Thursday, April 12, 2018

Cara Ampuh untuk Mengatasi HP Cepat Panas

Cara Ampuh untuk Mengatasi HP Cepat Panas - Jika Anda tipe yang tidak bisa lepas dari smartphone dan cenderung menggunakannya secara nonstop, maka sudah pasti Anda sering mengalami masalah smartphone yang cepat panas. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi, jika Anda sering mengandalkan smartphone untuk menyelesaikan berbagai tugas atau pekerjaan sehari-hari, keberadaan smartphone menjadi sangat penting. Namun jika smartphone yang Anda pakai justru sering cepat panas, tentunya hal ini sangat tidak nyaman. Biasanya perubahan suhu yang berubah jadi panas ini disertai dengan melambatnya performa smartphone, bahkan bisa mati mendadak. Jika hal ini terus dibiarkan, gejala tersebut lama kelamaan bisa berujung kerusakan total pada smartphone Anda.

Cara Ampuh untuk Mengatasi HP Cepat Panas
Mengatasi hp cepat panas
Tidak hanya smartphone, semua perangkat elektronik juga akan mengalami panas jika digunakan secara terus-menerus. Salah satu penyebab dari smartphone yang cepat panas adalah prosessor dan penggunaan smartphonenya itu sendiri. Sebenarnya panas pada smartphone itu memanglah wajar, hal ini karena prosessor dan baterai akan dipaksa untuk bekerja terus-menerus jika sering digunakan. Namun tahukah Anda berapa batas panas yang wajar pada smartphone sehingga tidak disebut  verheat?

Suhu normal smartphone pada saat tidak digunakan bisa mencapai 30-35 derajat Celcius. Namun jika sedang digunakan untuk aktivitas lainnya seperti chatting, browsing atau sedang diisi ulang, normalnya suhu pada smartphone berkisar 35-45 derajat Celcius. Lain lagi jika digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi atau game-game berat yang membutuhkan kinerja prosessor lebih banyak, maka suhu pada smartphone pun akan semakin tinggi.

Meskipun begitu suhu ini masih normal, yang tidak normal itu adalah jika smartphone tidak digunakan namun suhunya bisa sampai mencapai 40-60 derajat Celcius. Maka dari itu penting untuk mengetahui bagaimana caranya mengatasi smartphone yang cepat panas.

Cara Mudah untuk Mengatasi HP Cepat Panas


1. Gunakanlah Charger yang Original


Cara Ampuh untuk Mengatasi HP Cepat Panas

Menggunakan charger selain dari charger yang original menjadi faktor utama yang menyebabkan HP cepat panas. Apalagi jika Anda memakai charger yang tidak jelas asal-usul dan juga kualitasnya. selain dapat menyebabkan HP cepat panas, hal ini juga membahayakan baterai dan juga smartphone Anda. Maka dari itu biasakan untuk selalu menggunakan charger yang asli atau jika rusak, belilah charger asli yang baru. Anda juga dapat memastikan apakah charger yang dipergunakan saat ini adalah asli dan memiliki aliran daya yang baik atau tidak dengan memakai aplikasi bernama Ampere.

2. Selalu Periksa Penggunaan Wi-Fi


Cara Ampuh untuk Mengatasi HP Cepat Panas

Memang tidak ada salahnya untuk selalu mengaktifkan Wi-Fi, karena dengan begitu pun tidak akan secara langsung menyebabkan HP cepat panas. Namun di lain sisi, secara tidak langsung ketika fitur Wi-Fi ini diaktifkan, aplikasi background yang otomatis berjalan ketika smartphone terhubung  engan Wi-Fi inilah yang kemudian bisa menyebabkan smartphone Anda cepat panas. Biasakan untuk mematikan fitur ini jika tidak digunakan atau Anda juga bisa menggunakan aplikasi khusus seperti Smart WiFi yang dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Wi-Fi secara otomatis.

3. Matikan Fitur Bluetooth dan GPS


Cara Ampuh untuk Mengatasi HP Cepat Panas

Tidak bisa dipungkiri, banyak pengguna smartphone yang membiarkan dua fitur ini tetap aktif  menyala padahal sedang dalam posisi tidak digunakan atau pun dibutuhkan. Bluetooth dan GPS ini ternyata bisa menyebabkan HP cepat panas. Maka dari itu pastikan untuk mematikan kedua fitur ini ketika sedang tidak digunakan atau dibutuhkan.

4. Multi-tasking yang Kurang


Cara Ampuh untuk Mengatasi HP Cepat Panas

Seiring berjalannya waktu, spesifikasi pada smartphone pun semakin canggih. Seperti menawarkan performa yang lancar untuk multi-tasking. Walaupun begitu, Anda harus tetap menjaga suhu pada smartphone saat melakukan berbagai pekerjaan sekaligus. Pasalnya, berbagai aplikasi aktif yang Anda gunakan bersamaan, ditambah dengan aplikasi background yang juga tetap berjalan akan menyebabkan HP cepat panas.

5. Cobalah untuk Mengistirahatkan Smartphone Anda dari Gaming atau Streaming Nonstop


Cara Ampuh untuk Mengatasi HP Cepat Panas

Meskipun Anda tidak melakukan multi-tasking, melainkan hanya melakukan aktivitas seperti gaming atau streaming, faktanya kedua hal ini sama-sama dapat menyebabkan HP cepat panas jika dilakukan secara terus-menerus. Cobalah untuk mengistirahatkan smartphone Anda dari gaming atau streaming secara nonstop. Ketahui batas waktu dalam penggunaan smartphone, terutama untuk kedua aktivitas seperti di atas.

6. Periksa Kondisi Baterai


Cara Ampuh untuk Mengatasi HP Cepat Panas

Jika Anda merasa tidak melakukan sesuatu yang tidak memaksakan smartphone untuk aktivitas berat, namun tetap saja smartphone Anda terasa cepat panas, Anda perlu memeriksa kondisi baterai yang digunakan. Umur baterai yang sudah lama dan kondisinya yang sudah usang sehingga bentuknya cenderung kembung tentu menjadi faktor yang membuat smartphone menjadi cepat panas. Anda bisa menggunakan aplikasi terbaik untuk mengecek kesehatan baterai yaitu CurrentWidget: Battery Monitor.

7. Perhatikan ‘Ventilasi’ Tempat Smartphone Anda Disimpan


Cara Ampuh untuk Mengatasi HP Cepat Panas

Kebanyakan orang selalu membawa smartphonenya kemana pun mereka pergi. Ada yang memasukkannya ke dalam tas atau bahkan celana jeans yang cenderung sangat ketat.. Hal ini patut untuk Anda waspadai! Karena hal itu bisa membuat HP cepat panas dan secara otomatis memperlambat performa smartphone itu sendiri. Jika memang menyimpannya di tempat yang tertutup, usahakan untuk sesekali mengeluarkannya untuk memberinya ‘udara segar’.

8. Jaga Smartphone Anda dari Air


Cara Ampuh untuk Mengatasi HP Cepat Panas

Jika smartphone yang digunakan berjenis water resistant, mungkin tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun lain jika smartphone Anda termasuk pada jenis smartphone yang tidak kuat dengan air, maka hindarilah menggunakannya di tempat-tempat yang rawan basah seperti di kolam renang, sungai, danau, pantai, kamar mandi atau tempat lainnya. Perlu Anda ketahui, bahwa air dalam jumlah yang cukup banyak bisa menjadi salah satu penyebab dari HP cepat panas.

9. Hapuslah Beberapa File Sampah


Cara Ampuh untuk Mengatasi HP Cepat Panas
Cara Ampuh untuk Mengatasi HP Cepat Panas
Salah satu penyebab HP cepat panas selanjutnya adalah menumpuknya file-file sampah, cache, hingga cookies. Ketiga hal itu akan menyebabkan dampak secara langsung pada CPU dan juga RAM yang nantinya akan memicu suhu smartphone menjadi cepat panas. Untuk itu, usahakanlah untuk menghapus file, cache dan juga cookies yang sudah tidak diperlukanatau sudah menumpuk. Aplikasi yang sudah familiar untuk membantu Anda dalam menghapus file sampah adalah aplikasi Clean Master.

10. Gunakan Aplikasi ‘Pendingin’ pada Smartphone Anda


Cara Ampuh untuk Mengatasi HP Cepat Panas

Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi HP agar tidak cepat panas, yaitu seperti Cooler Master, Cooling Master atau Device Cooler. Beberapa aplikasi ini dijamin akan membantu ‘mendinginkan’ atau menjaga suhu smartphone Anda agar tetap normal atau setidaknya tidak cepat panas.

11. Mengembalikan OS atau ROM smatphone Anda ke Original


Cara Ampuh untuk Mengatasi HP Cepat Panas

Menggunakan rom custom atau rom hasil modif memang bisa memberikan pengalaman yang lebih pada hp atau handphone yang Anda gunakan. Sebagai contok misalkan lenovo versi xx bisa kita pasang dengan rom samsung galaxy S7 sehingga hp lenovo kita serasa samsung galaxy S7 meskipun banyak yang fitur yang tidak berfungsi. Namun walaupun demikian dengan mengganti rom lenovo menjadi S7 setidaknya kita bisa merasakan tampilan dan beberapa fiturnya.

Dengan mengganti rom pada hp atau smartphone kita berarti kita sudah memaksakan hp untuk menjalankan OS dengan versi yang tidak sesuai dengan spesifikasinya. Akibatnya hardware pada hp yang kita pasang Custom Rom kemungkinan akan bekerja  lebih berat sehinnga menyebabkan hp atau smatphone Anda menjadi cepat panas ketika digunakan.

Jika hp anda menjadi cepat panas setelah menggunakan custom rom, maka untuk mengatasi supaya hp tidak cepat panas adalah dengan mengembalikan Rom atau versi OS ke default bawaan pabrik.

12. Menggunakan Modem Mifi untuk koneksi smartphone Anda 

Pada poin 1 telah disinggung bahwa menggunakan wifi bisa menyebabkan panas berlebih pada smartphone Anda. Namun walaupun demikian penggunaan wifi ini menurut kami merupakan solusi yang paling tepat untuk mengurangi panas pada smartphone ketika sinyal jaringan seluler sedang lemah.

Cara Ampuh untuk Mengatasi HP Cepat Panas


Ketika smartphone kita digunakan untuk membuka aplikasi yang membutuhkan koneksi data yang yang besar misalnya untuk memainkan game online, digunakan untuk memutar video youtube atau mendownload file dalam jumlah besar, maka smatrphone anda akan bekerja keras untuk menstabilkan koneksi sehingga komponen pada smarthone akan bekerja berat terutama pada IC Power dan CPU. Jika koneksi jaringan operator yang diterima smartphone dalam keadaan lemah, maka smartphone anda akan bekerja menjadi lebih berat lagi dan akan menghasilkan panas berlebih atau overheat.

Untuk mengatasi ini cara yang tepat adalah menggunakan jaringan wifi. Anda bisa menggunakan modem wifi atau mifi. Dengan begitu biarlah modem mifi yang bekerja keras menerima sinyal dari operator sehingga smartphone Anda tidak akan panas secara belebihan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi HP cepat panas. Lakukan hal diatas agar smartphone Anda tidak cepat panas. Sehingga nantinya Anda bisa melakukan aktivitas sehari-hari menggunakan smartphone dengan tenang dan aman. Selamat mencoba! Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon