Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop

Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop - Kita harus senantiasa menjaga kebersihan laptop mau pun barang elektronik lainnya. Tak terkecuali dengan keyboard laptop yang sering menjadi sarang debu. Meskipun secara kasat mata keyboard laptop terlihat bersih, pada dasarnya sela-sela keyboard selalu kotor dan berdebu jika dilihat dengan jarak dekat.

Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop
Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop


Menjaga kebersihan laptop, terutama keyboard laptop juga sangat penting. Bukan hanya untuk membuat tampilan laptop menjadi lebih terlihat baru dan juga lebih enak dipandang namun membersihkan keyboard laptop juga menghindari kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan seperti laptop menjadi hang atau korslet karena debu-debu tebal yang bersarang di keyboard laptop menutupi mesin-mesin laptop. Karena itulah penting bagi kita untuk membersihkan laptop dari debu-debu yang bersarang, terlebih pada keyboard laptop. Lalu, bagaimana cara membersihkannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Membersihkan Keyboard Laptop


1. Pastikan laptop dalam keadaan mati


Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop
Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membersihkan laptop adalah mematikan laptop terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi korslet pada saat kita membersihkan keyboard laptop dengan memencet-mencet.

2. Posisikan laptop dalam keadaan terbalik


Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop
Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop

Setelah memastikan laptop dalam keadaan mati, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memposisikan laptop dalam keadaan terbalik. Hal ini bertujuan agar memudahkan debu-debu yang bersarang di dalam keyboard menjadi lebih mudah untuk jatuh atau keluar. Kita bisa meniup sela-sela keyboard agar debu yang berada di dalam bisa keluar.

3. Tekan-tekan keyboard laptop seperti sedang mengetik tulisan


Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop
Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop

Dalam posisi laptop terbalik, cobalah untuk menekan-nekan keyboard laptop seperti sedang mengetik tulisan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan debu-debu yang bersarang dapat keluar dengan mudah, Usahakan agar semua keyboard laptop bisa tersentuh, sehingga debu-debu yang bersarang di sela-sela keyboard itu bisa keluar. Hal ini juga yang memudahkan debu-debu itu jatuh atau keluar dengan lebih mudah.

4. Gunakanlah brush make up


Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop
Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop

Kita tidak bisa memastikan apakah debu-debu yang berada di dalam keyboard itu sudah keluar semua atau belum dengan membalikkan laptop dan menekan-nekan keyboard laptop. Maka langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan brush make up untuk membersihkan sela-sela keyboard laptop. Gunakan brush ini untuk menyapu sela-sela keyboard laptop sampai bersih dan pastikan agar semua debu yang berada di sela-sela keyboard laptop dapat tersapu. Namun satu hal yang harus digaris bawahi, gunakanlah brush make up yang sudah tidak terpakai. Karena brush make up yang digunakan untuk membersihkan keyboard laptop tidak layak pakai untuk digunakan lagi pada wajah. Alternatif lain, jika brush tidak ada, kita bisa menggunakan kuas lukis untuk menyapu sela-sela keyboard laptop.

5. Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu-debu


Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop
Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop

Selanjutnya, kita juga bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu-debu pada keyboard laptop. Hal ini cukup mudah dibandingkan cara-cara yang diatas. Dengan menggunakan vacuum cleaner, kita tidak perlu memposisikan laptop dalam keadaan terbalik, cukup posisikan seperti biasa dan gunakan vacuum cleaner berukuran kecil untuk menyedot debu-debu yang bersarang di sela-sela keyboard laptop. Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah gunakan vacuum cleaner yang bertekanan rendah agar tidak mengganggu fungsi keyboard laptop walau pun dalam keadaan mati. Tetaplah berhati-hati untuk menggunakan vacuum cleaner pada saat membersihkan keyboard laptop agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Menggunakan kompressor


Cara ini termasuk cara yang sedikit ekstrim karena kita menggunakan angin dari kompressor yang tekanannya sangat tinggi. Namun walaupun demikian cara ini termasuk cara yang paling ampuh untuk membersihkan keybord laptop dari debu yang bersarang di dalamnya. Dengan menggunakan kopressor kita hanya tinggal menyemprotkan anginnya ke bagian keyboard tanpa harus menggunakan alat tambahan lainnya.

Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop
Air Compressor 

Walaupun membersihkan keyboard laptop termasuk cara yang paling ampuh, namun ternyata memiliki dampak yang cukup berbahaya buat laptop Anda jika dalam penggunaannya tidak dilakukan dengan hati-hati. Hal ini karena ini karena seperti yang kita ketahui bahwa angin yang berasal dari komporessor tekanannya sangat kuat sehingga jika tekanan anginnya tidak diseting dengan tepat kemungkinan tombol pada keybord beresiko lepas. Selain itu angin yang berasal dari kompressor biasanya mengandung air terutama pada kompressor yang jarang dilakukan maintenace. Jika air yang dari kompressor masuk ke keyboard, kemungkinan keyboard akan mengalami korosi atau bahkan menjadi konslet.

Dengan demikian jika Anda menggunakan kompressor untuk membersihkan laptop Anda, pastikan Anda mengecek kondisi kompressornya terlebih dahulu. Pastikan tekanan anginnya cukup dan angin yang keluarnya tidak mengantung air.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan keyboard laptop. Lakukan hal ini secara rutin dan teratur. Jangan menunggu debu-debu yang bersarang di sela-sela laptop menjadi tebal, jika terus dibiarkan debu-debu tersebut bisa saja menutupi mesin-mesin laptop dan akan menyebabkan laptop menjadi hang atau korslet. Semoga bermanfaat.


Oleh: Megita Rubi

0 Response to "Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop"

Post a Comment

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel