April 07, 2018

Modifikasi Modem Mifi Huawei E5577 tanpa Baterai dengan Cara Bypass Baterai

Cara Bypass Modem Huawei E5577 tanpa baterai - Modem Huawei E5577 ini adalah sebuah modem mifi atau modem wifi portable yang bisa dibawa kemanapun Anda pergi. Hal ini karena modem tersebut sudah menggunakan power dari baterai sama halnya seperti smartphone sehingga bisa digunakan meskipun berada ditempat yang jauh dari sumber  listrik. Modem ini biasanya dijual dengan paket bundling dengan kartu perdana provider tertentu dengan bonus kuota yang cukup besar dan kalau dihitung-hitung bisa dikatakan lebih murah jika dibandingkan dengan membeli paket kuota reguler. Provider yang biasanya bundling dengan modem huawei ini adalah XL atau dikenal dengan Xl GO, telkomsel dan bolt.

Modifikasi Modem  Mifi Huawei E5577 tanpa Baterai dengan Cara Bypass Baterai
Modem Huawei E5577

Bypass baterai pada modem adalah sebuah cara untuk mengakali modem khususnya modem huawei E5577 supaya dapat digunakan walaupun tanpa menggunakan baterai. Dengan demikian ketika modem digunakan di rumah kita tidak pelu menggunakan baterai lagi, atau dengan kata lain modem langsung berikan sumber listrik dari charger, dari USB komputer, dari laptop, atau dari power bank.

Tujuan sebenarnya dari bypass baterai modem huawei E5577 adalah untuk mencegah baterai cepet rusak misalnya baterai menjadi kembung atau drop. Apalagi jika modem digunakan dalam jangka waktu lama dan langsung dihubungkan ke usb charge atau komputer tentunya akan mempercepat umur dari baterai modem tersebut.

Meskipun bypass baterai bisa menjadikan modem bisa mendapat power langsung dari USB charger atau PC tanpa mengunakan baterai, namun sebelum Anda memutuskan untuk membypassnya, Anda harus mempertimbangkannya terlebih dahulu karena memang cara ini ternyata ada kelebihan dan kekurangannya juga. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan tehnik bypass pada modem huawei E5577.

Kelebihan:
  • Bisa menggunakan modem langsung ke sumber tegangan usb tanpa harus menggunakan baterai
  • Bisa memperpanjang umur baterai karena baterai hanya digunakan pada saat modem dipakai ketika hanya pada saat bepergian saja.
  • Lebih praktis karena modem bisa dipakai tanpa takut kehabisan baterai
Kekurangan:
  • Mesin pada modem atau rangkaian pada modem beresiko lebih cepat rusak karena tegangan dari sumber ( usb charger, power bank, laptop ) langsung masuk ke rangkaian tanpa melalui beban baterai 
  • Harus pilih-pilih sumber tegangan yang digunakan, dalam hal ini tegangan 5 volt dari usb laptop, charger atau power bank. Jika tegangan dari sumber tidak stabil misalnya menggunakan charger yang berkualitas kurang bagus maka kemungkinan akan beresiko merusak modem
  • Bisa menyebabkan firmware modem menjadi crash sehingga ada salah satu fitur atau beberapa fitur yang tidak berfungsi. Sebagai contoh bisanya indikator level baterai tidak akan berfungsi setelah dilakukan bypass baterai, ketika baterai dipasang biasanya indikatornya tetap full meskipun baterai mau habis. Hal ini tentunya akan sedikit merepotkan buat Anda. 

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari bypass baterai modem huawei E5577. Silahkan pertimbangkan dengan sebijak mungkin.
Jika Anda sudah beetrkad bulat untuk membaypass modem huawei E5577, maka silahkan lanjutkan membaca artikel ini karena selanjutnya adalah ke bagian pembahasan bagaimana cara melakukan bypass baterai modem huawei

Cara Bypass baterai Modem Huawei E5577


Sebelum melakukan bypass baterai modem huawei E5577, persiapkan terlebih dahulu alat tempur yang diperlukan seperti berikut ini.




  1. DcUnlocker pada Tutorial Unlock E5577.
  2. Modem Driver Huawei E5577.
Jika alat tempur sudah ada lanjut ke tahan bypass modem
  • Hubungkan modem ke PC atau laptop dengan kabel USB
  • Jalan kan DC Unlocker kemudian pilih tombol detect modem yaitu tombol dengan gambar kaca pembesar, jika mdem tidak terdetek, coba klik lagi tombol detect modem sekali lagi. Jika modem masih belum terdeteksi, coba cabut kabel usbnya kemudian hubungkan lagi
Modifikasi Modem  Mifi Huawei E5577 tanpa Baterai dengan Cara Bypass Baterai
Bypass Baterai huawei E5577

Modifikasi Modem  Mifi Huawei E5577 tanpa Baterai dengan Cara Bypass Baterai
Bypass Baterai huawei E5577

  • Setelah modem terdeteksi, Silahkan ketikan kode berikut ini pada kotak command di bagian bawah pada DC- Unlocker
at^nvwrex=50364,0,4,01 00 00 00

Modifikasi Modem  Mifi Huawei E5577 tanpa Baterai dengan Cara Bypass Baterai
Bypass Baterai huawei E5577

  • Tekan enter
  • Jika terjadi error coba masukan kode berikut ini kemudian tekan enter
AT^DATALOCK=”Datalock Code”
  • Masukan lagi kode at^nvwrex=50364,0,4,01 00 00 00 kemudian enter. 
  • Setelah itu coba mastikan modem, cabut baterai, kemudian test modem tanpa menggunakan baterai 
  • Jika anda ingin mengembalikan modem seperti semula, caranya cukup mudah anda hanya tinggal mereset ulang modem ke pengaturan pabrik dengan mengunakan tombol reset pada modem atau melalui browser pada komputer yang terhubung dengan modem.

Itulah tutorial cara melakukan bypass baterai pada modem huawei E5577 sehingga bisa menggunakan modem langsung memakai charger tanpa harus memasang baterai. Saran kami, silahkan perimbangkan terlebih dahulu sebelum meutuskan untuk melakukan bypass baterai pada modem Anda. Akhir kata kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga artike ini bisa memberikan manfaat.  

Artikel Terkait

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi, bekerja sebagai teknisi, meskipun masih sebagai teknisi awam tetapi selalu ingin berbagi pengalaman dan ilmu yang kang wiran dapatkan...

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Menngunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon