik pada kertas tersebut sesuai data yang dikirim dari media input.


Memperbaiki Printer Dot Matrix Wincore ND-77 Cetakan Bolong
Contoh hasil cetak printer dotmatrix ND 77

Pada kondisi tertentu entah itu karena umur pemakaian yang cukup lama atau kurangnya perawatan, biasanya printhead tersebut akan mengalami kerusakan. Adapun kerusakan yang paling sering terjadi pada printhead jenis dot matrix khususnya Wincore ND-77 adalah hasil cetakan yang cacat. Misalnya bolong-bolong atau terlihat seperti ada garis kosong yang memanjang secara horizontal. Penyebab cacatnya hasil print pada printhead dot matrix ini berbeda dengan kerusakan pada printer jenis inkjet ataupun laser jet. Begitu juga dengan perbaikannya, Karena jenis dormatrix masih berupa mekanik jadi 99%  masih bisa diperbaiki tidak seperti printhead inkjet yang kemungkinan bisa diperbaikinya hanya sekitar 50%.

Untuk cara perbaikan secara detail mengenai print head dot matrix Wincore ND-77 ini kita kesampingkan terlebih dahulu karena untuk pembahasan kali ini kami hanya kan membahasnya secara umum saja yaitu memperbaiki printer dot matrix ND-77 yang hasil cetakannya bolong. Jadi tidak hanya printhead saja namun mencakup keseluruhan aspek yang dapat menjadi penyebab hasil cetakan bolong atau cacat. Untuk pembahasan perbaikan printhead mungkin akan dibahas di lain waktu.

Print head pada printer Wincore ND 77

Penyebab hasil cetak cacat atau bolong pada printer wincore ND-77 biasanya disebabkan oleh beberapa faktor baik itu karena kerusakan komponen lain maupun karena hal lain yang biasanya berhubungan dengan kebersihan dari printer bersangkutan.

Berikut ini beberapa penyebab printer wincore ND 77 hasil cetakannya cacat dan cara memperbaikinya.

  • Jalur atau ruang disekitar jarum tersumbat

Dari banyak kasus yang pernah kami temui, salah satu penyebab hasil cetakan cacat pada printer wincore ND 77 adalah karena kurangnya perawatan pada bagian printhead. Untuk printer yang cukup lama digunakan dan kurang perawatan, biasanya pada bagian printheadnya akan penuh dengan debu dan bubuk dari pita terutama pada ruang disekitar jarum printhead. Debu ini lama-kelamaan akan memadat sehingga menghambat pergerakan jarum printhead pada saat proses print dan menyebabkan hasil print menjadi cacat.  

Untuk cara mengatasinya Anda cukup membersihkannya dengan menggunakan pinset atau sejenisnya sampai bersih. Pada saat membersihkannya lakukan dengan hati-hati jangan sampai ada jarum yang bengkok atau patah. 

Ket: untuk hasil terbaik lakukan maintenance pada bagian print head secara rutin 




  • Ada jarum yang patah 

Jarum yang patah juga mejadi penyebab hasil print menjadi cacat atau bolong. Patahnya jarum biasanya disebabkan karena kotoran yang menghambat pergerakan print head seperti pada poin sebelumnya. Untuk memperbaikinya yaitu dengan mengganti jarum yang patah dan diperlukan sedikit kealihan dan trik khusus. Hal ini karena printhead jenis print ini sedikit berbeda dengan printer lainnya seperti epson LX 300, LQ1170, LQ1270 dll. Untuk cara perbaikannya akan dibahas pada postingan di lain waktu :-) . 

Untuk mengetahui apakah jarumnya patah atau tidak, anda bisa melihatnya langsung karena biasanya jika ada jarum yang patah akan terlihat jelas berupa titik kosong atau ompong.

Ket:  Jika Anda tidak mempunyai jarum yang sejenis untuk pengganti, Anda bisa menggunakan jarum dari prihed Epson LX300 atau LX300 + II .


Memperbaiki Printer Dot Matrix Wincore ND-77 Cetakan Bolong
Letak jarum printhead wincore ND 77

  • Spull pada printhead putus atau konslet.

Jika pada poin satu dan dua tidak ada masalah namun hasil print masih bolong, maka bagian yang selanjutnya yang harus dicurigai adalah bagian spull pada printhead. Spull ini letaknya berada di dalam printhead, namun walaupun demikian kita masih bisa mengukurnya melalui pin pada socket kabel fleksibelnya.

Untuk cara mengukurnya, silahkan siapkan sebuah avo meter digital yang masih normal. Avo meter digunakan untuk mengukur besarnya resistansi pada spull. Kami rekomendasikan menggunakan AVO digital karena jika menggunakan avo analog biasanya hasil yang didapatkan susah untuk menentukan angka yang akurat.  Setelah Avo sudah siap, posisikan avo ke ohm meter. kemudian ukur tiap pinnya.

Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar dibawah ini.

Posisi pin pada print yang harus diukur

Keterangan gambar:
  • Angka 1 adalah titik ground
  • Angka 2 adalah dua titik yang tidak perlu diukur karena titik ini adalah terhubung kes sebuah komponen sensor
  • Pin selain yang diberi tanda adalah pin yang harus diukur
Cara pengukuran:
  • Hubungkan salah satu probe Avo ke pin ground dan probe lain ke pin yang tidak diberi tanda ( pada gambar )
  • Lihat nilai resistansi yang didapatkan 
  • Untuk spull yang masih normal akan menunjukan hasil ukur sekitar 10 ohm 
  • Jika hasil pengukuran lebih besar atau lebih kecil dari nilai tersebut dan selisihnya sukup besar, maka bisa dipastikan bahwa spull tersebut sudah rusak. 
Cara perbaikan:
  • Silahkan bongkar printhead kemudian lepas bagian spull yang rusak ( putus atau konslet )
  • Ganti dengan spull yang masih bagus.
  • Untuk mendapatkan spull yang masih bagus, salah satu jalan untuk mendapatkannya adalah dengan mencari kanibalan dari printer ND 77 yang lain.
Ket: cara mengganti spull printhead wincore ND 77 akan dibahas pada postingan selanjutnya 

  • Kabel fleksibel print head putus 

Kabel flksibel putus juga menjadi salah satu penyebab hasil print pada printer dot matrix Wincore ND 77 menjadi cacat.  Jika setelah melakukan pengecekan atau perbaikan pada kerusakan seperti pada poin sebelumnya tidak membuahkan hasil atau dengan kata lain hasil print masih cacat, maka langkah selajutnya adalah melakukan pengecekan pada bagian kabel fleksibel yang menghubungkan printhead dengan mainboard. 

Cara melakukan pengetesan pada bagian ini adalah dengan mengukurnya menggunakan AVO meter. Namun sebelum melakukan pengukuran tentunya kabel fleksibel ini harus dilepas terlebih dahulu sehingga pengukurannya bisa lebih leluasa. Selain dengan melakukan pengukuran pada jalur kabel fleksibel, kiata juga harus memperhatikan bagian fisik dari kabel tersebut apakah ada bagian yang terkelupas atau ada bagian yang sudah terlihat rapuh. Jika hasil pengecekan ditemukan bahwa kabel fleksibel head sudah rusak atau ada jalur yang putus, Maka segela lakukan pergantian dengan kabel yang masih bagus.

Tambahan: selain menyebabkan hasil print menjadi cacat, kabel fkelsibel printhead juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya error pada printer Wincore ND 77.


Memperbaiki Printer Dot Matrix Wincore ND-77 Cetakan Bolong
Kabel fleksibel print head wincore ND 77

  • IC driver print head rusak.

Jika kita telusuri dari socket printhead, kemudian kebel fleksibel, maka jalurnya akan berakhir pada sejenis komponen berbentuk sisir berwarna hitam. Komponen ini adalah sebuah IC yang berfungsi sebagai driver printhead. IC ini juga bisa mengakibatkan hasil print wincore ND 77 menjadi cacat. Pemeriksaan bagian ini kita lakukan jika setelah melakukan beberapa pemeriksaan dan perbaikan pada poin sebelumnya tidak membuahkan hasil. 

Untuk melakukan pengukuran pada komponen ini, supaya lebih mudah, anda harus mencari datasheetsnya terlebih dahulu.Setelah itu barulah lakukan pengetesan. Jika hasil pengetesan dinyatakan IC sudah rusak, silahkan lakukan penggantian dengan jenis dan kode IC yang sama.





Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai cara memperbaiki printer dot matrix Wincore ND77 yang mengalami kerusakan pada hasil cetakan.  Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi refensi anda dalam melakukan perbaikan printer wincore ND77. Akhir kata kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anda ke technodand.com, semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kesalahan..


Artikel Terkait

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi, bekerja sebagai teknisi, meskipun masih sebagai teknisi awam tetapi selalu ingin berbagi pengalaman dan ilmu yang kang wiran dapatkan...

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Menngunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon